Safety Last!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Safety Last!
Safetylast-1.jpg
SutradaraFred C. Newmeyer
Sam Taylor
ProduserHal Roach
PenulisHal Roach
Sam Taylor
Tim Whelan
PemeranHarold Lloyd
Mildred Davis
Bill Strother
Noah Young
Westcott Clarke
Perusahaan
produksi
DistributorPathé Exchange
Tanggal rilis
  • 1 April 1923 (1923-4-1)
Durasi
73 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaFilm bisu
antarjudul bahasa Inggris

Safety Last! adalah film bisu komedi percintaan tahun 1923 yang dibintangi Harold Lloyd. Film ini berisi adegan paling terkenal dari era film bisu: Lloyd bergantungan pada jarum dari sebuah jam besar di luar sebuah pencakar langit dengan lalu lintas kendaraan di bawahnya.

Judul film ini merupakan parodi dari ungkapan safety first (utamakan keselamatan). Lloyd melakukan sendiri adegan ketangkasan memanjat tanpa pemeran pengganti, meski sudah kehilangan sebuah ibu jari dan sebuah telunjuk dalam pengambilan gambar sebuah film empat tahun sebelumnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan adegan Harold Lloyd di belakang jeruji besi. Ibu dan Mildred pacarnya, datang untuk menghiburnya. Petugas dan seorang pendeta muncul untuk membawa Harold ke tempat yang tampak seperti tiang gantungan berikut simpul jeratnya. Namun ternyata mereka bukan sedang berada di penjara, melainkan di sebuah stasiun kereta api. Jeruji besi adalah gerbang tiket dan benda seperti simpul jerat sebetulnya simpai sinyal keberangkatan yang diambil oleh awak kereta api dari atas kereta api yang sedang melaju. Harold berangkat setelah berjanji untuk menikahi kekasihnya setelah berhasil menjadi orang di kota besar.

Harold mendapat pekerjaan sebagai pramuniaga di De Vore Department Store. Ia tinggal di sebuah kamar sewaan bersama "Limpy" Bill, sahabatnya yang seorang pekerja bangunan.

Setelah jam kerjanya selesai, Harold bertemu kawan lama yang sudah menjadi polisi di kota. Keduanya lalu saling bercanda. Bill muncul setelah polisi teman Harold pergi. Harold membual kalau dia orang berpengaruh di departemen kepolisian. Bill diajak untuk memukul temannya si polisi yang sedang memakai telepon umum, tapi polisi yang didorong Bill hingga jatuh ternyata bukan teman Harold. Bill lari dari kejaran polisi dengan memanjat dinding gedung.

Sementara itu, Harold membohongi pacarnya kalau dirinya sudah berhasil di kota besar. Ia mengirimkan hadiah-hadiah mahal untuk Mildred. Harga hadiah-hadiah itu sebetulnya tidak terjangkau oleh gajinya yang pas-pasan. Mildred menyangka Harold sudah cukup sukses untuk kawin dan memberi makan keluarga. Atas anjuran ibunya, Mildred pergi ke kota untuk menemui pacarnya. Ketika ditemui Midred, Harold berpura-pura menjadi manajer toko. Ketika mengambil dompet Mildred yang tertinggal di kantor manajer, Harold tidak sengaja menguping pembicaraan manajer toko, "siapa saja yang dapat menarik orang untuk datang ke toko, akan diberi uang seribu dolar. Ia teringat bakat Bill memanjat dinding gedung, dan menyuruh Bill untuk memanjat Gedung Bolton berlantai 12 yang ditempati toko serba ada De Vore. Bill setuju memanjat gedung setelah dijanjikan imbalan uang $500. Atraksi tersebut dipublikasikan dengan luas. Keesokan harinya, orang sudah berkerumun untuk menonton.

Seorang pemabuk memperlihatkan berita surat kabar tentang atraksi memanjat gedung kepada polisi yang pernah didorong oleh Bill hingga jatuh. Polisi itu menunggu kedatangan Bill untuk memberi pelajaran kepadanya. Bill tidak berani keluar untuk memanjat, dan meminta Harold untuk memanjat hingga ke lantai dua. Bill berjanji untuk bertukar peran dengan Harold di lantai dua. Keduanya sepakat untuk bertukar mantel dan topi di lantai dua. Setelah Harold mulai memanjat, polisi memergoki Bill, dan mengejarnya ke dalam gedung. Setiap kali Harold berusaha bertukar peran dengan Bill, polisi muncul dan Bill dikejar-kejar. Setiap kali pula, Bill mengajak Harold untuk bertemu di lantai berikutnya. Pada akhirnya, Harold sampai juga di puncak, meski mendapat kesulitan dari jam besar dan burung-burung merpati lapar. Ia mencium Mildred yang tetap percaya kalau Harold adalah manajer toko De Vore.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Harold Lloyd sebagai pria (Harold Lloyd)
  • Mildred Davis sebagai wanita (Mildred)
  • Bill Strother sebagai sahabat Harold ("Limpy" Bill)
  • Noah Young sebagai The Law
  • Westcott Clarke sebagai The Floorwalker (Mr. Stubbs)
  • Robin Faradawn sebagai The Baby (Deleted Scene)

Penerimaan dan warisan[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat penilaian baik dari New York Times.[1] Pada tahun 1994, Perpustakaan Kongres Amerika Serikat memasukkan Safety Last! ke dalam National Film Registry.

American Film Institute mencalonkan film ini dalam daftar tahun 1998 dan tahun 2007 untuk 100 film terbaik selama 100 tahun AFI's 100 Years...100 Movies. Film ini juga masuk nominasi AFI's 100 Years...100 Laughs, dan berada di urutan #97 pada AFI's 100 Years...100 Thrills.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Screen", New York Times, April 2, 1923

Pranala luar[sunting | sunting sumber]