Paok hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paok hijau
P. sordida subspesies cucullata di Taman Nasional Kaeng Krachan, Thailand
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Infraordo:
Superfamili:
Famili:
Genus:
Spesies:
Pitta sordida

Paok hijau (Pitta sordida) adalah burung pengicau dalam keluarga Pittidae (burung paok). Burung ini adalah burung yang kerap ditemui di Asia Timur dan Tenggara serta Asia Tenggara maritim, di mana ia hidup di beberapa jenis hutan serta di perkebunan dan kawasan budidaya lainnya. Ini adalah burung hijau dengan kepala hitam dan mahkota kepala berwarna kadru. Ia mencari serangga dan larvanya di tanah, dan juga memakan buah beri. Ia berkembang biak antara bulan Februari dan Agustus, pasangan ini sangat teritorial dan membangun sarangnya di tanah. Inkubasi dan perawatan anakan dilakukan oleh kedua orang tuanya. Burung ini mempunyai jangkauan yang luas, dan Uni Internasional untuk Konservasi Alam telah menilai status konservasinya sebagai "spesies risiko rendah".

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Piaok hijau bisa mencapai panjang 16 hingga 19 cm (6,3 hingga 7,5 in) dan berat 42 hingga 70 g (1,5 hingga 2,5 oz) . Ia memiliki kepala hitam, mahkota kepala berwarna kadru, dan tubuh serta sayap berwarna hijau. Makanannya terdiri dari berbagai serangga (termasuk larvanya ), yang mereka buru di tanah, dan buah beri . Pada masa berkembang biak, yang berlangsung dari bulan Februari hingga Agustus, mereka membangun sarang di tanah; kedua induknya merawat telur dan anak-anaknya. Mereka sangat teritorial dan seruan peluitnya yang bernada ganda ("qweeek-qweeek") dapat terus terdengar dari wilayah mereka, terkadang sepanjang malam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Pitta sordida". 2016: e.T103656903A93693998. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T103656903A93693998.en.