Partai Solidaritas Afghanistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Solidaritas Afghanistan
حزب همبستگی افغانستان
Ketua umumDawood Razmak[1]
Dibentuk17 April 2004
Kantor pusatKabul
Keanggotaan30,000 (approx.)[2]
IdeologiSekularisme
Demokrasi sosial
Sosialisme demokratis
Progresivisme
Feminisme sosialis
Demokratisasi
Reformisme
Anti-imperialisme
Nasionalisme sayap kiri
Posisi politikSayap kiri
Afiliasi internasionalProgressive International[3]
Situs web
www.hambastagi.org/new/en/

Partai Solidaritas Afghanistan (bahasa Persia Afganistan: حزب همبستگی افغانستان; Hezb-e Hambastagi-ye Afghanistan; abbr. SPA) adalah sebuah partai politik kecil di Afghanistan.[4] Platform partai berfokus pada empat isu utama: sekularisme, hak-hak perempuan, demokrasi, dan oposisi terhadap NATO Resolute Support Mission di Afghanistan.[5] Partai ini sangat kritis terhadap pemerintah Afghanistan, yang dianggap korup, fundamentalis, dan didominasi oleh para panglima perang.[5] Partai ini mengklaim keanggotaan sekitar 30.000 orang.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Partai ini memboikot 2005 dan 2010.[4]

Partai ini dibekukan pada bulan Juni 2012 setelah demonstrasi Kabul pada akhir April 2012 di mana partai ini menuduh sejumlah pemimpin Afghanistan, termasuk mantan pemimpin dan komandan, melakukan kejahatan perang selama tiga dekade konflik, dan menuntut mereka untuk diadili.[4]

SPA memboikot Pemilihan umum presiden Afghanistan, 2004, Pemilihan umum presiden Afghanistan, 2009, dan Pemilihan umum presiden Afghanistan, 2014. Pemilihan Presiden Afghanistan karena partai ini menuduh bahwa seseorang tidak dapat dipilih tanpa persetujuan dari Pemerintah Amerika Serikat.[5] Namun, partai ini ikut serta dalam pemilihan umum provinsi karena percaya bahwa pemilihan ini lebih demokratis dan lebih sulit untuk dikontrol atau dicurangi oleh pemerintah pusat.[5] Tidak ada anggota SPA yang mencalonkan diri dalam pemilihan umum provinsi tahun 2013, meskipun partai tersebut mendukung kandidat tertentu.[5] Partai ini mengutuk Serangan Turki 2019 ke Suriah timur laut.

Menurut bukti foto dari tanggal 24 Maret 2024, Partai Solidaritas Afghanistan terlibat dalam pembuatan monumen untuk Pembunuhan Farkhunda Malikzada di Kabul, di mana ia dihukum mati.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Amiri, Ehsanullah (October 12, 2014). "Islamic State's Siege of Kobani, Syria Sparks Protest in Kabul, Afghanistan". Wall Street Journal – via www.wsj.com. 
  2. ^ Afghanistan, Osservatorio. "Interview with Hafiz Rasikh, member of Solidarity Party of Afghanistan, on upcoming elections". www.hambastagi.org. 
  3. ^ "Solidarity Party of Afghanistan". progressive.international. Diakses tanggal 17 October 2020. 
  4. ^ a b c "Afghanistan suspends political party sparking fears over freedom of speech | World news". The Guardian. 14 June 2012. Diakses tanggal 2014-03-08. 
  5. ^ a b c d e f "Interview with Hafiz Rasikh, member of Solidarity Party of Afghanistan, on upcoming elections". Solidarity Party of Afghanistan/Osservatorio Afghanistan. 10 February 2014. 
  6. ^ rferl. "A Memorial To Farkhunda Appears In Kabul". hambastagi.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs web resmi Sunting ini di Wikidata