Pantai Senggigi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Batu Bolong[sunting | sunting sumber]

Pura Batu Bolong, Lombok
Pura Batu Bolong pada tahun 1949

Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki di bagian selatan, para wisatawan dapat menjumpai Pura Batu Bolong yang di dirikan pada tahun 1533 oleh seorang resi bernama Dang Hyang Dwijendra. Nama pura ini sendiri di ambil dari batu hitam tempat di bangunnya pura tersebut yang membentuk perbukitan kecil dan memiliki lubang atau juga dalam bahasa Indonesia lubang berarti bolong. Dulunya lubang ini di gunakan sebagai akses jalan para nelayan atau mereka para pencari kayu yang akan memasuki kawasan Senggigi.

Batu Layar[sunting | sunting sumber]

Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama. Ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai wisata religious bagi umat muslim baik itu yang tinggal di Lombok atau mereka yang datang dari luar daerah. Batu Layar ramai di kunjungi pada saat " Lebaran topat " yang merupakan lebaran dimana masyarakat Lombok merayakannya dengan berziarah kubur 1 minggu setelah Idul Fitri. Dinamakan Lebaran Topat karena menu masakan pada hari itu tidak boleh memasaka nasi tetapi dengan ketupat, urap-urap, pelecing kangkung dan ayam bakar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Hokehhh

Pranala luar[sunting | sunting sumber]