Papan laras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Papan tuts

Papan laras atau papan tuts[1] (Inggris: keyboard) adalah semacam alat musik tuts elektronik (penyintesis dan lainnya) yang dimainkan seperti piano, hanya papan laras bisa memainkan beragam suara, seperti trompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian.[2] Dengan papan laras, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band. Dengan papan laras, kita juga bisa bermain seperti kita bermain organ atau piano dan lebih praktis karena lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Papan laras serdiri dari penggaya, penyuara, peruntut, pengirama, parameter monitor, potensiometer volume, pitch atau bend, modulation (portamento) dan tombol tombol multi track. Papan laras dengan teknologi speaker built in dinamakan portable sound, bila ditambah dengan teknologi rekam mini dinamakan portable sound recorder. Pengoperasian papan laras biasanya menggunakan kabel adaptor, meskipun ada beberapa jenis yang dapat menggunakan baterai. Papan laras berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras suara dan aransemen (multi arranger). Beberapa voice atau suara yang direkam dalam orchestrator ini bisa diperluas (expandable) dalam pengertian teknologi penyuaraan (sound engineering). Expandable berarti bisa ditinggikan bagian suara treble atau bass atau middle tone.

Perbedaan yang pasti daripada papan laras dengan piano adalah bahwa papan laras selalu menggunakan listrik, sehingga lebih dimungkinkan apabila suaranya diperbesar dengan pengeras suara. Piano akustik menggunakan material senar dan hammer stick (batang palu) kecil yang dibungkus cushion leather (busa dan kulit) dan mengandalkan resonansi dan gema yang muncul dari dentuman atau getaran besi senar ke arah besi batangan dan kayu ebony dan memancarkan suara ke seluruh penjuru ruangan. Model perkawinan papan laras dan piano adalah electric piano (dengan teknologi digital elektronik) dan sintesis suara piano yang memiliki tingkat kemiripan dan kualitas tinggi.

Sustain pedal didisain terlepas dari body part dan kaki. Kebanyakan pemirsa bingung dengan kesamaan papan laras, kesamaan cara permainannya (tangga nada, tuts—hitam dan putih, partitur, chord). Tetapi piano akustik tidak menggunakan drum otomatis (drum machine) kecuali dipasang dengan perangkat keras yang terpisah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]