Partai Rakyat Kristen Saarland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Partai Rakyat Kristen Saarland/PRKS (kode: CVP) adalah sebuah partai demokrat Kristen pada tahun 1945 hingga tahun 1956, yaitu tahun berdirinya Saarland sebagai protektorat Prancis.

Johannes Hoffmann, seorang anggota PRKS menjadi Presiden Menteri Saarland dari 20 November 1947 hingga 29 Oktober 1955. Tentunya Perdana Menteri Hoffmann dan PRKS adalah pendukung Undang-Undang Saar. Ia berbalik melawan partai yang baru didirikan, yaitu CDU Saar, dengan Slogan "Eropa tanpa bapak negara" untuk promosi penyatuan kembali Saar dengan Republik Federal Jerman.

Dengan Referendum Oktober, Saar populasi berbicara mayoritas dua pertiga terhadap Undang-Undang Saar Eropa. Di malam 23 Oktober 1955 masuklah Johannes Hoffmann. Tak lama setelah itu, Hubert Ney (CDU) menjadi Presiden Menteri.

Setelah penolakan undang-Undang Saar oleh rakyat terjadilah "penyatuan kembali kecil" Saar dengan Republik Federal Jerman.

CVP yang bergabung pada tahun 1956 dengan Partai Tengah Jerman menjadi Partai Rakyat Kristen. eskipun disatukan, sebelum Pemilu Bundestag 1957, partai kembali dipecahkan.

Saarland CVP muncul untuk Pemilihan Umum tahun 1957, serta di Landtag Saarland sebagai CSU/CVP. Pada 19 April 1959, CVP bersatu dengan CDU Saar.

Hasil Pemilu[sunting | sunting sumber]