Pausanias dari Sparta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pausanias (yunani: Παυσανίας) merupakan seorang raja Sparta Agiad dari tahun 445 SM sampai 426 SM dan kemudian dari tahun 408 SM sampai 395 SM. Dia adalah putra raja Agiad Sparta Pleistoanax.

Pemerintahan pertamanya adalah sebagai minor setelah ayahandanya, Pleistoanax, untuk sementara digulingkan dan diasingkan setelah dituduh oleh Sparta dengan menerima suap, mungkin dari pemimpin Athena, Perikles, untuk mundur dari dataran Eleusina di Attika setelah memimpin Peloponnesos pasukan di sana mengikuti pemberontakan Euboia dan Megara dari kekaisaran Athena. Pada tahun 426 SM, Pleistosen dipanggil kembali dan dipulihkan sebagai raja Sparta Agiad dan memerintah sampai kematiannya pada tahun 409 SM.

Setelah kemenangan Sparta atas Athena dalam Pertempuran Aegospotami pada tahun 405 SM, Sparta berada dalam posisi untuk akhirnya memaksa Athena untuk menyerah. Pausanias mengepung Athena sementara laksamana Sparta armada Lysander memblokade kota pelabuhan Piraeus. Tindakan ini secara efektif menutup rute gandum ke Athena melalui Hellespont, sehingga kelaparan Athena. Menyadari keseriusan situasi, negarawan Athena, Theramenes, mulai negosiasi dengan Lysander. Negosiasi ini memakan waktu tiga bulan, tetapi pada akhirnya Lysander setuju untuk berdamai di Piraeus. Kesepakatan dicapai untuk kapitulasi Athena dan penghentian Perang Peloponnesos pada tahun 404 SM.

Lysander kemudian menempatkan pemerintahan boneka di Athena dengan pembentukan oligarki dari tiga Puluh Tiran di bawah Critias yang termasuk Theramenes sebagai anggota terkemuka. Namun, pada 403 SM Pausanias mampu meruntuhkan dominasi Lysander di Athena setelah Pausanias mendapatkan komando ekspedisi Liga Peloponnesos melawan kaum demokrat Athena yang kemudian berbasis di Piraeus. Meskipun ditentang oleh Lysander, Pausanias mengambil kesempatan untuk mempromosikan rekonsiliasi antara partai demokratis di Piraeus dan para oligarki yang mengendalikan Athena, sehingga memungkinkan reunifikasi Athena dan Piraeus. Pausanias mampu memulihkan demokrasi di Athena sambil membawa orang-orang Athena, untuk sementara, beraliansi dengan Sparta.

Tindakan Pausanias menyebabkan konflik besar dengan ephor. Pausanias diadili, tetapi kemudian dibebaskan.

Kembali ke Sparta pada 395 SM, Lysander berperan penting dalam memulai perang dengan Thebes dan kota-kota Yunani lainnya, yang kemudian dikenal sebagai Perang Korintus. Spartan bersiap untuk mengirim pasukan melawan aliansi baru Athena, Thiva, Korintus dan Argos (dengan dukungan Persia).

Spartan mengatur dua pasukan, satu di bawah Lysander dan yang lainnya di bawah Pausanias, untuk menyerang dan menyerang kota Haliartus, Boiotia. Lysander tiba di kota sementara pasukan Pausanias masih beberapa hari lagi. Tidak mau menunggu Pausanias, Lysander maju ke Haliartus dengan pasukannya. Dalam Pertempuran Haliartus berikutnya, Lysander terbunuh setelah membawa pasukannya terlalu dekat tembok kota. Pasukan Pausanias tiba setelah kekalahan Lysander tetapi kemudian meninggalkan medan pertempuran terutama karena oposisi militer Athena.

Karena kepemimpinannya yang buruk di Haliartus, Pausanias dijatuhi hukuman mati oleh Sparta dan diganti sebagai raja oleh putranya yang masih muda Agesipolis I.

Namun, Pausanias berhasil lolos dari eksekusi dan melarikan diri Sparta untuk hidup di pengasingan di Tegia. Ketika tinggal di sana ia menulis sebuah pamflet. Tidak ada fragmen pamflet yang bertahan dan isi atau tujuannya tidak jelas. Namun, tampaknya ia menulis pamflet untuk mengkritik lawan-lawannya di Sparta yang menuduh mereka melanggar hukum-hukum Sparta tradisional dan menganjurkan penghapusan ephor.

Tahun kematian Pausanias tidak diketahui. Dia juga ayahanda dari Kleombrotos I.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Plutarch, Lives. Life of Lysander. (University of Massachusetts/Wikisource)
  • Xenophon, Hellenica. (Wikisource/Gutenberg Project)
  • Pausanias. Description of Greece. Translated by Jones, W. H. S. and Omerod, H. A. Loeb Classical Library Volumes. Cambridge, MA, Harvard University Press; London, William Heinemann Ltd. 1918.
  • "Pausanias" in the Oxford Dictionary of the Classical World
  • "Pausanias" in the Oxford Who's Who in the Classical World
Didahului oleh:
Pleistoanax
Raja Sparta
445-426 SM dan 408–395 SM
Diteruskan oleh:
Agesipolis I