Parafili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Reptil (bagian hijau) adalah kelompok parafili yang terdiri dari semua amniota kecuali: mamalia dan burung; karena itu, Reptilia bukan sebuah klad. Sebaliknya, Amniota adalah klad, yang mana merupakan kelompok monofili.

Dalam taksonomi, sebuah grup disebut paraphyletic (parafiletik) jika terdiri dari leluhur terakhir dan semua keturunan leluhur itu tidak termasuk satu atau dua subgrup monofili. Sebuah grup dikatakan parafiletik berkenaan dengan subkelompok yang dikecualikan. Susunan anggota kelompok parafiletik disebut dengan parafili. Istilah ini umum digunakan dalam filogeni (sebuah subbidang biologi) dan linguistik.

Istilah ini diciptakan untuk diterapkan pada taksa yang terkenal seperti reptil, seperti yang biasa disebut dan didefinisikan secara tradisional, adalah parafiletik yang berkenaan dengan mamalia dan burung. Reptilia berisikan semua keturunan leluhur reptil, termasuk semua reptil yang masih ada serta yang telah punah, synapsida, kecuali mamalia dan burung. Kelompok-kelompok parafiletik yang umum dikenal termasuk ikan, monyet, dan kadal.[1]

Jika banyak subkelompok yang hilang dari grup yang disebutkan, disebut dengan poliparafiletik. Sebuah grup tidak bisa menjadi klad, atau klompok monofili, yang merupakan kelompok spesies yang termasuk nenek moyang yang sama dan semua keturunannya. Secara formal, sebuah kelompok parafiletik komplemen relatif dari satu atau lebih subklad dalam klad: menghapus satu atau lebih subklad meninggalkan grup parafiletik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Romer, A.S. (1949): The Vertebrate Body. W.B. Saunders, Philadelphia. (2nd ed. 1955; 3rd ed. 1962; 4th ed. 1970)