Partai Petani Kecil, Buruh Agraria, dan Masyarakat Sipil Mandiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Partai Petani Kecil, Buruh Agraria, dan Masyarakat Sipil Mandiri

Független Kisgazda, Földmunkás és Polgári Párt
Ketua umumKároly Balogh[1]
Dibentuk12 Oktober 1930
18 November 1988 (pendirian kembali)
Kantor pusat1092. Budapest, Kinizsi u. 22.
IdeologiAgrarianisme
Nasionalisme Hongaria
Konservatisme nasional
Posisi politikSayap kanan
Afiliasi di EropaTidak ada
Kelompok Parlemen EropaTidak ada
WarnaHijau
SloganIsten, Haza, Család
Tuhan, Tanah Air, Keluarga
Situs web
www.fkgp.hu

Partai Petani Kecil, Buruh Agraria, dan Masyarakat Sipil Mandiri (bahasa Hongaria: Független Kisgazda-, Földmunkás- és Polgári Párt), dikenal dengan singkatan FKgP atau Partai Petani Kecil Mandiri (bahasa Hongaria: Független Kisgazdapárt), adalah sebuah partai politik di Hongaria. Partai ini didirikan pada tanggal 12 Oktober 1930 dan berhasil memperoleh suara mayoritas dalam pemilu pertama yang diadakan seusai Perang Dunia II. Partai ini berhasil meraih 57% suara, sementara kaum komunis hanya mendapatkan 17%. Dengan ini, pemimpin partai ini yang bernama Zoltán Tildy menjadi perdana menteri. Namun, kelompok komunis menanggapinya dengan mensponsori koalisi partai-partai "demokratik" untuk melawan Partai Petani Kecil.[2] Pada tahun 1947, kelompok komunis melancarkan kudeta terhadap kekuasaan Partai Petani Kecil. Walaupun tidak semua lembaga demokratik dibubarkan, kelompok komunis berhasil menguasai Hongaria. Anggota Partai Petani Kecil yang melawan pun ditangkap atau dipaksa pergi dari Hongaria. Lajos Dinnyés yang berasal dari partai ini masih menjadi perdana menteri seusai pemilu tahun 1947, tetapi pemerintahannya dikuasai oleh komunis. Dalam kurun waktu dua tahun, kelompok komunis memaksa partai ini untuk mengeluarkan anggota-anggota mereka yang berhaluan kanan karena dicap "fasis". Pada tahun 1949, partai ini dilebur dengan Barisan Merdeka Rakyat yang dipimpin oleh Partai Rakyat Buruh Hongaria (partai berhaluan komunis). Barisan ini berhasil menang, dan Partai Petani Kecil kemudian dibubarkan pada tahun yang sama.

Partai ini didirikan kembali pada tanggal 18 November 1988, tetapi semenjak pemilu parlemen tahun 2002, partai ini tidak lagi memperoleh kursi di Majelis Nasional Hongaria.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ATV. "Visszatért a Független Kisgazdapárt". 
  2. ^ Laar, M. (2009). "The Power of Freedom. Central and Eastern Europe after 1945." Centre for European Studies, hlm. 38. "Archived copy" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-11-11. Diakses tanggal 2012-04-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]