Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo
Pasar Oro Oro Dowo.jpg
Lokasi Kota Malang, Jawa Timur
Alamat Jalan Guntur No.20, Kec.Klojen, Kel.Oro-Oro Dowo
Tanggal dibuka 1932
Jumlah lantai 2

Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo (atau yang lebih dikenal dengan Pasar Oro-Oro Dowo) merupakan salah satu pasar tradisional yang ada di Kota Malang. Pasar ini dibangun pada zaman kolonial Belanda tahun 1932. Pasar ini berdiri seluas 3.400 meter persegi. Pasar ini menampung 251 pedagang yang tersebar menempati 71 kios serta 180 los. Pasar 2 lantai ini terletak di Jalan Guntur, Kota Malang.

Keistimewaan[sunting | sunting sumber]

Papan nama Pasar Oro-Oro Dowo.

Pasar ini merupakan pasar pertama di Kota Malang yang telah direvitalisasi oleh pemerintah pusat. Pasar ini direvitalisasi pada awal September 2015 dan dibangun atas kerja sama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan Pemerintah Kota Malang melalui dana tugas pembantuan tahun 2015.

Pasar terbersih[sunting | sunting sumber]

Suasana Pasar Oro-Oro Dowo.

Pasar ini juga merupakan pasar terbersih yang ada di Kota Malang, sehingga pasar ini nyaman untuk dikunjungi oleh para pengunjung termasuk turis mancanegara. Biasanya turis yang berasal dari Belanda karena mereka ingin bernostalgia untuk mengingat para leluhurnya.

Bangunan lama dipertahankan[sunting | sunting sumber]

Selain dikenal sebagai pasar terbersih di Kota Malang. Pasar ini juga mempertahankan bangunan tuanya yang menghadap ke utara (Jalan Guntur). Bangunan tua sengaja tidak dihancurkan karena bangunan tersebut merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

  1. MCK
  2. Ruang Ibu Menyusui
  3. Rest Area
  4. Troli
  5. Komposer
  6. Kantor Pasar
  7. Musholla

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]