Pankaj Ghemawat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pankaj Ghemawat
Lahir30 September 1959 (umur 64)
Jodhpur, India
PekerjaanEkonom, strategiwan, penulis
Situs webghemawat.com

Pankaj Ghemawat (lahir 30 September 1959) adalah ekonom, strategiwan global, pembicara, dan penulis berkebangsaan Amerika Serikat.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Pankaj Ghemawat mendapat gelar Bachelor di bidang matematika terapan dan Ph.D. di bidang ekonomi bisnis dari Universitas Harvard. Pada usia 16 tahun, ia sudah mengenyam pendidikan di Harvard College. Ia masuk program Ph.D. Harvard Business School pada usia 19 tahun dan lulus tiga tahun kemudian.

Setelah bekerja di McKinsey & Company, ia menghabiskan 25 tahun sebagai dosen purnawaktu di Harvard Business School. Pada tahun 1991, ia diangkat sebagai dosen purnawaktu termuda sepanjang sejarah Harvard Business School. Sejak 2006, Ghemawat menjabat sebagai dosen strategi global Anselmo Rubiralta Professor di IESE Business School, Barcelona. Tahun 2013, ia diangkat sebagai dosen tamu manajemen global luar biasa di Stern School of Business, Universitas New York.

Ia dikaruniai seorang putri, Ananya Maumita Ghemawat, yang lahir bulan Maret 1995.

Opini[sunting | sunting sumber]

Ghemawat berpendapat bahwa dunia ini tidak "seglobal" yang diyakini para strategiwan, dan perbedaan lintas perbatasan masih penting dalam ekonomi dunia.

Pandangannya sangat berlawanan dengan pandangan pakar-pakar lain seperti Thomas L. Friedman. Di artikel majalah Foreign Policy tahun 2007, Ghemawat mengatakan bahwa 90 persen panggilan telepon, lalu lintas web, dan investasi dunia bersifat lokal; ia menyatakan bahwa Friedman terlalu melebih-lebihkan tren yang ditulisnya dalam buku The World is Flat. Katanya, "Dari dulu kita membicarakan sebuah dunia baru yang saling terhubung ketika informasi, ide, uang, dan masyarakat bergerak lebih cepat dibandingkan sebelumnya, tetapi sesungguhnya globalisasi yang terjadi tidak sampai satu persen yang kita perkirakan selama ini".[1]

Publikasi[sunting | sunting sumber]

  • World 3.0: Global Prosperity and how to Achieve it, Harvard Business Press Books, Boston 2011

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ghemawat, Pankaj (1 March 2007). "Why the World Isn't Flat". foreignpolicy.com. Foreign Policy. Diakses tanggal 15 October 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]