Pekan Mode Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jennifer Hawkins, Miss Universe 2004 di Australian Fashion Week, Mei 2007

Pekan Mode Australia adalah sebuah acara industri mode yang diadakan setiap dua tahun sekali yang menampilkan koleksi musiman terkini dari perancang Australia dan Asia Pasifik. Koleksi musim semi-panas diadakan di International Passenger Terminal di Circular Quay Sydney pada bulan April atau Mei tiap tahun, sementara koleksi lintas-musim diadakan bulan September. Pada 2007, koleksi lintas-musim diadakan di Sydney, yang sebelumnya di dermaga St Kilda Melbourne.

Dengan berkembangnya acara minggu mode internasional, AFW telah membantu perkenalan ke sejumlah perancang Australia seperti Alex Perry, Zimmermann, Toni Maticevski, Collette Dinnigan, Leona Edmiston, J'Aton Couture, Ericaamerica, Easton Pearson dan Gwendolyne.

Dimulai tahun 1995 oleh CEO dan Pendiri Simon Lock, acara yang sekarang dikenal dengan nama Rosemount Australian Fashion Week (sebelumnya Mercedes Australian Fashion Week)[1] telah menjadi momen media berprofil tinggi pada kalender mode, membantu menjamin perancang Asia Pasifik mendapatkan tempat di pertokoan mode dunia. Acara ini juga penting karena menampilkan bakat perancang Australia muda masa depan dan label mereka. Salah satunya ialah Mick Ferraro, perancang label 'Deuce'. Minggu mode ini juga memunculkan sejumlah acara kecil seperti Mercedes Start Up dan beberapa penggalangan dana amal berprofil tinggi.

Tahun 2005, Simon Lock menjual Mercedes Australian Fashion Week dan perusahaan induknya, Australian Fashion Innovators ke International Management Group yang berpusat di New York[2]. Lock menolak menyebutkan harga yang disetujui, yang diperkirakan sumber-sumber industri mencapai "beberapa juta dolar", atau karena ia memiliki saham ekuitas di IMG FASHION Asia Pacific.

Tahun 2007, banyak perancang mode Australia yang sebelumnya tampil di Australian Fashioin Week, tidak dimasukkan ke jadwal acara. Mereka adalah Zimmerman, Sass & Bide, Wayne Cooper, Morrissey, Leona Edmiston, Akira dan Toni Maticevski. Kebanyakan di antara mereka akan tampil pada 2008, dengan IMG yang memberikan jadwal lengkap sebagai bagian dari pengembangan acara.

Tahun 2008, Australian Fashion Week diselenggarakan oleh Rosemount dan menampilkan nama-nama besar seperti Alex Perry, Akira dan Sass & Bide yang meluncurkan label baru mereka, Sass & Bide Vie.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]