Jennifer Hawkins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jennifer Hawkins
Pemenang kontes kecantikan
Hawkins pada Agustus 2015
Lahir22 Desember 1983 (umur 35)
Holmesville, New South Wales, Australia[1]
Tinggi180 cm
Warna rambutPirang
Warna mataBiru
GelarMiss Universe Australia 2004
(Pemenang)
Miss Universe 2004
(Pemenang)
Suami/IstriJake Wall (k. 2013)

Jennifer Hawkins (kelahiran 22 Desember 1983) adalah pemenang dari Miss Universe 2004 yang berasal dari Australia. Ia merupakan pembawa acara Australia's Next Top Model, Lovable Intimates, Mount Franklin Lightly Sparkling dan Range Rover, serta sebelumnya merupakan wajah toko serba ada Australia Myer. Ia merupakan pendiri dan CEO dari dua merek kenamaan, pakaian renang Cozi by Jennifer Hawkins dan produk tanning Jbronze, serta menangani sejumlah properti.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Hawkins lahir di Holmesville, New South Wales, Australia. Ia pernah menjadi cheerleader untuk olahraga rugbi di klub Newcastle Knights,[2] sebelum ia memenangkan kontes Miss Australia 2004, serta mengantarkannya menjadi Miss Universe pada tahun yang sama.[3]

Hawkins juga bekerja sebagai koreografer tim dansa yang menjalani tur keliling Australia, mengkhususkan diri pada Hip Hop dan Balet.[4]

Karier[sunting | sunting sumber]

Miss Universe[sunting | sunting sumber]

Sebelum berpartisipasi dalam Miss Universe 2004, Hawkins meminta saran dari Miss Australia sebelumnya, Ashlea Talbot, yang mewakili Australia dalam kompetisi yang sama di tahun 2003, serta belajar bahasa Spanyol dasar sebelum melakukan perjalanan ke Ekuador.[1] Namun, Hawkins tidak berpartisipasi sebagai Miss Australia tetapi sebagai pemenang kontes pertama Miss Universe Australia.

Kontes Miss Universe diadakan di Quito, Ekuador, pada tanggal 1 Juni 2004. Seminggu sebelum acara, Hawkins menduduki peringkat keenam favorit untuk memenangkan mahkota kontes tersebut.[5] Selama kompetisi terakhir, ia menjadi orang Australia pertama yang masuk dalam jajaran semi final sejak Voni Delfos pada tahun 1993. Ia kemudian maju ke sepuluh besar setelah bersaing dalam kompetisi gaun malam, di mana ia mengenakan gaun tembaga vintage yang tidak biasa yang dirancang oleh Bora dan berbiaya A$25,000.[6] Setelah kompetisi pakaian renang, Hawkins maju ke lima besar, dan akhirnya memenangkan gelar Miss Universe.[4] Lima besar sisanya adalah semua delegasi dari Amerika dan Karibia, termasuk Shandi Finnessey dari Amerika Serikat (runner-up 1), Alba Reyes dari Puerto Riko (runner-up 2), Yanina Gonzalez dari Paraguay (runner-up 3) dan Danielle Jones dari Trinidad dan Tobago (runner-up 4).[4] Hawkins adalah pemenang kedua dari Oseania sejak Lorraine Downes dari Selandia Baru yang memegang gelar Miss Universe pada tahun 1983, serta wanita Australia kedua sejak Kerry Anne Wells yang dimahkotai sebagai Miss Universe di Dorado, Puerto Riko pada tahun 1972 (secara kebetulan kedua wanita tersebut dimahkotai di negara berbahasa Spanyol).

Hawkins dimahkotai oleh pemegang gelar sebelumnya Amelia Vega dari Republik Dominika, setelah diumumkan oleh pembawa acara Billy Bush sebagai "petir dari bawah yang terbawah" (thunder from down under).[7]

Hawkins pada tahun 2007

Hawkins menerima mahkota bertatahkan mutiara Mikimoto, senilai $250,000 serta paket hadiah yang besar. Hawkins adalah wanita berambut pirang pertama yang memenangkan gelar tersebut sejak Angela Visser dari Belanda pada tahun 1989.

Sebagai Miss Universe, Hawkins mewakili Organisasi Miss Universe. "Saudara"-nya sesama pemegang gelar organisasi ini di tahun 2004 adalah Shelley Hennig (Miss Teen USA, dari Louisiana) dan Shandi Finnessey (Miss USA, dari Missouri). Selama masa jabatannya, Hawkins melakukan perjalanan ke Korea, Bahama, Brasil, Republik Ceko, Jerman, Yunani, Singapura, Indonesia, Kanada, Trinidad dan Tobago, India, Ekuador, Meksiko, Puerto Riko, melakukan beberapa perjalanan ke Thailand, tuan rumah Miss Universe 2005, dan negara asalnya Australia. Di Brasil, setelah pertemuan resmi dengan Wakil Presiden José Alencar, Alencar mengatakan bahwa Hawkins adalah "gadis tercantik yang pernah saya lihat dalam hidup saya".[8] Selain itu, ia adalah Miss Universe pertama yang berparade di Sekolah Samba (sebagai Hawa) selama karnaval Brasil, pada bulan Februari 2005.[8]

Pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Hawkins merupakan pembawa acara dan salah satu juri bagi kompetisi Make Me a Supermodel Australia, yang memulai debutnya di Seven Network pada Agustus 2008. Seri ini ditayangkan hanya selama satu musim.

Sumber media melaporkan pada Oktober 2010 bahwa Hawkins akan meninggalkan Seven Network dan pindah ke Nine Network setelah kontraknya berakhir.[9]

Citra publik[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Mengikuti kesuksesan penerimaannya di masyarakat, Hawkins mulanya menerima undangan siswa sekolah Bathurst Daniel Dibley untuk menemaninya pada acara gala wisuda Tahun 12 pada Agustus 2006.[10] Ia kemudian menolak undangan tersebut, karena ia tidak ingin menjauhkan perhatian dari pasangan lainnya. Ia, namun, setuju untuk bepergian bersama dengannya dalam kencan tertutup.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 4 Juni 2013, Hawkins menikahi pacarnya yang telah menjalin hubungan selama delapan tahun, Jake Wall, dalam suatu perayaan sederhana di sebuah resor di pulau Bali, Indonesia. Keduanya bertunangan selama 18 bulan setelah Wall melamarnya di Selandia Baru.[11] Pada bulan Mei 2019, diumukan bahwa keduanya tengah menantikan anak pertama mereka, berjenis kelamin perempuan yang akan lahir pada bulan November.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Gadd, Michael (10 Mei 2004). "The Universe Is Her Oyster" (dalam bahasa Inggris). The Newcastle Herald. 
  2. ^ "Jenny's universal appeal" (dalam bahasa Inggris). Sunday Telegraph. 16 Mei 2004. 
  3. ^ Jameson, Julietta (3 Juni 2004). "Aussie charm conquers universe" (dalam bahasa Inggris). The Courier Mail. 
  4. ^ a b c Hayes, Monte (2 Juni 2004). "Surprised Miss Australia wins Miss Universe 2004 pageant" (dalam bahasa Inggris). Associated Press. 
  5. ^ "On top of the world" (dalam bahasa Inggris). MX (Australia). 25 Mei 2004. 
  6. ^ "Jennifer's dress to turn heads" (dalam bahasa Inggris). Gold Coast Bulletin. 25 Mei 2004. 
  7. ^ Gadd, Michael (3 Juni 2004). "Miss Universe win puts Jennifer over the moon". Sydney Morning Herald (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Januari 2007. 
  8. ^ a b "Espetáculo de Miss" (dalam bahasa Inggris). IstoÉ. Diakses tanggal 4 Juli 2011. 
  9. ^ "Hawkins to leave Seven: report". The Spy Report. Media Spy. 31 Oktober 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2010. Diakses tanggal 31 Oktober 2010. 
  10. ^ "Miss Universe gives Daniel a formal 'yes'". Herald Sun (dalam bahasa Inggris). Australia. 27 Agustus 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 September 2006. Diakses tanggal 8 September 2006. 
  11. ^ "Jennifer Hawkins marries Jake Wall in Bali" (dalam bahasa Inggris). news.com.au. Diakses tanggal 24 Februari 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Wagon Pattivina
Miss Australia
2004
Diteruskan oleh:
Michelle Guy
Didahului oleh:
Bendera Republik Dominika Amelia Vega
Miss Universe
2004
Diteruskan oleh:
Bendera Kanada Natalie Glebova