Pangako Sa 'Yo (seri TV 2015)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pangako Sa 'Yo
Berkas:Pangakosayo2015-titlecard.jpg
Judul lain'The Promise
(Janjiku)
GenreRomansa
Melodrama
PembuatOlivia M. Lamasan
Henry King Quitain
Diangkat dariPangako Sa 'Yo (2000–2002)
PerancangMalou N. Santos
Des M. de Guzman
PengarangGeneriza Reyes
Ceres Helga Barrios
Adam Cornelius Asin
SutradaraRory B. Quintos
Dado C. Lumibao
Olivia M. Lamasan
Cathy Garcia-Molina
Richard I. Arellano
Mae Cruz-Alviar
Richard Somes
Will Fredo
PemeranKathryn Bernardo
Daniel Padilla
Jodi Sta. Maria
Angelica Panganiban
Ian Veneracion
NaratorJodi Santamaria sebagai Amor de Jesus
Lagu pembukaPangako Sa 'Yo
oleh Vina Morales
PenggubahRey Valera
NegaraFilipina
BahasaFilipino, Inggris
Jumlah musim2
Jumlah episode190
Produksi
Produser eksekutifKristine P. Sioson
Sabrina Kristine M. Prince
ProduserMyleen H. Ongkiko
LokasiFilipina
PenyuntingRommel Malimban
Froilan Francia
Durasi30-45 menit
Rumah produksiStar Creatives
Rilis
Jaringan penyiarABS-CBN
Format visual480i SDTV
1080i HDTV
Tanggal rilis25 Mei 2015 (2015-5-25) –
12 Februari 2016 (2016-2-12)
Pranala luar
Situs web

Pangako Sa 'Yo (bahasa Inggris: The Promise; terjemahan harfiah: "Ini yang Aku Janjikan Kepadamu") adalah serial televisi romansa melodrama Filipina tahun 2015 yang didasarkan pada sinetron Filipina tahun 2000 yang berjudul sama. Serial ini dibintangi oleh Kathryn Bernardo, Daniel Padilla[1], Jodi Sta. Maria, Angelica Panganiban, dan Ian Veneracion, disutradarai oleh Rory Quintos, Dado Lumibao dan Olivia Lumasan.[2][3][4] Serial ini ditayangkan di Filipina oleh ABS-CBN dan secara Internasional oleh The Filipino Channel (TFC) dari tanggal 25 Mei 2015 sampai 12 Februari 2016, digantikan oleh serial Forevermore.

Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh MNCTV mulai tanggal 21 November 2016 sampai dengan 13 Januari 2017 setiap hari pukul 20:00 WIB.[5] Digantikan oleh "Untuk Selamanya". Karena permintaan pemirsa, sebelum tamat, serial ini sudah kembali ditayangkan tanggal 12 Januari 2017 setiap hari Senin - Jumat Pukul 14:40 WIB.[6]


Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Cerita bermula dari Amor de Jesus (Jodi Sta. Maria), seorang mahasiswa keperawatan yang bermimpi menjadi seorang juru masak. Dia adalah penerima beasiswa Buena Mines, perusahaan milik keluarga Buenavista, di kota Punta Verde. Untuk membantu keluarga dia menjual makanan hasil masakannya sendiri. Dia sering menjual makanan di kantor Buena Mines, dimana Eduardo Buenavista (Ian Veneracion) anak tertua Buenavista bekerja. Awalnya Amor berteman dengan Diego (Bernard Palanca), Diego mulai menyukainya sementara Amor mulai menyukai Eduardo. Amor-Eduardo menjadi sepasang kekasih, Ibu Eduardo, Doña Benita Buenavista menolak hubungan keduanya. Dia memaksa Eduardo menikahi Claudia Salameda (Angelica Panganiban), anak dari isteri simpanan gubernur Punta Verde untuk menyelamatkan bisnis keluarga. Eduardo menolak, Claudia kecewa dan bermalam dengan kekasihnya Simon – di sisi lain Eduardo & Amor pun melakukan hal yang sama.

Namun pertunangan Eduardo dan Claudia tetap dilangsungkan. Amor sakit hati, tetapi Diego selalu membantunya. Suatu hari Diego mabuk dan memperkosanya. Claudia melihat semua itu namun tidak menghentikannya. Diego masuk penjara, tetapi diperintahkan oleh ibunya untuk tidak memberitahu hal yang sebenarnya pada Eduardo. Pada hari pertunangannya Eduardo berusaha meminta maaf pada Amor namun sudah terlambat, karena Amor dan keluarga sudah diusir oleh ibunya.

Amor sekeluarga pindah ke Talimpaw, di sana dia mengandung dan melahirkan seorang anak yang diberi nama Maria Amor. Dia meninggalkan Maria Amor bersama keluarganya, sementara di menjadi Tenaga Kerja Wanita ke Hongkong.

Perusahaan Buenavista dipimpin oleh Claudia Buenavista, melebarkan sayap ke Talimpaw, dia mengabaikan AMDAL sehingga menyebabkan terjadinya bencana longsor yang mengakibatkan seluruh keluarga Amor menjadi korban-kecuali putrinya yang berhasil diselamatkan oleh polisi bernama Francisco Macaspac (Ronnie Lazaro). Maria Amor diangkat sebagai anak dan diberinama 'Yna' setelah melihat kalung rusak miliknya - 'Yna", aslinya bertuliskan 'Ynamorata', sebuah hadiah janji dari Eduardo untuk Amor.

Sepuluh tahun kemudian, Maria Amor - Yna Macaspac - (Kathryn Bernardo), tumbuh menjadi seorang gadis yang baik hati dan pekerja keras sama seperti ibunya. Eduardo menjadi gubernur Punta Verde dan bersama Claudia memiliki dua orang anak: Angelo (Daniel Padilla) dan Lia (Andrea Brillantes).

Angelo seorang pemuda yang tampan, baik hati, dan tulus. Namun karena kecewa dengan kelakuan Eduardo yang sering keluar dengan wanita lain - yang ternyata semuanya mirip dengan Amor – diapun menjadi anak nakal. Sampai dia bertemu Jasper yang memperkenalkannya dengan dunia masak. Ketika Jasper meninggal di penjara setelah terlibat tawuran. Angelo pindah ke Amerika.

Ketika kembali ke Filipina, Takdir mempertemukannya dengan Yna, yang menyelamatkannya di sungai. Namun karenanya Yna kehilangan kalung ‘’Ynamorata’’ satu-satunya identitas yang tersisa. Sementara itu Angelo berniat melanjutkan sekolah sebagai juru masak, Ibunya setuju namun di balik itu dia meminta Eduardo memberi syarat yang sulit kepada Angelo. Angelo diberi tanggung jawab mengurus restauran keluarga yang hampir bangkrut, ‘’Casa Corazon’’.

Sama seperti ibunya, Yna sangat berbakat memasak, dan bekerja sebagai juru masak di restauran Angelo. Awalnya karena kedekatan Yna dengan Eduardo, Angelo mengira dia adalah selingkuhan ayahnya, tetapi kesalah pahaman ini berakhir bahkan Yna dan Angelo semakin dekat. Yna membantu Angelo memperbaiki hubungannya dengan Eduardo. Dia juga membantunya meminta maaf kepada keluarga Jasper. Angelo kian menyadari perasaannya pada Yna. Awalnya Yna menolak namun setelah Angelo tertusuk pisau oleh Caloy (kakak angkat Yna) -atas suruhan Claudia-, Yna pun menerima Angelo. Claudia berusaha merusak hubungan mereka melalui Bea Bianca, adik Jasper. Rencana Claudia berhasil.

Sementara itu, Amor kembali ke Filipina dari Amerika sebagai Amor Powers pemilik Power Mart. Amor kembali untuk balas dendam kepada keluarga Buenavista.[7] Claudia masuk dalam jebakan Amor. Buena Corp. pun bekerja sama dengan Power Mart. Dalam prosesnya Claudia malah membuat Amor dan Eduardo semakin dekat. Amor mulai merasakan ketulusan Eduardo dan ingin membatalkan balas dendamnya, tetapi Mark memutar balikkan fakta sehingga Amor sangat marah kepada Eduardo. Dia membuat Eduardo gagal menjadi gubernur karena kasus hukum dan masuk penjara, sementara Buena Corp. bangkrut, seluruh harta Buenavista disita, Claudia meninggal dalam kecelakaan. Lia yang tak bisa menerima keadaan mengalami kecelakaan. Karena semua hal yang terjadi secara bersamaan, Angelo yang hendaak ke Rumah Sakit mengunjungi Lia pingsan di tengah jalan, di sinilah dia bertemu dengan Pak Greggy.

Sementara itu Ibu Belen tidak suka melihat Yna setelah kematian Caloy dan memintanya pergi. Yna bersama David pergi ke Amerika mengambil beasiswa memasak.

Dua tahun kemudian, Angelo dan Lia tinggal di rumah Pak Greggy, bersama Kabayan dan Monay isterinya dan musuh bebuyutan bernama Joy. Angelo kini berubah menjadi pribadi yang lebih ceria, selalu berpikiran positif dan semakin dewasa. Sementara Yna kian elegan, terpelajar dan terpandang. Dia telah menyelesaikan sekolah memasak dan kian dekat dengan David.

Angelo membantu pak Greggy menjalankan usaha toko Kue-nya. Namun karena masalah hutang, toko tersebut akan disita oleh Bank. Saat berusaha menemukan investor Angelo malah bertemu Yna yang tertarik dengan cup cake jeruk nipis buatannya. Yna mengajukan kerja sama, tetapi setelah melihat Angelo, Yna dan David membatalkan kontrak tersebut. Namun karena terpojok, Angelo kembali menemui David dan memohon supaya kerja sama itu berlangsung, David setuju dengan syarat Angelo tak menganggu Yna.

Angelo menepati janji, dia membuat kue di tempat pak Greggy, sementara Kabayan yang mengantarkannya ke "Kus Yna". Namun hal tersebut tak berlangsung lama. Karena suatu hari saat mengantarkan kue buatannya Angelo menjatuhkan semuanya dari sepeda. Hal ini membuat koki utama di Kus Yna meminta dia membuat kue di dapur kafe. Angelo & Yna memasak di tempat yang sama dalam keadaan canggung. Angelo cemburu melihat kedekatan Yna dan David dan menarik Joy dalam hubungan mereka. Giliran Yna yang cemburu. Hubungan mereka kian dekat setelah melakukan perjalanan sehari semalam untuk urusan bisnis.

Sementara itu karena berkelakukan baik selama di penjara Eduardo mendapatkan grasi dari Presiden dan dibebaskan lebih awal dari penjara. Begitu mendengar kabar tersebut, Amor yang telah mengetahui kebenaran Eduardo langsung kembali ke Filipina. Eduardo melamar pekerjaan ke Power Mart, tetapi ditolak. Eduardo menemui Amor dan akhirnya Amor menerimanya sebagai pegawai. Hubungan mereka berlanjut.

Di sisi lain, Claudia ternyata masih hidup namun mengalami amnesia - menjadi Greta - isteri Simon. Mereka hidup bahagia meski dalam kondisi miskin. Sampai suatu ketika Claudia melihat Amor & Eduardo, dia mulai mengingat sesuatu. Dalam perjalanan menemui teman yang membutuhkan bantuan, kepalanya terbentur dan ingatannya kembali.

Eduardo melamar Amor, dan mereka memutuskan untuk menikah atas persetujuan Angelo, David, kecuali Lia. Kabar ini sampai kepada Claudia. Pernikahan berlangsung khidmat, sampai saat Claudia membuka mulut, dengan wajah polos memuji pernikahan mereka, Lia menoleh ke arah tersebut dan berteriak, "Ibu". Pernikahan seketika kacau. Claudia kembali dengan berpura-pura kehilangan ingatan.

David sekarat, Amor meminta Yna membantunya, Yna dan David berpacaran. Hal ini menyakiti hati Angelo, tetapi Angelo berusaha ikhlas. Sampai suatu ketika dia melihat David memperlakukan Yna dengan kasar. Diapun berusaha mengibur Yna, saat itu Yna justru memahami perasaannya dan memutuskan kembali kepada Angelo. Di sisi lain, David yang sekarat, menyadari kesalahannya dan meminta Angelo & Yna bersatu.

Claudia mengetahui identitas Maria Amor dari teman yang selama ini dibantunya. Wanita itu ternyata adalah tetangga Amor, Ibu dari anak yang meninggal dalam dekapan Ibu Amor saat tragedi Talimpaw, satu-satunya orang yang mengetahui Maria Amor masih hidup. Amor memberikan David foto anaknya. Di saat yang sama Yna memberikannya album foto berisi kenangan mereka sejak kecil sampai dewasa. David mengenali Maria Amor kecil. David berusaha menelepon Amor tapi Claudia tidak membiarkannya begitu saja. Kematian David tak terhindarkan. Claudia pergi dengan mengenakan pakaian suster.

Claudia yang tak menyukai hubungan Angelo & Yna berusaha membuat Amor membenci Yna. Amor terhasut dan membenci Yna. Sementara itu Yna dengan bantuan Angelo menemukan bukti CCTV yang diserahkan kepada Amor, tetapi malah membuatnya semakin Marah. Demi menghibur Yna, Angelo membawanya pergi ke rumah kakk Kabayan. Saat makan ikan di restauran Kabayan menemukan kalung ‘’Ynamorata’’. Angelo melamar Yna mereka berdua melangsungkan pernikahan secara sederhana dengan bantuan Ibu Monay.

Sementara itu Amor yang merasa bersalah mencari Yna ke rumahnya namun justru mengetahui bahwa dia adalah Maria Amor, anaknya. Dan bergegas menghentikan pernikahan Angelo & Yna karena mereka adalah saudara seayah. Pernikahan batal, Yna di bawa Amor. Sementara Angelo sangat terpuruk duduk di atas sampai dikira nekat bunuh diri. Pak Greggy dan keluarga barunya berusaha menghibur Angelo dan berhasil.

Angelo kian mencurigai gelagat Claudia, dan menemui Simon. Bentrokan tak terhindarkan, Claudia datang, menghentikan Simon memukuli Angelo dengan memberi tahukan bahwa Angelo adalah anak kandungnya sendiri. Angelo pergi ke rumah Amor & Yna. Simon yang bersalah memberitahukan semua kejahatan Claudia kepada Angelo. Tak lama polisi menemukan bukti CCTV, Amor mengenali Claudia! Claudia ditangkap Polisi, tetapi berhasil kabur dengan bantuan Mark. Dia menyekap Amor dan Yna di Punta Verde kemudian mengirim pesan perpisahan kepada Angelo dan Eduardo. Berkat bantuan Simon, Angelo menemukan lokasi penyekapan dan menyelamatkan keduanya. Ketika hendak pergi, Claudia menghentikan mereka dengan pistol di tangan. Namun dengan kasih sayang Angelo berhasil meyakinkan ibunya untuk menyadari kesalahannya. Namun Mark datang menembak Angelo, Claudia langsung balas menembak Mark. Semua panik menyelamatkan Angelo, tak melihat Mark bangkit dan menembak Angelo, tetapi Claudia mengorbankan dirinya.

Angelo selamat, Claudia juga. Claudia yang sudah bertaubat menerima hukumannya, sementara Angelo & Yna menikah, bersama Amor & Eduardo mereka hidup bahagia.

Pemeran dan karakter[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran pendukung dan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Amy Austria-Ventura sebagai Belen Macaspac (Musim 1-2)
  • Ronnie Lazaro sebagai Francisco "Isko" Macaspac (Musim 1-2)
  • Andrea Brillantes sebagai Lia Buenavista (Musim 1-2)
  • Tirso Cruz III sebagai Gregorio "Greggy" Noble (Musim 2)
  • Juan Karlos Labajo sebagai Vincent "Amboy" Mobido (Musim 1-2)
  • Grae Fernandez sebagai Jonathan "Egoy" Mobido (Musim 1)
  • Sue Ramirez sebagai Joy "Ligaya" Miranda (Musim 2)
  • Diego Loyzaga sebagai David San Luis / David Powers (Musim 1-2)
  • Dominic Roque sebagai Mark Delgado (Musim 1-2)
  • Bayani Agbayani sebagai Bronson "Kabayan" (Musim 2)
  • Mickey Ferriols sebagai Monay (Musim 2)
  • Kristel Fulgar sebagai Ichu Miranda (Musim 2)
  • Carla Martinez sebagai Leonora Villamejia-Salameda (Musim 1)
  • Bernard Palanca sebagai Anton Diego Buenavista (Musim 1)
  • Joem Bascon sebagai Caloy Macaspac (Musim 1)
  • Alex Medina sebagai Simon Barcial (Musim 1-2)
  • Jan Marini sebagai Lourdes Magbanua / Lourdes Abad (Musim 1)
  • Sunshine Garcia sebagai Julieta Macaspac (Musim 1)
  • Erika Padilla sebagai Betty Mae Verseles (Musim 1-2)
  • Thou Reyes sebagai Takong (Musim 1-2)
  • Niña Dolino sebagai Roma Christie (Musim 1)
  • Angelu Alayon sebagai Red Macaspac (Musim 1-2)
  • Arlene Muhlach sebagai Chef Jen (Musim 1)
  • Lou Veloso sebagai Sous Chef Tony (Musim 1)
  • Lollie Mara sebagai Yaya Pacita (Musim 1)
  • Alexander Diaz sebagai Miguel Ramirez (Musim 1-2)
  • Pamu Pamorada sebagai Kim (Musim 1)
  • Vivieka Ravanes sebagai Alta (Musim 1)
  • DJ Jhai Ho sebagai Coring (Musim 1-2)
  • BJ Forbes sebagai Adam (Musim 1)
  • Daniel Ombao sebagai Lloyd (Musim 1)
  • Jeffrey Tam sebagai Mang Gabby (Musim 1)
  • Manuel "Ku" Aquino sebagai Antonio Macaspac (Musim 1)
  • Richard Quan sebagai Wakil Gubernur Theodore "Teddy" Boborol (Musim 1)
  • Sarah Carlos sebagai Bea Bianca Bejerrano (Musim 1)
  • Kyline Alcantara sebagai Jessa Boborol (Musim 1)
  • Clarence Delgado sebagai Bubwit (Musim 2)
  • Patrick Sugui sebagai Lloyd Garcia (Musim 2)
  • Angel Sy sebagai Sophia (Musim 2)
  • Ayla Mendero sebagai Patty (Musim 2)
  • Samantha Colet sebagai Zoe (Musim 2)
  • Kristine Sablan sebagai Daphne (Musim 2)
  • Rubi Rubi sebagai Irma Marandanan (Musim 2)
  • Christian Lloyd Garcia sebagai Christian (Musim 2)

Pemeran partisipasi spesial[sunting | sunting sumber]

  • Pilar Pilapil sebagai Doña Benita Buenavista
  • Sylvia Sanchez sebagai Krystal Toleda
  • Boboy Garovillo sebagai Pepe de Jesus
  • Sharmaine Suarez sebagai Chayong de Jesus
  • Leo Rialp sebagai Enrique Salameda
  • Jong Cuenco sebagai Tuan Castro
  • Anna Feo sebagai Sous Chef Linda
  • Mimi Orara sebagai Chef Gina
  • Jess Mendoza sebagai Lester de Jesus
  • Kimberly Fulgar sebagai Neneth de Jesus
  • Khalil Ramos sebagai Jasper Bejerrano
  • Sandy Andolong sebagai Myrna de Jesus
  • Bubbles Paraiso sebagai Natalie
  • Manny Castañeda sebagai Mang Candy
  • Minco Fabregas sebagai Parish Priest
  • Odette Khan sebagai Gloria Bejerrano
  • Pinky Marquez sebagai Puring Bejerrano
  • Cherry Lou sebagai Chef Shiela
  • Dante Ponce sebagai Christian Cristobal
  • Franco Daza sebagai Andrew Garcia
  • Emmanuelle Vera sebagai Chelsea
  • Helga Krapf sebagai Marga
  • Young JV sebagai Tony
  • Toby Alejar sebagai Siegfried Garcia
  • Maria Isabel Lopez sebagai Isabel Miranda
  • Daisy Reyes sebagai Pengacara Hazel Santiago
  • Matet de Leon sebagai Chef Sam
  • Jerome Ponce sebagai Charles

Perbedaan dengan versi sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Versi Asli Dibuat Ulang
Yna adalah seorang asisten rumah tangga di kediaman keluarga Buenavista, dimana Angelo tinggal. Kemudian, Yna menjadi sekertaris Amor Powers lalu menjadi model di Musim 1 dan DJ di Musim 2. Yna awalnya bekerja menjadi asisten juru masak di Restoran Casa Corazon. Kemudian Yna bertemu Amor, yang membantunya dan mengirimnya kuliah ke luar negeri. Saat dia kembali, Yna menjadi salah satu pemilik restoran dimana Angelo bekerja sebagai pembuat roti.
Claudia adalah seorang pewaris tahta keluarga Salameda yang kaya yang dinikahkan dengan Eduardo Buenavista, diperankan oleh Tonton Gutierrez. Claudia merupakan gadis miskin dan tidak sopan yang berubah menjadi wanita kaya dan ambisius. Dia bermimpi untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik, itulah sebabnya dia meraih kesempatan untuk menikah dengan Eduardo.
Diego adalah anak angkat dari keluarga Buenavista. Diego adalah anak kandung dari keluarga Buenavista.
Amor marah dan memaki-maki keluarga Buenavista di Tempat Pembuangan Akhir Payatas. Tanah longsor yang terjadi membuatnya percaya anaknya terkubur hidup-hidup. Amor sangat terpukul dan marah ketika mengetahui seluruh keluarga dan putrinya Maria Amor meninggal dalam kejadian gempa bumi/tanah longsor.
Chayong adalah ibu kandung Amor dan juga nenek Yna. Chayong sekarang adalah ibu tiri Amor dalam serial ini, tapi Myrna adalah ibu kandungnya (dalam sebuah foto).
"Ynamorata" merupakan nama dari gelang milik Maria Amor ketika dia selamat dan ditemukan oleh keluarga Macaspac. "Ynamorata" merupakan nama dari kalung milik Maria Amor yang patah ketika Isko menemukannya.
Bea Bianca (kemudian menjadi Elektrika Powers) diperankan oleh Vanessa del Bianco. Dia merupakan anak perempuan dari suami terdahulu Amor, James. Bea Bianca Bejerrano merupakan adik dari sahabat terbaik Angelo, Jasper.
Claudia diyakini meninggal setelah helikopter yang ditumpanginya tiba-tiba meledak. Claudia diyakini meninggal ketika kecelakaan mobil yang ditumpanginya bersama dengan Caloy dan Diego.
Selain Angelo dan David, ada dua pemuda lagi yang mencintai Yna, yaitu Dino (Alfred Vargas) dan Ruel (Dennis Trillo) David merupakan satu-satunya saingan Angelo untuk mendapatkan hati Yna.
David adalah tetangga sekaligus teman kecil Yna. David merupakan anak angkat Amor.
David menghilang di Musim 1 ketika ia menawarkan pekerjaannya sebagai seorang pelaut. David dibunuh oleh Claudia.
Mata Julieta sebelah kiri ditikam oleh Claudia. Mata Julieta normal.
Yna memiliki adik perempuan bernama Flerida (Hazel Ann Mendoza) Yna memiliki adik laki-laki bernama Red.
Peran Felicity Banks, Tony Banks, Dyno dan Edelweiss diperkenalkan pada Musim 2. Peran Monay, Ligaya, Ichu, Kabayan dan Pak Greggy diperkenalkan pada Musim 2.
Clarissa (Dianne dela Fuente) adalah penipu Maria Amor. Tidak ada karakter penipu.
Diego merupakan ayah kandung Angelo sementara Clarissa adalah anak kandung dari Claudia dan Simon. Simon merupakan ayah kandung Angelo.
Lourdes menikah dengan Diego. Lourdes tidak menikah pada serial ini.
Angelo menderita amnesia setelah dia dan Felicity Banks mengalami kecelakaan mobil. Claudia mengalami amnesia setelah kecelakaan mobilnya.
Jonathan merupakan anak tunggal. Jonathan memiliki adik bernama Vincent "Amboy".
Jonathan dan Lia menikah dan memiliki seorang anak. Jonathan masuk seminari (Pendidikan bagi calon Rohaniawan Kristen). Dan Lia serta Vincent "Amboy" kembali bersama.
Lia mengalami kanker dan meninggal di akhir cerita. Lia tidak mengalami kanker.
Diego menjadi gubernur Punta Verde. Diego dibunuh oleh Claudia.
Isko diculik dan dibunuh oleh suruhan Claudia. Isko tetap hidup ketika episode terakhir.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

  • Pangako Sa 'Yo - Vina Morales
  • Panaginip - Juris Fernandez
  • Nag-Iisa Lang - Juris

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

  • Bendera Filipina Rating di Filipina
KANTAR MEDIA NATIONAL TV RATINGS
(8:30 PM PST)
EPISODE PERDANA EPISODE TERAKHIR PUNCAK RATA-RATA
34.0%[8]
44.5%[9]
44.5%
33.9%[a][10][11]
  • Catatan
  1. ^ rating rata-rata 34,3% tahun 2015 dan 33.5% tahun2016.
  • Bendera Indonesia Rating di Indonesia
ThE NIELSEN COMPANY INDONESIA
(20.00 - 22.00 WIB)
EPISODE PERDANA EPISODE TERAKHIR PUNCAK RATA-RATA
1,2[12]
3,8[13]
3,8[14]
TBA

Pangako Sa 'Yo meraih rating tertinggi di jam tayangnya. Pada saat musim kampanye Presiden Filipina, Tim kampanye Duterte sengaja memangkas waktu orasi karena khawatir masyarakat pulang sebelum waktu orasi habis untuk menyaksikan sinetron ini.[15] Pakaian-pakaian yang dikenakan oleh Amor dan Claudia banyak diburu oleh masyarakat Filipina dan dijual sebagai koleksi bermerek untuk kalangan atas.[16]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Katrina Stuat Santiago dari The Manila Times memuji penulis sinetron ini dan menambahkan, "Bisa dikatakan para pemirsa tak sabar untuk menanti apa saja yang akan terjadi di Pangako Sa ‘Yo ini, dan begitu pula bagi yang benar-benar mengikuti versi asli tahun 2000."[17]

Rilis Internasional[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, episode perdana Pangako Sa'Yo hanya meraih TVR 1,2 dan TVS 5,1. Meski demikian, Pangako Sayo justru lebih unggul dari sinetron MNCTV.[18] Perlahan Pangako Sa'Yo menunjukkan peningkatan rating, berdasakan data Upper Middle 11 Kota The Nielsen Company Indonesia, serial Pangako Sa'yo Rabu 1 Januari 2016 berhasil mengungguli sinetron milik SCTV, Surga yang Kedua, Naila dan Nongkrong di Warung Kopi dengan TVR 1,8 dan TVS 7,7%.[19] Sementara menjelang akhir penayangannya hari Rabu 11 Januari 2017 Pangako Sa'Yo meraih TVR 2,9 dan TVS 11,9 sekaligus menjadi acara nomor 1 MNCTV.[20][21] Episode terakhir Pangako Sa'Yo yang hanya tayang selama 1 jam dan berlangsung bersamaan dengan debat pilkada berhasil menduduki peringkat 5 dengan TVR 3.8 dan TVS 14.7%.[22]

Panditio Rayendra dari Tabloid Bintang menulis "Ada dua daya tarik Pangako Sa’Yo: chemistry Angelo dan Yna serta cerita yang penuh kelok.[23]


Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref.
2015 1st GIC Innovation Awards for Television Aktris Paling Inovatif Jodi Sta. Maria Nominasi [24][25]
29th PMPC Star Awards for Television Aktor Drama Terbaik Daniel Padilla Nominasi [26]
Aktris Drama Terbaik Angelica Panganiban Nominasi
Jodi Sta. Maria Nominasi
Aktor Pendukung Terbaik Ronnie Lazaro Nominasi
Aktris Pendukung Terbaik Amy Austria-Ventura Nominasi
1st RAWR Awards TV Show of the Year Pangako Sa 'Yo Nominasi [27][28]
Selebriti Tahun Ini (Pria) Daniel Padilla Menang
Selebriti Tahun Ini (Wanita) Kathryn Bernardo Menang
Karakter Tahun Ini
(sebagai Amor Powers)
Jodi Sta. Maria Nominasi
Karakter Tahun Ini
(sebagai Claudia Buenavista)
Angelica Panganiban Nominasi
QOTY (Quote of the Year)
"Matitikman ninyo ang batas ng isang api!" – Amor Powers
Jodi Sta. Maria Nominasi
6th TV Series Craze Awards Pemeran Utama Wanita Tahun Ini Jodi Sta. Maria Menang [29]
Pemeran Utama Pria Tahun Ini Ian Veneracion Menang [30]
2016 2016 Gawad Tanglaw Awards Penampilan Terbaik Aktris (serial TV) Jodi Sta. Maria Menang [31]
2016 International Emmy Awards Aktris Terbaik Jodi Sta. Maria Nominasi [32]
PUSH Award Penampilan TV Populer Jodi Sta. Maria dan Angelica Panganiban Nominasi [33]
2nd RAWR Awards Acara TV Tahun Ini Pangako Sa 'Yo Menang [34]


Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]


Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Di Indonesia Pangako Sa'Yo berjumlah 100 episode sesuai dengan jumlah episode yag disediakan oleh distributor Filipina untuk keperluan penayangan di luar negeri

[36]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pangako Sa'Yo remake stars Daniel Padilla and Kathryn Bernardo". Filipino Journal (Vol. 28 No. 23). Diarsipkan dari versi asli tanggal February 8, 2015. 
  2. ^ ABSCBN Entertainment (2 Desember 2014). "PANGAKO SA'YO Teaser Trailer: Soon on ABS-CBN!". ABSCBN Entertainment. YouTube. Diakses tanggal 18 Maret 2015. (Inggris)
  3. ^ "Jodi is Amor, Angelica is Claudia in 'Pangako Sa 'Yo' remake". ABS-CBN News. 2 Desember 2014. Diakses tanggal 18 Maret 2015.  (Inggris)
  4. ^ "WATCH: Jodi and Kathryn as mother and daughter". ABS-CBN News. 12 Maret 2015. Diakses tanggal 11 Mei 2015. (Inggris)
  5. ^ Utami, Hermina (16 November 2016).MNCTV RILIS JADWAL TAYANG 'PANGAKO SA'YO' DAN 'ON THE WINGS OF LOVE'. Media.Iyaa. Diakses tanggal 10 Desember 2016.
  6. ^ Arya, Putri (12 Januari 2017). "ASYIK, MNC TV TAYANGKAN ULANG 'PANGAKO SA'YO (JANJIKU)' DARI AWAL". media.iyaa.com. Diakses tanggal 14 Januari 2017.
  7. ^ ABS-CBNnews.com (8 Mei 2015). "Pangako Sa'Yo Remake: How Did It Fare?". Diakses tanggal 8 Mei 2015.  (Inggris)
  8. ^ NATIONAL TV RATINGS (Urban + Rural): May 22-25, 2015. ABS-CBN Social Media Newsroom. Retrieved 2015-05-26.
  9. ^ National TV ratings (17-22 August 2015): Pangako Sa’yo, On the Wings of Love, and Ningning hit all-time highs in TV ratings | The Voice Kids semi-finals tops Saturday programs. ABS-CBN Social Media Newsroom. Retrieved 2015-07-31.
  10. ^ "Most Watched TV Programs in 2016 (January to December in Urban and Rural homes) - LIONHEARTV". LionHeartTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2017. 
  11. ^ "Top 20 Most Watched TV Programs in 2015 - LIONHEARTV". LionHeartTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 21, 2016. 
  12. ^ Rayendra, Panditio (22 November 2016). "RATING REPORT: Serial Filipina Pangako Sayo dan On the Wings of Love". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 10 Desember 2016.
  13. ^ "Rating Jum'at 13 Januari 2017". Update Banget. Diakses tanggal 16 Januari 2017.
  14. ^ Lisiadi, Melgy (15 Januari 2017). "Tamat, Rating Pangako Sayo Janjiku Langsung Melesat". iyaa.com. Diakses tanggal 2017-02-28. 
  15. ^ Admin (February 17, 2016). "The time Duterte had to make way for KathNiel". Rappler. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 18, 2016. 
  16. ^ Admin (October 3, 2015). "Expat Guide: Understanding the Filipinos' Mushy Side". Philippine Primer. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 28, 2017. 
  17. ^ Santiago, Katrina Stuart (July 25, 2015). "'Pangako Sa 'Yo' redux - The Manila Times Online". The Manila Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 8, 2016. 
  18. ^ Rayendra, Panditio (22 November 2016). "RATING REPORT: Serial Filipina Pangako Sayo dan On the Wings of Love". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 10 Desember 2016.
  19. ^ Pradityo, Rully Novian (2 Desember 2016). "PERLAHAN TAPI PASTI, SERIAL FILIPINA MILIK MNC TV MULAI UNJUK GIGI". media.iyaa.com. Diakses tanggal 14 Januari 2017.
  20. ^ "Daily Rating UM-ALL, 11 Kota, Rabu, 11/01/2017 (By: Rating Sinetron FansPage)". @INDOTVTrends. Diakses tanggal 14 Januari 2017.
  21. ^ Terima kasih sudah menjadikan #PangakoSaYo sebagai Drama Asia pilihan nomor 1 di hati para pemirsa". @Official_MNCTV. Diakses tanggal 14 Januari 2017.
  22. ^ "Daily Rating UM-ALL, 11 Kota, Jum'at 13/01/2017". sinetron_indonesia. Diakses tanggal 14 Januari 2017.
  23. ^ Rayendra, Panditio (11 Desember 2016). "Pangako Sa'Yo, Chemistry dan Cerita yang Penuh Kelok". Tabloidbintang. 
  24. ^ 1st GlC Innovation Awards for Television complete list of winners. Lion Heart TV. Retrieved 2015-12-18.
  25. ^ Meanwhile, Jodi Sta. Maria was also recognized for her role as Amor Powers on “Pangako Sa ‘Yo.” Star Cinema. Diakses tanggal 14 Januari 2017. (Inggris)
  26. ^ "FULL LIST: Winners, 2015 PMPC Star Awards for TV". Rappler. Diakses tanggal 18 Desember 2015.  (Inggris)
  27. ^ Full List of Winners of the very first RAWR Awards 2015. Lion Heart TV. Diakses tanggal 18 Desember 2015.
  28. ^ KathNiel wins big in Rawr Awards. Push ABS-CBN. Retrieved 2015-12-18.
  29. ^ name http://www.tvseriescraze.com/2016/01/the-6th-tv-series-craze-awards-2015
  30. ^ [name http://www.tvseriescraze.com/2016/01/the-6th-tv-series-craze-awards-2015 "The 6th TV Series Craze Awards 2015">. TV Series Craze. Diakses tanggal 14 Januari 2017. (Inggris)
  31. ^ "2016 Anak TV Awards Winners". Gawad Tanglaw Award Winners'. Diakses tanggal 14 Januari 2017. (Inggris)
  32. ^ Regine Cabato (27 September 2016). "Jodi Sta. Maria nominated for an Emmy". CNN Filipina. 
  33. ^ "KathNiel, LizQuen lead 2016 PUSH Awards nominees". ABS CBN Newa. Diakses tanggal 14 Januari 2017. (Inggris)
  34. ^ Apple Ta-as (December 20th, 2016). LizQuen dominates RAWR Awards. cebudailynews. Diakses tanggal 14 Januari 2017. (Inggris)
  35. ^ KathNiel hablan Español ‘Pangako Sa’yo’ airs in Latin America. Manila Standard. Diakses tanggal 10 Desember 2016. (Inggris)
  36. ^ "Titles of ABS-CBN Teleseryes in Other Countries". Starmometer.Diakses tanggal 14 Januari 2017. (Inggris)


Pranala luar[sunting | sunting sumber]