Pangkalan Marinir Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangkalan Marinir Surabaya
Berkas:Lambang Lanmar Surabaya.png
Lambang Lanmar Surabaya
Dibentuk29 November 1966
NegaraIndonesia
Cabang TNI Angkatan Laut
Tipe unitPangkalan
Bagian dariKorps Marinir
JulukanLanmar Sby
MotoBhakti Tanpa Pamrih
Ulang tahun29 November
Situs webwww.marinir.mil.id
Tokoh
KomandanKolonel Mar. Idi Rizaldi, S.E.
WadanLetkol. Mar Abdul Barri

Pangkalan Korps Marinir Surabaya atau Lanmar Surabaya adalah Pangkalan yang bermarkas di Jl. Opak No.9 Surabaya[1] dan dibawah Komando Komandan Korps Marinir dan Mempunyai tugas pokok memberikan dukungan dan pelayanan dalam mewujudkan kesiapan operasional satuan di wilayahnya, melaksanakan fungsi pelayanan antara lain Pemeliharaan Alat Utama, Menyiapkan Perbekalan Satuan yang Akan Melaksanakan Tugas Operasi, Pelayanan Jasa Kontruksi, Rehabilitasi Personil, Pembinaan Daerah Potensi Maritim, dan Satuan Korps Musik.[2]

Markas Komando Lanmar Surabaya kini terletak di Jl. Opak Surabaya, Satuan Ini dipimpin oleh pamen berpangkat Kolonel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pangkalan Korps Marinir Surabaya (Lanmar Surabaya) didirikan pada 29 November 1966. Berdasarkan surat Panglima KKO AL No, 6402.3 tanggal 23 November 1966 ditetapkan adannya Komando Pelaksana Wilayah Timur (Kowiltim). sebagai salah satu komando pelaksana Korps Komando TNI AL yang bermarkas di Jl. Gubeng Raya no.70 Surabaya. Sejak lahirnya sampai sekarang Lanmar Surabaya beberapa kali mengalai pergantian nama yaitu. Kowiltim/Komando Wilayah Timur, Pangkalan KKO AL Surabaya, Dominlogmar Surabaya, sampai akhirnya Lanmar Suarabaya berdasarkan surat keputusan dankormar no. Skep/124/IX/1993 tanggal 18 September 1993 ditetapkan hari jadi Pangkalan Korps Marinir Surabaya adalah tanggal 29 November 1966.

Sebagai salahsatu komando pelaksana Korps Marinir, Lanmar Surabaya mengemban tugas pokok melaksanakan kegiatandukungan logistik dan pembekalan awal bagi satuan/unsur Korps Marinir wilayah timur. Dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut Lanmar Surabaya menyelenggarakan fungsi-fungsi, yaitu menyusun kebutuhan termasuk sarana dan prasana, menyusun rencana dan program pembinaan administrasi dan logistik dan melaksanakan pembinaan dukungan logistik bagi unsur-unsur operasional Kormar di wilayah timur, pemeliharaan alat utama Kormar, pembekalan awal berupa bekal umum, logistik cair, dan amunisi bagi satuan yang akan operasi, pelayanan jasa meliputi kontruksi, instalasi, dan angkutan pembinaan fasilitas pangkalan peralatan personil, pemeliharaan dan perbaikan fasilitias perbekalan, melaksanakan Binpotmar (Pembinaan Potensi Maritim), melaksanakan Dukkes dan Yankes KBA Korps Marinir wilayah timur.

Satuan[sunting | sunting sumber]

  • Detasemen Angkutan (Denang)[3]
  • Detasemen Perbekalan (Denbek)
  • Detasemen Pemeliharaan (Denhar)
  • Detasemen Musik (Densik)
  • Detasemen Perawatan Umum (Denwatpum)
  • Detasemen Pekerjaan Umum (Denpum)
  • Rumah Sakit Marinir Ewa Pangalila
  • Kompi Markas Pangkalan Marinir Surabaya

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mako Pangkalan Marinir"
  2. ^ "Komando Pangkalan Marinir"
  3. ^ ""Sertijab di LAnmar Surabaya"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-02. Diakses tanggal 2014-04-30.