Paul Epstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stolperstein Paul Epstein

Paul Epstein (24 Juli 1871 – 11 Agustus 1939) adalah seorang matematikawan Jerman. Ia dikenal atas kontribusinya dalam teori bilangan, khususnya fungsi zeta Epstein.

Epstein lahir dan dibesarkan di Frankfurt, di mana ayahnya adalah seorang profesor. Ia meraih gelar doktor pada tahun 1895 dari Universitas Strasbourg. Dari 1895 hingga 1918, ia menjadi Privatdozent di Universitas Strasbourg, yang pada saat itu menjadi bagian dari Kekaisaran Jerman. Setelah berakhirnya Perang Dunia I, kota Strasbourg kembali ke Prancis, dan Epstein, sebagai orang Jerman, harus kembali ke Frankfurt.

Epstein diangkat ke posisi non-tenured di universitas, dan ia mengajar di Frankfurt sejak tahun 1919. Kemudian, ia diangkat sebagai profesor di Frankfurt. Namun, setelah Nazi berkuasa di Jerman, ia kehilangan posisinya di universitas. Karena usianya yang sudah 68 tahun, ia tidak dapat menemukan posisi baru di luar negeri, dan akhirnya bunuh diri dengan overdosis barbital di Dornbusch, karena takut akan penyiksaan Gestapo karena ia seorang Yahudi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Templat:Matematikawan-Jerman-stub