Pecinta cokelat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pecinta Cokelat)
Cokelat hitam

Chocoholic adalah orang yang sangat membutuhkan atau secara kompulsif mengkonsumsi cokelat. Ada beberapa bukti medis untuk mendukung keberadaan kecanduan cokelat yang sebenarnya. Namun, istilah ini sebagian besar digunakan secara longgar atau lucu untuk menggambarkan seseorang yang sangat menyukai cokelat. Alasan yang membuat cokelat sangat diinginkan adalah rasanya yang manis. Ini bekerja dengan bahan farmakologisnya di mana ia memicu reaksi 'rasa enak' bagi konsumen. Kata "chocoholic" pertama kali digunakan pada tahun 1968 menurut Merriam-Webster. Ini adalah portmanteau "cokelat" dan "alkoholik".

Chocoholicsme cukup umum. Dalam studi mengidamkan makanan, cokelat dan cokelat hampir selalu menjadi daftar teratas makanan yang menurut orang sangat mereka idam-idamkan. Nafsu keinginan bisa sangat kuat dalam beberapa kasus sehingga chocoholic mungkin mengalami gejala kecanduan jika keinginan tersebut tidak terpenuhi.

Kecanduan[sunting | sunting sumber]

Komponen penting dari kecanduan adalah keinginan kuat untuk sesuatu, kehilangan kendali atas penggunaannya, dan penggunaan berkelanjutan meskipun ada konsekuensi negatif. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dapat menunjukkan ketiga komponen ini dalam kaitannya dengan makanan, terutama makanan yang mengandung gula atau lemak. Karena cokelat mengandung keduanya, sering digunakan dalam penelitian tentang kecanduan makanan.

Daya tarik kimia[sunting | sunting sumber]

Selain gula dan lemak, cokelat mengandung beberapa zat yang bisa membuatnya terasa "adiktif". Ini termasuk triptofan, asam amino esensial yang merupakan prekursor untuk serotonin, neurotransmitter yang terlibat dalam mengatur suasana hati. Ini mendorong pengguna untuk mengonsumsi lebih banyak cokelat karena kemampuannya membuat konsumen merasa enak.


Yang lainnya adalah phenylethylamine, suatu neurotransmitter dari mana amfetamin berasal. Karakteristik phenylethylamine telah membuatnya dijuluki "chocolate amphetamine". Serupa dengan penggunaan obat-obatan, phenylethylamine memicu 'pusat penghargaan' di otak, yang membujuk perilaku berulang oleh konsumen. Phenylethylamine juga dikenal dilepaskan oleh otak. ketika kita jatuh cinta. Dalam contoh seperti itu di mana cokelat terdiri dari phenylethylamine yang cukup, kecanduan akan terjadi

Enkephalin kimia otak alami meningkat ketika cokelat dikonsumsi. Enkephalin memicu reseptor opioid yang serupa dengan yang dipicu oleh pengguna heroin dan morfin. Zat kimia ini membuat otak menginginkan lebih banyak setelah cokelat dikonsumsi, yang dapat menyebabkan kecanduan.

Anandamide, juga ditemukan dalam cokelat, berikatan dengan reseptor di otak yang disebut reseptor cannabinoid. Kehadiran anandamide meniru efek psikoaktif yang mirip dengan ganja. Anandamide juga dikenal untuk mengatur suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Meskipun ada beberapa bukti bahwa jenis kecanduan ini ada, tidak ada diagnosis formal yang diberikan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, Edisi Kelima (DSM-V). Diketahui bahwa konsumsi cokelat tidak mengaktifkan kulit nukleus accumbens, seperti yang terlihat pada mereka yang kecanduan narkoba.

Genetika[sunting | sunting sumber]

Ada penelitian yang membuktikan korelasi antara gen FGF21 dan persamaan untuk makanan manis. Mereka yang mendukung salah satu varian gen FGF21 20% lebih mungkin menginginkan makanan manis, seperti cokelat. Gen FGF21 juga memoderasi nafsu makan, dan mengendalikan resistensi insulin, yang keduanya dapat menghasilkan hasrat untuk cokelat. Gen FGF21 juga diketahui berhubungan dengan gigi manis.

Diketahui juga bahwa ada hubungan dengan gen FTO dan asupan gula. Gen FTO berfungsi untuk mengatur penggunaan energi tubuh kita. Beberapa varian gen FTO memainkan peran utama dalam konektivitas di sirkuit hadiah wilayah prefrontal meso-striato, yang bertindak untuk memproses informasi dan memusatkan perhatian seseorang, dan terkait dengan gangguan seperti kecanduan. Studi telah menemukan bahwa kehadiran kromosom 16 dapat menjunjung tinggi variasi genetik yang memengaruhi asupan makanan manis, seperti cokelat.

Reseptor dopamin D2 juga terkait dengan perilaku adiktif seperti alkohol dan penyalahgunaan narkoba. Kecanduan dapat terjadi ketika ada defisit dalam jumlah reseptor dopamin 2, yang memberikan seseorang kemampuan untuk mengalami kesenangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak kandung dari orang tua pecandu alkohol, berada pada risiko yang lebih tinggi untuk mewarisi preferensi untuk makanan manis, termasuk cokelat.

Diketahui bahwa orang-orang mengembangkan preferensi makanan yang rasanya manis sejak lahir, karena hal ini terkait dengan rasa ASI dan caranya memberikan rasa ketenangan kepada bayi yang baru lahir. Orang-orang juga dengan cepat belajar untuk memilih makanan yang kaya energi, seperti cokelat, yang selera makan kita inginkan, bahkan ketika tidak lapar.

Idaman[sunting | sunting sumber]

Bahkan para ilmuwan yang meragukan keberadaan kecanduan sejati setuju bahwa keinginan cokelat itu nyata. Cokelat adalah salah satu makanan yang paling sering diidam-idamkan karena berbagai alasan.

Rasa yang menyenangkan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen. Kombinasi rasa manis, halus dan lembut dalam hal rasa dan bau menciptakan daya tarik indera yang ideal. Kepadatan energi cokelat yang tinggi juga berkontribusi pada pengalaman konsumen. Keinginan ini diciptakan melalui sirkuit motivasi di otak yang memengaruhi perilaku tanpa kesadaran, yang menghasilkan hasrat untuk cokelat. Konsumsi cokelat menciptakan pengalaman emosional yang positif, memberikan kenyamanan dan sering digunakan untuk mengurangi stres dan emosi negatif. Cokelat dikenal untuk mengatur ketidakseimbangan dalam fungsi neurotransmitter, serotonin, faktor yang mempengaruhi keadaan emosi. Kandungan lemak dan energi cokelat membuat makanan menjadi pilihan utama saat sedang stres.

Konsumen Cokelat Terbesar di Dunia; Forbes, 2019

Mengidam cokelat juga merupakan hasil dari kekurangan nutrisi. Mengidam dapat sebagai hasil dari kebutuhan untuk meningkatkan kadar magnesium untuk memperbaiki ketidakseimbangan dalam neurotransmitter yang berfungsi untuk mengatur disposisi dan pencernaan. Ketidakseimbangan kadar gula darah juga meningkatkan hasrat. Melepaskan insulin untuk menurunkan gula darah ketika gula dicerna menghasilkan ketidakseimbangan jangka panjang yang menghasilkan keinginan untuk gula untuk meningkatkan energi.

Wanita sangat terpengaruh. Kadar hormon yang berfluktuasi di kalangan wanita juga diketahui berkontribusi terhadap mengidam cokelat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengalami menstruasi atau menderita sindrom pramenstruasi (PMS) mencatat keinginan yang lebih berat untuk makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi, seperti cokelat, dibandingkan dengan wanita pada berbagai tahap siklus menstruasi. Defisit magnesium juga diketahui meningkatkan gejala sindrom pramenstruasi (PMS), yang berkontribusi terhadap keinginan cokelat yang lebih tinggi.

Mengidam cokelat juga bisa dipicu atau dirangsang oleh indera. Bau coklat diketahui meningkatkan aktivitas otak dan mengidam jika dibandingkan dengan tes tanpa bau yang terlibat. Bagi mereka yang mendambakan cokelat secara teratur, pemandangan cokelat mengaktifkan korteks orbitofrontal dan ventral striatum, keduanya terkait dengan perilaku terkait hadiah dan pengambilan keputusan.

Sejarah kecanduan cokelat[sunting | sunting sumber]

Sebuah iklan yang mempromosikan manfaat mengonsumsi kakao dari tahun 1910 di Canadian Journal of Public Health .

Diperkirakan cokelat telah dikonsumsi selama lebih dari 2000 tahun. Sebagian besar sejarahnya, telah dikonsumsi sebagai cairan, dengan itu hanya dikembangkan menjadi bentuk bubuk pada pertengahan 1800-an. Di seluruh Eropa selama masa ini, cokelat dianggap sebagai minuman yang mengasyikkan, mengembangkan popularitas dan keinginan besar oleh konsumennya. Di Meksiko kuno, cokelat disajikan hanya untuk laki-laki dewasa seperti pejabat pemerintah, perwira militer, pendeta dan pejuang terhormat. Cokelat juga dipandang memabukkan dan menstimulasi sehingga tidak layak digunakan oleh anak-anak dan wanita. Kaisar kuno seperti Moctezuma II dikatakan menggunakan cokelat sebagai afrodisiak, mengonsumsi banyak sebelum mengunjungi istrinya. Casanova juga mengkonsumsi cokelat dalam bentuk cair sebelum melihat pasangannya yang romantis. Cokelat sering disebut sebagai "obat cinta", yang memulai tren pertukaran cokelat pada Hari Valentine pada awal abad ke-17.

Cokelat panas dikonsumsi oleh bangsawan Eropa; Venesia, 1775–1780

Cokelat dan efek psikologisnya dirahasiakan di seluruh asalnya di Spanyol selama abad ke-16, hingga awal abad ke-17 ketika Madrid menjadi pusat mode dan masyarakat. Pengunjung yang bepergian ke seluruh Spanyol menjadi untuk menemukan rasa cokelat. Biksu Spanyol juga mengajarkan kepada anggota keluarga yang berkunjung kebiasaan mengonsumsi cokelat panas dan manfaat kesehatannya. Studi awal oleh biksu Spanyol Bernardino de Sahagún menyarankan agar tidak mengonsumsi kakao secara berlebihan, melaporkan bahwa sejumlah besar kakao hijau mengakibatkan konsumen merasa disorientasi. Dia memuji coklat dalam dosis yang lebih kecil, menyarankan bahwa cokelat yang dikonsumsi sebagai cairan mengakibatkan konsumen merasa direvitalisasi.

Cokelat juga memiliki penggunaan medis yang signifikan. Minum cokelat terlihat meningkatkan pencernaan dan perut yang berat karena sebelumnya dikenal dapat mempromosikan bakteri usus yang sehat. Itu juga digunakan untuk pengobatan bagi mereka yang wasting penyakit seperti TBC. Rasa kakao yang kuat juga digunakan untuk menyembunyikan rasa dari obat yang rasanya tidak enak yang telah berkembang menjadi pandangan modern “sedikit cokelat membuat obatnya turun.” Penggunaan cokelat juga diperluas untuk mengobati mereka yang menderita disentri darah.

Penggunaan cokelat juga dikaitkan dengan manfaat nutrisinya. Tentara Inggris yang berbasis di Jamaika pada abad ke-17 selamat dari pasta kakao yang dilarutkan dalam air dengan gula dalam jangka waktu yang lama, tanpa menunjukkan penurunan kekuatan. Diketahui juga bahwa wanita India akan sering mengkonsumsinya dan dalam jumlah besar sehingga akan menjadi pengganti daging.

Kecanduan berbagai jenis cokelat[sunting | sunting sumber]

Ada dua faktor yang berkontribusi pada sifat kecanduan cokelat. Yang pertama adalah kandungan gula dan lemaknya, dan yang kedua adalah bahan farmakologisnya.

Aditif gula dan lemak ke dalam cokelat susu dan coklat putih memicu reseptor rasa manis yang melepaskan dopamin dan membujuk konsumsi untuk diulang. Pengalaman ini terlihat lebih menyenangkan dibandingkan dengan cokelat hitam yang menjunjung tinggi aftertastes pahit.


Kandungan kafein dan teobromin yang tinggi dari cokelat dapat menyebabkan kecanduan karena kedua efek psikologisnya. Ini karena kandungan kakao yang lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat lainnya. Jumlah kafein dalam cokelat hitam dapat bervariasi dari 35-200 mg 50 g-1 sementara cokelat susu mengandung jumlah kafein yang lebih rendah (14 mg 50 g-1). Per 50g, cokelat hitam juga mengandung theobromine hingga 220mg, dibandingkan dengan 75mg dalam cokelat susu. Caffeine dan theobromine adalah methylxanthine yang bertindak sebagai energizer dan dampak kinerja. Konsumsi theobromine yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan theobromine. Cokelat hitam juga mengandung jumlah anandamide yang lebih tinggi karena kandungan kakao yang lebih tinggi. Cokelat hitam juga bisa membuat ketagihan jika kadar magnesium seseorang rendah. Cokelat hitam mengandung 252,2 mg / 100 g, sedangkan cokelat susu mengandung 63mg / 100g. Diperkirakan kadar magnesium dalam cokelat putih adalah 12 kali lebih sedikit dibandingkan dengan cokelat susu.

Salsolinol adalah senyawa psikoaktif lain yang ditemukan dalam cokelat yang terhubung ke reseptor dopamin D2 dan reseptor dopamin D3 ke pusat-pusat penghargaan di otak. Salsolinol diketahui berkontribusi terhadap keinginan untuk cokelat. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsentrasi salsolinol dalam cokelat tergantung pada kandungan kakao. Jenis cokelat susu mengandung 30% kakao, sedangkan jenis cokelat hitam menjunjung tinggi 60-70% kakao.

Cokelat putih tidak mengandung kakao atau bubuk kakao, melainkan terbuat dari cocoa butter, susu padat, gula dan lemak. Diketahui bahwa kandungan lemak dan gula dalam cokelat putih inilah yang membuat kecanduan cokelat ini. Dalam pembuatan cokelat putih, tekstur kasar padatan kakao dihilangkan, meninggalkan kehalusan mentega kakao. Ini menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen karena tidak ada ketabahan yang tersisa di lidah. Memperbaiki gula dalam campuran untuk menghilangkan tekstur kasar juga menciptakan pengalaman sensorik positif bagi konsumen. Proses penghalusan ini disebut sebagai conching. Aspek 'meleleh di mulut Anda' karena kandungan kakao yang tinggi juga berkontribusi pada keinginan untuk cokelat putih.

Cokelat susu mengandung zat psikoaktif yang terbukti dalam cokelat hitam dan khasiat rasanya yang manis dalam cokelat putih. Dalam menggabungkan kedua komponen ini, cokelat susu adalah yang paling disukai oleh konsumen.

Teknik manajemen[sunting | sunting sumber]

Biskuit menggunakan bubuk carob bukan bubuk kakao

Penerapan perubahan nutrisi dapat membantu mengatasi kecanduan cokelat. Konsumsi makanan seperti protein dan lemak sehat mencegah dilepaskannya insulin dalam jumlah besar. Melepaskan insulin dalam jumlah yang berlebihan menyebabkan mengidam cokelat. Asam amino dalam protein membantu dalam membangun bahan kimia seperti dopamin, yang dapat membantu mengurangi mengidam cokelat. Makanan yang mengandung serat juga dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan memperlambat pencernaan. Meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan zat besi, bekerja untuk mengurangi kebutuhan tubuh akan dorongan energi melalui gula. Ini bisa termasuk makanan seperti kacang, lentil dan sayuran hijau tua. Makan makanan biasa juga menstabilkan kadar gula darah. Mengikuti rencana makan bergizi dengan makanan dan camilan terencana membantu mengurangi kemungkinan mengidamkan cokelat.

Mengidamkan cokelat juga bisa dikaitkan dengan stres. Stres meningkatkan kadar gula darah melalui hormon kortisol dan pelepasan glukosa dari hati. Kurang tidur juga mengakibatkan peningkatan konsumsi gula karena orang berusaha mengatasi kelelahan. Meningkatkan jumlah jam tidur dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi cokelat

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, dan sukralosa meningkatkan keinginan mengidam cokelat. Ini karena fakta bahwa mereka sama-sama manis dan mendorong ketergantungan gula. Memperkenalkan produk pengganti ke dalam diet dapat membantu mengurangi keinginan untuk cokelat. Ini bisa termasuk produk seperti carob. Carob tidak mengandung theobromine atau kafein, keduanya zat adiktif metilxantin.

Membalikkan resistensi insulin juga dapat membantu mengekang mengidam cokelat. Ini dapat dicapai melalui konsumsi zat-zat seperti jahe dan kunyit, keduanya bekerja untuk merangsang penyerapan glukosa dalam tubuh.

Menjaga hidrasi sepanjang hari dapat membantu mencegah mengidam makanan bergula. Kekurangan air dalam tubuh dapat menimbulkan kesulitan bagi tubuh untuk memetabolisme glikogen (glukosa yang disimpan) yang berkontribusi terhadap energi tubuh. Tubuh kemudian sangat membutuhkan konsumsi gula seperti cokelat untuk menyediakan penyedia energi instan.

Penggunaan poluler[sunting | sunting sumber]

Banyak buku diet, buku masak, dan bahkan buku perjalanan mengklaim untuk chocoholics.

Mantan presiden Prancis Nicolas Sarkozy digambarkan sebagai "chocoholic yang terkenal".

Perusahaan seperti Dairy Queen telah merilis produk menggunakan "Chocoholic" atas nama mereka.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Kecanduan gula

Referensi[sunting | sunting sumber]