Pasar Sanggeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pasar Sanggeng merupakan pasar tertua di kabupaten Manokwari.[1] Secara administratif Pasar Sanggeng berada di Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Selain pasar ini ada pasar wosi juga, namun luasan pasar masih lebih luas pasar sanggeng dan tentunya lebih lengkap jika berbelanja di Pasar Sanggeng. Pasar yang berada di Jl. Yos Sudarso ini pada tahun 2018 sempat terbakar, pada tanggal 11 april 2018 ada belasan toko di lantai dua yang terbakar. Mayoritas mereka yang berjualan di lantai dua itu adalah penjual barang elektronik dan pakaian. Kebakaran yang disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik ini memang tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil ditaksir hingga ratusan juta rupiah.[2] Hingga sekarang kios yang terbakar tersebut dipindahkan ke samping pos polisi sanggeng.

Pasar Sanggeng juga disebut pasting oleh warga sekitar. Pasting adalah akronim dari pasar tingkat, karena hanya pasar ini pula yang bertingkat dua di Manokwari. Namun karena terbakar blok pasar tingkat tersebut tidak berguna secara mangkus. hanya ada beberapa pedagang saja yang menjual dagangan kering (pakaian, alat elektronik, dan perhiasan) di lantai bawah.

Pembagian Blok[sunting | sunting sumber]

Pasar Sanggeng sendiri terbagi menjadi 3 blok, ketiga blok tersebut adalah sebagai berikut.

Pasar Kering[sunting | sunting sumber]

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pasar kering adalah pasar tingkat yang menjual berbagai kebutuhan kering, seperti makanan kemasan, pakaian, alat elektronik, alat makan, dan berbagai kebutuhan non sayuran dan daging lainnya.

Pasar Basah[sunting | sunting sumber]

Pasar Basah merupakan pasar yang menjual berbagai macam kebutuhan makan. Seperti daging, makanan, dan sayur-mayur. Beberapa penjual di blok ini mayoritas adalah pedagang tidak tetap. Jadi mereka lebih nyaman untuk tidak menyewa los dan berjualan di bawah beralas terpal saja. Mereka ini adalah para pemilik ladang yang menjual hasil panennya.

Pasar Ikan[sunting | sunting sumber]

Blok ini terletak di belakang pasar, hampir sampai di laut belakang pasar. peletakan lokasi ini dimaksudkan agar nelayan bisa langsung menaikkan hasil laut ke pedagang. Dalam artian tidak harus repot naik ke daratan.

Terminal Sanggeng[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya Wosi, Pasar Sanggeng juga berdekatan dengan terminal. Namun terminal yang beralamatkan di Jl. Kapt. Yugoharto,[3] Sanggeng ini merupakan tempat berhentinya angkutan dalam kota Manokwari. Trayek terjauh terminal ini hanya sampai distrik Warmare saja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "pasar sanggeng pasar tertua di manokwari". Pesona Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-13. Diakses tanggal 2020-02-13. 
  2. ^ Setiawan, Budi (2018-04-11). "Pasar Tingkat Sanggeng Manokwari Terbakar". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-02-13. 
  3. ^ "Terminal Sanggeng". Wikimapia. Diakses tanggal 2020-02-13.