Pegunungan Rocky Alberta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pegunungan Rocky Alberta terdiri dari Pegunungan Rocky Kanada di Alberta, Kanada. Di bagian barat daya provinsi di sepanjang perbatasan British Columbia, wilayah ini mencakup semua kecuali bagian selatan Divisi Sensus 15.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah manusia ini hampir identik dengan ecozone hutan Gunung Alberta . Wilayah ini terdiri dari Central Front Ranges dan Continental Ranges dari Pegunungan Rocky Kanada, dan termasuk Taman Nasional Banff dan Taman Nasional Jasper, serta sistem taman Negara Kananaskis dan Wilderness Willmore.

Koridor transportasi utama melewati Kicking Horse Pass dan Yellowhead Pass dari timur ke barat, sedangkan Bow Valley dan lembah Sungai Athabasca diikuti oleh lapangan es Parkway yang membujur. Jalur air penting lainnya yang melintasi wilayah ini adalah Sungai Saskatchewan Utara.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Beberapa resor ski terbaik di Pegunungan Rocky terletak di wilayah ini, dan merupakan tujuan wisata yang penting. Mereka termasuk Fortress Mountain Resort, Lake Louise, Marmot Basin, Mount Norquay, Nakiska dan Sunshine Village . Atraksi wisata lainnya termasuk gletser dari Columbia, Wapta dan lapangan es Waputik seperti Athabasca, Bow, Crowfoot, Hector, Peyto, Saskatchewan dan Vulture Glaciers.

Danau glasial berjajar di Icefields Parkway dan memenuhi lembah di sekitarnya. Beberapa yang lebih spektakuler adalah danau Bow, Hector, Louise, Maligne, Moraine, Peyto, Pyramid dan Vermilion.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Banff dan Jasper adalah komunitas utama di wilayah tersebut. Panjangnya ditentukan oleh Icefields Parkway, dan dilintasi oleh Trans-Canada Highway dan Yellowhead Highway ke British Columbia. Jalan Raya David Thompson mengarah dari Pegunungan Rocky ke pusat Alberta dari Saskatchewan River Crossing, dan Banff Windermere Parkway mengarah dari Castle Junction (selatan Danau Louise ) melalui Taman Nasional Kootenay ke lembah Sungai Columbia . The Bighorn Highway mendefinisikan sebagian besar batas timur wilayah tersebut.

Perawatan kesehatan telah menjadi tanggung jawab Layanan Kesehatan Alberta, sejak wilayah kesehatan provinsi digabungkan pada tahun 2008. Sebelumnya, Wilayah Kesehatan Calgary adalah wilayah kesehatan yang memastikan kesejahteraan di selatan wilayah ini,[1] sedangkan wilayah utara diawasi oleh Otoritas Kesehatan Wilayah Aspen.[2]

Puskesmas yang didirikan di wilayah tersebut adalah:

  • Pusat Kesehatan Seton Jasper - Jasper
  • Pusat Kesehatan Hinton - Hinton
  • Rumah Sakit Umum Canmore - Canmore
  • Rumah Sakit Mata Air Mineral Banff - Banff

Politik[sunting | sunting sumber]

Di tingkat provinsi, Alberta selatan diwakili di Majelis Legislatif Alberta oleh MLA yang dipilih di Banff-Cochrane dan bagian dari Rocky Mountain House dan West Yellowhead.

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Komunitas berikut terletak di Alberta's Rockies.

Kota Grande Cache dan Hinton, yang terletak di tepi timur Pegunungan Rocky, terkadang dianggap sebagai bagian dari wilayah ini.[3]

Kota pedesaan berikut terletak di Alberta's Rockies.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Calgary Health Region. "Hospitals". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 June 2007. Diakses tanggal 2007-06-24. 
  2. ^ Aspen Regional Health. "Healthcare centres". Diakses tanggal 2007-06-24. 
  3. ^ AMA. "Mountain Parks Region". Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 June 2007. Diakses tanggal 2007-06-24.