Pelatuk-getah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pelatuk-getah
Sphyrapicus

Red-breasted sapsucker
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPiciformes
FamiliPicidae
GenusSphyrapicus
Baird, 1858
Species
Sphyrapicus varius
Sphyrapicus nuchalis
Sphyrapicus ruber
Sphyrapicus thyroideus

Pelatuk-getah adalah spesies burung pelatuk Amerika Utara dalam genus Sphyrapicus .

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> S.nuchalis Pelatuk-getah tengkuk-merah Pegunungan Rocky dan Great Basin di Amerika Utara
</img> S.ruber Pelatuk-getah dada-merah Alaska tenggara dan British Columbia ke selatan melalui Pegunungan Pasifik di Washington barat dan Oregon dan California utara
</img> S. tiroideus Pelatuk-getah Williamson Amerika Utara bagian barat dari Meksiko utara hingga British Columbia
</img> S.varius Pelatuk-getah perut-kuning Kanada, Alaska bagian timur, dan Amerika Serikat bagian timur laut

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Anggota genus ini merupakan burung bertubuh ramping dengan ekor kaku dan sayap relatif panjang. Pola khas mereka dalam terbang adalah bergelombang, bergantian antara hentakan sayap yang cepat dan gerakan menukik pendek dengan sayap menempel pada tubuh.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan namanya, pelatuk-getah memakan getah pohon, berpindah di antara spesies pohon dan semak yang berbeda secara musiman. Serangga, terutama yang tertarik pada getah manis yang keluar dari lubang getah, sering kali ditangkap dan diberikan kepada anak-anaknya selama musim kawin. Lubang getah yang paling mudah dikenali ditemukan pada pohon birch selama musim kawin.

Karena pelatuk-getah menyerang pohon hidup, mereka sering dianggap sebagai spesies hama.[1] Pemelatukan dan pengisapan getah intensif yang dilakukan oleh pelatuk-getah erupakan penyebab kerusakan dan kematian pohon yang parah, dimana spesies pohon tertentu lebih terkena dampak buruk dari pemberian pakan dibandingkan spesies pohon lainnya. Sebuah studi dari Dinas Kehutanan USDA menemukan bahwa 67 persen pohon birch abu-abu ( Betula populifolia ) yang dirusak oleh pohon sapsucker perut kuning kemudian mati karena luka-lukanya. [2] Angka kematian ini sebanding dengan 51 persen pada pohon birch kertas ( Betula papyrifera ), 40 persen pada pohon maple merah ( Acer rubrum ), 3 persen pada pohon cemara merah ( Picea rubens ), dan 1 persen pada pohon hemlock ( Tsuga canadensis ). [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tate, J. (1973). "Methods and annual sequence of foraging by the sapsucker". Auk. 90 (4): 840–856. doi:10.2307/4084364. JSTOR 4084364. 
  2. ^ a b Rushmore, Francis (1969). Sapsucker: Damage Varies with Tree Species and Seasons (Tesis). USDA. http://www.fs.fed.us/ne/newtown_square/publications/research_papers/pdfs/scanned/OCR/ne_rp136.pdf.