Panggang Geleng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Panggang geleng adalah makanan berupa ikan goreng tanpa tulang dan diganti dengan kentang dan berasal dari daerah Sibolga, Sumatera Utara. Hidangan ini disajikan bersama sepiring kecil potongan cabai, bawang merah dan tomat. Selanjutnya, ikan dan kentang tersebut dimasak dengan bahan lain seperti telur sebelum digoreng untuk menambah rasa renyah dan garing saat dimakan.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Ikan yang biasanya digunakan adalah jenis ikan kembung dan bumbu yang terdiri dari lada hitam, garam, ketumbar, kelapa parut, pala serta minyak untuk menggoreng. Sedangkan rempah yang digunakan adalah cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit dan kelapa yang sudah diparut. Bumbu tersebut diaduk rata di antara badan ikan, setelah itu ikan berbumbu dimasukkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan panggang geleng adalah ketika mencabut duri ikannya dan diperlukan kesabaran untuk membuat hidangan ini.

Penggunaan ikan kembung sebagai bahan utamanya, dikarenakan wilayah geografis Sibolga yang berada di pesisir laut, sehingga berpengaruh terhadap kulinernya juga. Kemudahan mendapatkan ikan kembung membuat warga disana menyesuaikan kulinernya dan diturunkan dari generasi ke generasi.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Resep panggang geleng

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ramuan rempah khas panggang geleng Sibolga". myedisi.com. Diakses tanggal 2022-07-07.