Partai Komunis Kazakhstan (Uni Soviet)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Komunis Kazakhstan
Қазақстан Коммунистік партиясы
Qazaqstan Kommunistık Partiasy
SingkatanQKP
Pemimpin PertamaLevon Mirzoyan
Pemimpin TerakhirNursultan Nazarbayev
Dibentuk5 Desember 1936
Dibubarkan7 September 1991; 32 tahun lalu (1991-09-07)
Diteruskan olehPartai Sosialis (de jure)
Partai Komunis (de facto)
IdeologiKomunisme
Marxisme–Leninisme
Afiliasi nasionalPartai Komunis Uni Soviet
Warna  Red

Partai Komunis Kazakhstan (QKP, bahasa Kazakh: Қазақстан Коммунистік партиясы, bahasa Rusia: Коммунистическая партия Казахстана, translit. Kommunisticheskaya partiya Kazakhstana) adalah partai penguasa tunggal di dalam Republik Sosialis Soviet Kazakhstan[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Partai Komunis Kazakhstan dibentuk pada tahun 1936, ketika Kazakhstan dijadikan sebagai negara bagian Republik di Uni Soviet. Partai Komunis Kazakhstan merupakan cabang dari Partai Komunis Uni Soviet sampai dengan bubarnya Uni Soviet.

Pada 24 April 1990, berdasarkan Pasal 6 Konstitusi Republik Sosialis Soviet Kazakhstan ketentuan tentang monopoli Partai Komunis Kazakhstan atas kekuasaan negara RSS Kazakh dicabut[2].

Restrukturisasi Pasca Bubarnya Uni Soviet[sunting | sunting sumber]

Kongres Ke-18 Partai Komunis Kazakhstan digelar pada tangal 7 September 1991 memutuskan untuk membubarkan partai[3]. Partai Sosialis Kazakhstan dibuat dengan dasar yang sama seperti Partai Komunis Kazakhstan[4][5]. Nursultan Nazarbayev, Sekretaris Pertama Partai Komunis Kazakhstan mengundurkan diri setelah kegagalan Kudeta di bulan Agustus 1991[6]. Para anggota Partai Komunis Kazakhstan yang kecewa kemudian membentuk Partai Komunis Kazakhstan pada bulan Oktober 1991 saat pelaksanaan Kongres Ke-19 partai itu.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]