Paradise (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paradise adalah sebuah novel karya Toni Morison yang diterbitkan pada tahun 1999. Novel ini merupakan novel pertamanya setelah ia mendapatkan anugerah Nobel untuk sastra. Paradise dibuka dengan adegan mengerikan dari kekerasan di sebuah kota kecil serba hitam di pedesaan Oklahoma. Novel ini menceritakan tentang Ruby, sebuah komunitas yang didirikan oleh keturunan budak yang dibebaskan dan selamat dalam eksodus dari dunia yang bermusuhan. Komunitas patriarkal Ruby dibangun di atas kebenaran, penegakan hukum moral yang kaku, dan ketakutan. Tetapi tujuh belas mil jauhnya, sekelompok orang buangan lain telah berkumpul di tanah yang dijanjikan mereka sendiri. Dan para wanita-wanita ini melarikan diri dari kematian dan keputus-asaan, sembilan warga negara Ruby akan menaruh rasa sakit, teror, dan amarah atas pembunuhan mereka.

Buku ini disusun menjadi sembilan bagian. Yang pertama diberi nama "Ruby" setelah kota tempat pusat buku. Sisanya dinamai untuk wanita yang terlibat beragam dalam kehidupan kota dan Biara. Para wanita biara adalah Mavis, Grace (dikenal sebagai 'Gigi'), Seneca, Divine (yang namanya sebenarnya 'Pallas'), dan Consolata (juga dikenal sebagai 'Connie'). Para wanita Ruby - atau anak-anak, dalam kasus Save-Marie - adalah Patricia dan Lone. Meskipun bab-bab diberi nama untuk karakter tertentu, dalam menceritakan kisah mereka, Morrison menceritakan sejarah paralel kota Ruby dan Biara tujuh belas mil di selatannya, dan bagaimana para lelaki Ruby menjadi niat untuk menghancurkan para wanita Biara.

Dalam novel ini Toni Morrison menantang kepercayaan kita yang paling kuat saat dia merangkai sebuah cerita rakyat dan sejarah, ingatan dan mitos menjadi meditasi yang tak terlupakan dari ras, agama, jenis kelamin, dan masa lalu yang pernah ada.[1][2]

Tema[sunting | sunting sumber]

Surga[sunting | sunting sumber]

Seperti judulnya, novel ini menemukan intinya dalam upaya berbagai kelompok untuk menemukan semacam surga. Keluarga-keluarga yang memulai Haven, serta keluarga-keluarga yang kemudian melanjutkan proyek Haven di Ruby, mencari semacam syair yang terisolasi dari rasisme dunia luar. Demikian juga, wanita biasanya tiba di Biara secara tidak sengaja untuk mencari surga. Mavis tersesat dalam perjalanan ke California. Gigi mencari sepasang pohon terjalin yang dia percaya dapat memberikan ekstasi yang tak terbayangkan. Meskipun Biara adalah semacam jalan terakhir, dan meskipun para wanita biasanya di tengah-tengah penderitaan, Biara di bawah arahan Connie menjadi semacam surga bagi penghuninya (namun, itu bukan surga bagi para gadis India) yang dikirim ke sana selama masa Biara sebagai sekolah, juga tidak bisa menjadi surga bagi para penggelap yang membangunnya).

Inklusi dan eksklusi[sunting | sunting sumber]

Pertanyaan inklusi dan eksklusi adalah pusat mengapa Ruby didirikan, tetapi juga mengapa Ruby dapat dihancurkan sendiri. Ruby didirikan sebagai tanggapan terhadap pengecualian legendaris keluarga pendiri Haven di kota Fairly. Para pendiri pendiri menanggapi pengucilan dari dunia luar dengan menciptakan komunitas mandiri yang tidak membutuhkan dunia luar untuk apa pun. Namun, warga Haven dan Ruby beralih dari membuat komunitas di mana mereka dapat dimasukkan ke menciptakan komunitas di mana tidak ada orang lain yang bisa dimasukkan. Intoleransi Ruby untuk orang luar dan mereka yang hidup secara berbeda menyebabkan gesekan yang signifikan, terutama dengan Biara.

Diskriminasi Ras[sunting | sunting sumber]

Lebih spesifik daripada inklusi dan eksklusi adalah tema sepanjang cerita diskriminasi rasial berdasarkan warna kulit. Untuk sebagian besar novel, kami mendapat kesan bahwa Ruby, kota serba hitam, didirikan untuk menghindari rasisme dunia luar pada umumnya. Kita belajar, bagaimanapun, bahwa warga Ruby hampir seluruhnya berasal dari keluarga rasial "murni," "delapan batu", dan bahwa proyek Ruby dimotivasi oleh pengalaman diskriminasi rasial yang jauh lebih spesifik daripada hitam melawan putih. : prasangka terhadap kulit hitam berkulit gelap oleh kulit hitam berkulit terang. Setelah diusir dari jabatan publik, para pendiri lama Haven tidak dapat menemukan pekerjaan yang layak, meskipun yang lain diusir dari kantor bisa. Perbedaannya adalah bahwa yang lain berkulit terang, sedangkan para pendiri memiliki kulit gelap yang mereka banggakan, karena itu menandakan semacam "kemurnian" rasial. Namun, penolakan yang menentukan adalah the Disallowing. Para pendiri bangsa tidak mengantisipasi bahwa sesama kulit hitam mereka akan mematuhi hierarki warna sama banyaknya dengan kulit putih. Fakta bahwa berpuluh-puluh tahun kemudian penduduk Ruby akan menciptakan masyarakat mereka sendiri yang diskriminatif rasial - bahkan jika dengan bias terbalik - berbicara dengan meluasnya prasangka.[3][4]

Alur[sunting | sunting sumber]

Cerita dibuka dengan pembantaian sekelompok wanita yang tinggal di tempat yang disebut Biara. Para pembunuh adalah semua pria di kota terdekat Ruby, dinamai demikian untuk mengenang Ruby Best yang merupakan penduduk pertama kota yang mati. Ruby, kota itu, didirikan oleh sekelompok keluarga kulit hitam yang berusaha menciptakan sesuatu dari masyarakat utopis. Para pendirinya adalah Steward dan Deacon Morgan yang juga pemilik bank dan di antara keluarga terkaya dan paling kuat di kota. Bangsa Morgans memiliki seorang keponakan bernama Kopi yang disebut "K." atau Kentucky Derby, karena ia memenangkan perlombaan sebagai anak yang sangat muda di awal sejarah kota.

K. berhubungan seks dengan seorang gadis muda bernama Arnette Fleetwood sehingga menjadi hamil. Steward dan Deacon membuat peraturan dengan keluarga Arnette untuk memberikan dukungan keuangan dan Arnette, sebagai imbalannya, akan meninggalkan kota pada musim gugur sebelum kelahiran bayinya. Sebaliknya, Arnette berlari ke Biara, memohon bantuan mereka. Selama bertahun-tahun, dia bukan satu-satunya orang yang mencari bantuan di Biara.

Seorang wanita bernama Connie, diambil dari jalanan sebagai seorang gadis sembilan oleh sekelompok biarawati, telah menjalani sebagian besar hidupnya di Biara, tetap bahkan setelah biarawati terakhir telah pergi atau mati. Pada tahun-tahun berikutnya, beberapa wanita tinggal di sana. Mavis Albright adalah ibu dari lima anak yang membiarkan bayi kembarnya mati lemas di dalam mobil. Gigi sedang mencari tempat pertemuan yang dijelaskan untuk pacarnya tetapi menemukan bahwa itu tidak ada. Pallas adalah seorang gadis kaya yang pacarnya berselingkuh dengan ibu Pallas. Ketika dia tiba di Biara, dia hamil. Seneca melarikan diri dari hubungan dengan pacar yang ada di penjara. Orang-orang Ruby mulai melihat tanda-tanda bahwa ada kejahatan di Biara dan menyalahkan para wanita atas serangkaian masalah, termasuk kelahiran beberapa anak cacat.

Sementara struktur kota mulai terurai, penduduk membentuk opini tentang penyebabnya. Beberapa penatua memutuskan bahwa mereka akan menangani sendiri dan berangkat ke Biara, seolah-olah menakut-nakuti para wanita agar pergi. Tetapi konfrontasi berubah menjadi mandi darah dan para wanita dibantai. Namun, ketika pengurus kembali untuk mengambil mayat, tidak ada tanda-tanda kengerian dan orang-orang kota, setidaknya untuk saat ini, tetap aman dari penyelidikan "hukum putih" dari kota terdekat Demby, Oklahoma. Buku ini berakhir dengan beberapa wanita mengunjungi rumah dan keluarga mereka meskipun mereka jelas penampakan.

Bab berikutnya, "Mavis," memperkenalkan seorang wanita berusia 27 tahun yang sedang diwawancarai oleh seorang jurnalis lokal tentang kematian yang tidak disengaja dari bayi kembarnya, Merle dan Pearl. Mavis meninggalkan anak-anak di mobil pada hari yang panas ketika dia pergi berbelanja. Mavis juga dalam hubungan yang merusak dengan seorang pria bernama Frank, dan menderita dari apa yang tampaknya menjadi delusi paranoid bahwa Frank dan anak-anaknya merencanakan untuk melawannya. Ketika Mavis melarikan diri dari situasi ini, ia tersandung pada Biara.

Bab berikutnya, "Grace," mengambil namanya dari karakter Gigi, meskipun dibuka pada K. berdebat dengan Arnette di stasiun bis Ruby. Annette hamil dengan bayi K., menyebabkan banyak perselisihan keluarga karena mereka khawatir tentang keunggulan keluarga di Ruby. Gigi tiba di Ruby mencari setiap orang luar, dan begitu buku itu kembali kepadanya, kita mengetahui bahwa dia baru saja terpisah dari pacarnya Mikey, yang telah dijatuhi hukuman tiga bulan penjara. Akhirnya, Gigi berhasil sampai ke Biara, di mana dia memulai persahabatan yang tidak nyaman dengan Mavis.

Dalam "Seneca," kita bertemu Dovey Morgan dan suaminya, Seward. Sekali lagi, bagian ini menunjukkan bagaimana penduduk Ruby menyalahkan disfungsi mereka sendiri pada Biara. Hal yang sama berlaku dalam bab yang disebut "Ilahi," yang dibuka dengan sebuah khotbah tentang cinta yang hanya berfungsi untuk menyoroti kurangnya empati warga kota terhadap Biara dan satu sama lain. Bab ini juga menerangkan sejarah alternatif yang dijalani oleh pria dan wanita Ruby, yang, meskipun mereka hidup berdampingan, memiliki pengalaman yang sangat berbeda.[5][6]

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Aaron Poole

Aaron adalah salah satu pendiri Ruby. Meskipun demikian, dia memegang kebajikan di atas kesombongan, dan Lone mencari dia ketika dia berharap untuk menghentikan para pria dari menyerang Biara.

Ace Flood

Salah satu bapak pendiri Ruby, ayah Anna, dan pemilik toko umum Ace.

Anna Flood

Anna adalah putri Ace Flood. Untuk sementara waktu dia tinggal di luar Ruby, tetapi dia kembali untuk menjalankan toko Ace setelah kematiannya. Dia bersimpati terhadap pemuda Ruby dan keinginan mereka untuk perubahan di kota. Dia bertunangan dengan Richard Misner; kedatangannya di kota mengubah pikirannya tentang pindah lagi.

Apollo dan Brood Poole

Dua saudara lelaki dengan siapa Billie Delia jatuh cinta. Mereka hampir saling membunuh atas dia, meskipun mereka kemudian berdamai dan setuju untuk menunggu sampai dia memilih di antara mereka.

Arnette Fleetwood

Arnette adalah putri Arnold dan Mable Fleetwood, dan saudara perempuan Jeff. Dia mengejar K. Smith dan menjadi hamil olehnya, meskipun dia mencoba untuk menggugurkan bayinya. Arnette terus mengejar K. selama bertahun-tahun, meskipun dia terlibat dengan Gigi, dan akhirnya ketika dia kembali ke Ruby dari perguruan tinggi, mereka menikah dan memiliki anak.

Arnold Fleetwood

Pemilik toko furnitur Fleetwood dan ayah Jeff dan Arnette.

Billie Delia Cato

Putri Patricia Best dan Billy Cato, cucu dari Roger Best dan Delia Best, dan teman terbaik Arnette Fleetwood. Dia jatuh cinta pada Apollo dan Brood Poole, di antaranya dia tidak bisa memilih.[7][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fiction Book Review: Paradise by Toni Morrison, Author Alfred A Knopf Inc $25 (318p) ISBN 978-0-679-43374-3". PublishersWeekly.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  2. ^ GradeSaver. "Paradise Summary | GradeSaver". www.gradesaver.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  3. ^ "Paradise Summary - eNotes.com". eNotes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  4. ^ GradeSaver. "Paradise Themes | GradeSaver". www.gradesaver.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  5. ^ Morrison, Toni, (1998). Paradise (edisi ke-1st ed). New York: A.A. Knopf. ISBN 0-679-43374-0. OCLC 38117575. 
  6. ^ "Paradise Summary". SuperSummary (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  7. ^ a b "Paradise by Toni Morrison: Summary & Characters". Study.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01.