Panjat gedung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Panjat bangunan atau panjat gedung (juga dikenal sebagai buildering, edificeering, urban climbing, structuring, skywalking, boulding, atau stegophily ) menggambarkan tindakan pendakian di bagian luar bangunan dan struktur buatan lainnya. Jika dilakukan tanpa tali atau perlindungan jauh dari permukaan tanah, pembangunan akan sangat berbahaya. Hal ini sering dilakukan di luar batas hukum, dan oleh karena itu sebagian besar dilakukan pada malam hari.

Pendakian malam merupakan salah satu cabang panjat gedung yang telah dipraktekkan selama bertahun-tahun di berbagai lokasi, terutama di Universitas Oxford dan Cambridge, Inggris. Pendakian malam, berbeda dengan panjat bangunan, dilakukan terutama oleh mahasiswa sarjana dalam kegelapan. Istilah "pendakian malam" telah menggantikan istilah lama "pendakian atap". Filosofi di balik pendakian malam telah mengalami perubahan besar selama abad ke-21, dengan disiplin ilmu perkotaan seperti parkour memiliki pengaruh besar terhadap evolusi teknik dan gerakan pendakian malam.

Aksi panjat gedung yang terlihat memanjat gedung tanpa izin sering ditemui oleh pasukan polisi setelah menyelesaikan eksploitasi mereka. Tindakan panjat gedung yang spektakuler, seperti gedung pencakar langit yang berjalan sendirian, biasanya dilakukan oleh seorang pendaki yang berpengalaman dan sendirian, terkadang menarik banyak orang yang lewat dan perhatian media. Hal ini relatif jarang terjadi.

Panjat gedung juga dapat berbentuk lebih mirip dengan panjat dinding, yang cenderung menanjak atau melintasi bagian bangunan dan struktur yang lebih pendek. Meskipun secara umum masih tidak disukai oleh pemilik properti, beberapa pihak, seperti Universitas Colorado di Boulder dan Universitas Tufts, menutup mata terhadap praktik ini di banyak lokasi.[1]

Pemanjat gedung terkenal[sunting | sunting sumber]

Alain Robert telah mencapai ketenaran di seluruh dunia dan secara luas dianggap sebagai pemanjat gedung terhebat. Pada tahun 2011, ia memanjat gedung tertinggi di dunia, menara Burj Khalifa setinggi 830 meter di Dubai . Pada kesempatan itu, ia menggunakan rungkup sesuai prosedur keselamatan, namun sebagian besar pendakiannya dilakukan secara solo bebas. Bangunan terkenal lainnya yang pernah didaki Robert termasuk Empire State Building di New York City, Jembatan Golden Gate di San Francisco, Menara Sears di Chicago, Menara Jin Mao di Shanghai, The Doha Torch di Doha, Taipei 101 di Taiwan, dan masing-masing Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia . Ia juga pernah mendaki sejumlah tengaran terkenal, antara lain Menara Eiffel dan Menara Montparnasse di Prancis, serta Gedung Opera Sydney di Australia. Ia lahir di Perancis pada tahun 1962 sebagai Robert Alain Phillipe, dan dikenal sebagai "Spider-Man Prancis" dan "Manusia Laba-laba".

Pada tahun 1980-an, Dan Goodwin, alias SpiderDan, alias Skyscraperman, dalam advokasi untuk pemadaman kebakaran dan penyelamatan di gedung-gedung tinggi, mendaki banyak gedung dan struktur tertinggi di dunia termasuk Menara Sears, John Hancock Center, Menara Utara World Trade Center, Kompleks Parque Central di Caracas, Venezuela, dan Menara CN di Toronto, Kanada . Pada tahun 2010, Goodwin, yang sekarang menjadi penyintas kanker stadium empat, menaiki Millennium Tower yang berlantai enam puluh di San Francisco, California untuk meminta perhatian atas ketidakmampuan pemadam kebakaran dalam melakukan operasi penyelamatan di lantai atas gedung pencakar langit.

Setidaknya tujuh pemanjat gedung dikenal sebagai "The Human Fly", semuanya dari Amerika Serikat, sebagai berikut:

  • George Willig, yang memanjat Menara Selatan World Trade Center pada tahun 1977. Seperti Alain Robert, ia juga dikenal sebagai "Spider-Man", diambil dari nama pahlawan komik yang pertama kali diterbitkan oleh Marvel pada tahun 1962.
  • John Ciampa, yang mendaki antara tahun 1942 dan 1952. Dia adalah seorang stuntman dan penghibur, dan juga dikenal sebagai "Flying Phantom" dan "Brooklyn Tarzan".
  • James A. Dearing, yang mendaki Gedung Pengadilan Rutherford County pada tahun 1923, tetapi terjatuh hingga meninggal setelah menyelesaikan pendakian. Nama panggungnya adalah Roy Royce.
  • Harry F. Young, yang dipekerjakan pada tahun 1923 untuk mendaki Hotel Martinique di New York City, untuk mempromosikan film bisu Safety Last! Dia kehilangan kendali saat mendaki, dan terjatuh sembilan lantai hingga tewas.[2]
  • George Polley, yang mendaki antara tahun 1910 dan 1920. Dia meninggal pada usia 29 tahun karena tumor otak.
  • Harry Gardiner, yang memanjat lebih dari 700 bangunan di Amerika Serikat dan Eropa antara tahun 1905 dan 1918, biasanya mengenakan pakaian jalanan dan sepatu tenis, tanpa peralatan pendakian.
  • James Lotito, pada tahun 2020 adalah pemanjat gedung terbaru yang dijuluki "manusia terbang".[3] Dia telah mendaki banyak bangunan dan struktur tanpa bantuan, namun paling dikenal karena usahanya yang gagal di Manhattan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Halloween on the Hill « Jumble". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 May 2012. Diakses tanggal 25 November 2011. 
  2. ^ "Human Fly is Killed in Fall". Madera Tribune. California Digital Newspaper Collection. 6 March 1923. Diakses tanggal 15 November 2023. 
  3. ^ "Man arrested after scaling Chelsea condominium tower". New York Daily News. 11 November 2019.