Paradigala ekor panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paradigala ekor-panjang
Ilustrasi paradigala ekor panjang (P. carunculata)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Paradigalla carunculata

Lesson, 1835
Nama binomial
Paradigalla carunculata
Lesson, 1835

Paradigala ekor-panjang (Paradigalla carunculata) merupakan spesies burung cenderawasih berukuran besar, dimana burung ini dapat mencapai ukuran kurang-lebih 37 cm panjangnya. Burung ini memiliki tubuh yang dominan tertutup oleh bulu berwarna hitam, dengan ekor yang panjang dan meruncing. Burung ini merupakan salah satu anggota famili Paradisaeidae yang berwarna polos, dan hanya memiliki hiasan berwarna pada gelambir di wajahnya yang berwarna kuning, merah, dan bitu langit di pangkal paruhnya. Baik burung jantan maupun betina memiliki kemiripan penampilan, namun burung betina memiliki warna tubuh yang lebih kusam dan berukuran lebih kecil.

Paradigala ekor-panjang merupakan salah satu anggota famili Paradisaeidae yang belum banyak dikenal. Burung ini merupakan spesies endemik Pegunungan Arfak di Semenanjung Doberai, Papua Barat, Indonesia.

Paradigala ekor-panjang dikategorikan ke dalam spesies yang Hampir Terancam dalam Daftar Merah IUCN.[1] Spesies ini juga terdaftar dalam Appendix II CITES. Di Indonesia, spesies ini merupakan spesies yang dilindungi menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Subspesies[sunting | sunting sumber]

  • Paradigalla carunculata carunculata
  • Paradigalla carunculata intermedia

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

[[Kategori:Burung endemik Indonesia]] [[Kategori:Burung Indonesia]] [[Kategori:Burung Papua Barat]]