Park Shin-hye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Park Shin Hye
ParkShinHye09122018.jpg
Park Shin Hye pada tahun 2018
PekerjaanAktris
Penyanyi
Model
Piano
Tahun aktif2003–sekarang
AgenS.A.L.T
KeluargaPark Shin-won (kakak laki-laki)
AgamaKristen Protestan
Park Shin-hye
Hangeul
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanBak Sin-hye
McCune–ReischauerPak Sinhye

Park Shin-hye (Hangeul: 박신혜 ; lahir di Kota Metropolitan Gwangju, Republik Korea, 18 Februari 1990; umur 30 tahun) adalah seorang aktris dan model asal Korea Selatan.[1] Ia memulai karier sebagai aktris dalam drama Korea Stairway to Heaven (2003). Pada tahun 2006, ia turut berakting dalam drama seri Korea-Jepang Tree of Heaven dan kemudian mencapai ketenaran sebagai bintang utama dalam drama televisi Korea You're Beautiful (2009), Heartstrings (2011), Flower Boys Next Door (2013), The Heirs (2013), Pinocchio (2014–2015) dan Doctors (2016). Pada tahun 2015, Park dicatat dalam daftar Forbes "40 Selebriti Paling Kuat" di Korea.

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Park Shin Hye lahir pada 18 Februari 1990 di Gwangju, Korea Selatan. Ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara, keluarganya terdiri dari ayah, ibu, kakak laki-laki (Park Shin-Won). Ketika Shin Hye duduk di kelas 6 SD Hakkang Elementary School, dia disarankan untuk mengikuti audisi musik di perusahaan "Dream Factory" oleh guru bahasa Inggris-nya di tempat les privatnya. Maka, Shin Hye pergi ke Seoul dan mengikuti audisi perusahaan musik milik Lee Seung Hwan yang bernama "Dream Factory". Melalui hubungannya dengan Dream Factory, Park Shin-Hye mulai menjalankan pelatihan sebagai seorang aktris, penyanyi serta pemain keyboard dan gitar.

Pada tahun 2003, Park Shin Hye memulai debutnya sebagai tokoh utama dalam video musik milik Lee Seung Hwan yang berjudul "Ggot" (Flower). Pada tahun yang sama pula, dia memenangkan audisi untuk peran di serial drama "Stairway To Heaven". Di serial drama ini, Shin Hye memerankan Han Jung Seo remaja. Drama ini sangat sukses di pasaran dan mendapatkan rating sebesar 40%.

Nama Shin Hye mulai di kenal masyarakat ketika ia memerankan peran utama wanita pada serial drama "You're Beautiful" tahun 2009. Alasan sutradara memilihnya, karena Shin Hye dan Jang Geun Suk -lawan mainnya- dinilai memiliki karakter yang menyenangkan dan juga sama-sama memiliki bakat dalam bidang menyanyi maupun menari. Drama ini populer di seluruh dunia dan lagu-lagu yang dinyanyikannya di dalam drama tesebut, membuatnya semakin dicintai.

Pada tahun 2010, Shin Hye mendapatkan peran di film komedi romantis yang berjudul "Cyrano Agency" sebagai Min Yeong bersama aktor Choi Daniel. Film ini menceritakan tentang sebuah agen kencan yang membantu para pelanggan untuk memenangkan hati orang-orang yang mereka inginkan. Di korea, film ini merupakan film terlaris ke-8 tahun ini. Pada tahun yang sama pula, Shin Hye mendapatkan peran di serial drama Taiwan yang berjudul "Hayate The Combat Butler" sebagai Xiao Zhi.

Tahun 2011, Shin Hye dipertemukan kembali dengan Jung Yong Hwa yang juga pernah bermain di drama "You're Beautiful" di dalam drama terbaru mereka yaitu "Heartstring" yang tayang pada tanggal 29 Juni. Di sana, Shin Hye berperan sebagai Lee Gyu Won yang merupakan mahasiswi dari jurusan musik tradisional.

Tahun 2012, Shin Hye mendapatkan peran di dalam KBS drama spesial musim ke-3 yang berjudul "Don't Worry I'm A Ghost" yang ditayangkan pada tanggal 15 Juli. Dia mendapatkan peran sebagai hantu yang bernama Kim Yeon Hwa yang dibunuh oleh perampok. Yeon Hwa menghantui Moon Ki yang terlibat dalam kecelakaan mobil dan mengalami hilang ingatan.

Pada tanggal 31 Oktober 2012, Shin Hye mengumumkan bahwa ia akan membintangi sekuel ketiga dari seri 'flower boy' TVN disebut "Flower Boy Next The Door", bersama dengan aktor Yoon Shi Yoon. Serial drama ini akan ditayangkan dari 7 Februari hingga 25 2013. Pada tahun 2013 juga, Shin Hye membintangi film "Miracle in Cell No. 7" bersama dengan aktor veteran Korea seperti Ryu Seung-ryong, Oh Dal-su, dan Jung Jin-young. Pada tanggal 15 Maret 2013, tepatnya 52 hari setelah peluncuran film itu, penjualan tiket mencapai 12.320.000, sehingga film ini merupakan film tertinggi ketiga sebagai film terlaris Korea sepanjang masa.

Pada tanggal 9 oktober 2013, ia juga bermain dalam drama korea yang berjudul "The Inheritos" atau "The Heirs". Di drama itu, ia berperan sebagai Cha Eun Sang. Dalam drama tersebut, Shin Hye berpasangan dengan Lee Min Ho yang berperan sebagai Kim Tan. Tanggal terakhir drama tersebut tayang adalah tanggal 12 Desember 2013.

Pada tahun 2014, Park berperan sebagai seorang ratu dalam film historis, The Royal Tailor, bersama Go Soo, Han Suk-kyu, dan Yoo Yeon-seok.[2] The Royal Tailor dirilis pada bulan Januari 2015.

Pada tanggal 4 September 2014, Park dipastikan menjadi bintang utama dalam serial televisi SBS Pinocchio bersama aktor Lee Jong-suk. Drama ini menggambarkan pencarian keadilan oleh sejumlah reporter muda. Park berperan sebagai Choi In-ha, yang mengidap kelainan (fantasi dalam film) yang disebut "Pinocchio complex", di mana ia akan cegukan jika berbohong. Drama yang meraih sukses besar ini ditayangkan pertama kali pada hari Rabu-Kamis mulai tanggal 12 November 2014 sampai Januari 2015 .[3]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Maret 2018, dikonfirmasi bahwa Park telah menjalin hubungan dengan aktor Choi Tae-joon sejak akhir 2017.[4][5][6]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'최지우 아역' 박신혜 '궁2' 입성, 세븐과 사랑 연기" (dalam bahasa Korean). Ilgan Sports. Diakses tanggal 30 January 2010. 
  2. ^ "Park Shin Hye & Yoo Yeon Suk To Film 'The Tailors'". KdramaStars. Diakses tanggal 2014-09-08. 
  3. ^ "Park Shin-hye confirmed to star in 'Pinocchio'". Korea Herald. Diakses tanggal 2014-09-08. 
  4. ^ "Actors Park Shin-hye, Choi Tae-joon dating". Yonhap News Agency. 7 March 2018. 
  5. ^ "Park Shin-hye, Choi Tae-joon confirm dating". Kpop Herald. 7 March 2018. 
  6. ^ "Park Shin-hye Dating Fellow Actor". The Chosun Ilbo. 8 March 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]