Pantai Pok Tunggal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pantai Pok Tunggal atau biasa disebut "the hidden paradise" (surga yang tersembunyi) adalah salah satu objek wisata yang ada di Yogyakarta tepatnya di Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dihitung dari kota, maka jarak tempuhnya sejauh 80 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

Nama pantai pok tunggal diambil karena dipantai tersebut terdapat sebuah pohon duras tua yang berdiri kokoh hingga saat ini. Pantai ini dikelilingi oleh tebing perbukitan karst. Terdapat tebing-tebing karang yang ditumbuhi oleh pepohonan yang lebat dan didalamnya dihuni oleh kera-kera yang jinak. Uniknya, pantai ini memiliki aliran sungai air tawar dibawah tanah yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar pantai. Layaknya pantai selatan lainnya, pantai pok tunggal memiliki pasir putih yang halus dan membentang sepanjang pantai. Sampai saat ini panti pok tunggal masih terjaga kebersihan dan kealamiannya.

Pantai ini sangat ramai dikunjungi baik saat liburan maupun saat hari biasa. Terdapat banyak sekali aktivitas-aktivitas yang ditawarkan di pantai pok tunggal, seperti diving, snorkeling, berenang, berkemah, berfoto di spot-spot foto yang indah, hingga aktivitas ekstrem seperti rock climbing.

Rute Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke pantai pok tunggal tergolong mudah untuk diakses dan saat ini lokasi pantai pok tunggal sudah terdapat di pencarian google map. Rute perjalanan menuju pantai dapat diakses melalui Kota Yogyakarta, Wonosari, Sukoharjo, maupun Solo. Untuk mencapai lokasi pantai, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, hingga menggunakan kendaraan umum.

Jika anda memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta maka anda akan menempuh jarak sekitar 80 Km atau sekitar 2 jam perjalanan. Rute yang harus anda tempuh ialah anda harus menuju ke jalan Wonosari, lalu berbelok kearah selatan menuju Desa Tepus. Saat sampai didesa tersebut, terlebih dahulu anda akan melewati gerbang pembayaran retribusi dan sampai pada pertigaan. Pilihlah arah kiri untuk sampai ke pantai pok tunggal.

Harga Tiket[sunting | sunting sumber]

Tiket masuk dipantai ini cukup terjangkau. Untuk menikmati keindahan pantai ini, anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000, untuk biaya parkirnya anda dapat membayar sebesar Rp. 3.000 untuk motor dan untuk mobil dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1][2][3][4]

  1. ^ https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/beach/pok-tunggal/
  2. ^ https://www.pantainesia.com/pantai-pok-tunggal
  3. ^ https://lookjogja.blogspot.com/2016/02/pantai-pok-tunggal-gunung-kidul-jogja.html
  4. ^ https://www.nativeindonesia.com/pantai-pok-tunggal-gunung-kidul/