Pantofel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepasang sepatu pantofel dari Matalan
Pantofel Papst Benedikt

Pantofel atau sepatu pantofel adalah salah satu jenis sepatu datar (tanpa hak) yang umumnya tidak menggunakan tali sepatu. Sepatu ini mirip dengan desain sepatu mokasin, sepatu tradisional yang berasal dari suku asli Amerika Utara. Sepatu ini hampir selalu menggunakan kulit.

Desain pertama diperkenalkan di London oleh Wildsmith Shoes, dengan nama Wildsmith Loafer.[1] Awalnya sepatu ini diperuntukkan sebagai sepatu kasual, tetapi kemudian popularitasnya meningkat di Amerika Serikat sebagai bagian dari setelan bisnis. Desain lain diperkenalkan sebagai Aurlandskoen di Norwegia (pada awal abad ke-20). [2] Sepatu tersebut dipakai dalam banyak situasi dalam berbagai warna dan desain, dan kadang kala ditambahi dekorasi jumbai-jumbai di bagian punggung kaki sepatu, atau dekorasi-dekorasi logam.

Beberapa jenis sepatu pantofel dibuat dengan tambahan sisipan samping dan lidah sepatu, tetapi tanpa tali. Jenis sepatu tersebut memungkinkan sepatu dilepas dengan mudah namun tetap nyaman saat dikenakan. Setelan ini memiliki popularitas paling tinggi di Britania Raya. [3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Q&A, Chay Cooper, Wildsmith Shoes". theholbornmag.com. 30 August 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-27. Diakses tanggal 6 April 2018. 
  2. ^ Dagens Næringsliv D2 magazine, September 7, 2012.
  3. ^ Antogiavanni, Nicholas (2006). The Suit: A Machiavellian approach to men's style. New York: HarperCollins Publishers. hlm. 92. ISBN 0-06-089186-6.