Pandu Riono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pandu Riono adalah seorang dokter asal Indonesia. Ia merupakan Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia. Pandu Riono adalah staf senior di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Departemen Biostatistik dan Kependudukan Universitas Indonesia.

Pandu merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, dan menerima gelar Magister Biostatistik dari Universitas Pittsburgh. Ia mengkhususkan diri dalam pemodelan matematika HIV / AIDS, TB, IMS, HepB / C dan Jaringan Risiko Seksual untuk HIV dan IMS, serta Jaringan Risiko lain untuk Penyakit Menular yang Muncul. Minat ilmunya dalam Statistik Bayesian dan berurusan dengan masalah epidemiologi.

Pandu pernah menerima beberapa beasiswa untuk belajar dan menghadiri Konferensi Internasional tentang masalah Kesehatan Masyarakat. Ia adalah penerima Fogarty Fellowship untuk menyelesaikan PhD di UCLA pada 2001 dengan judul disertasi “Jaringan Seksual Antara Laki-Laki dan Epidemi PMS / HIV di Indonesia”. Selain itu Pandu juga aktif terlibat dalam kegiatan regional yang terkait dengan Kelompok Kerja Analisis Perilaku Risiko.

Ia ditunjuk menjadi editor utama untuk Laporan Survei Perilaku Risiko terkait HIV-AIDS Nasional sejak 2002. Dia juga memulai milis grup AIDS-INA pada 1994, dan sebagai pendiri yayasan AIDS-INA. Pandu secara aktif terlibat dalam masalah Penyakit Menular yang Muncul, Penelitian dan Pengawasan Penyakit Pandemi, Metode Epidemiologi Kuantitatif dan Pemodelan Epidemi, Analisis Bias dan Metode Bayesian.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suciatiningrum, Dini; Suciatiningrum, Dini. "Profil Epidemiolog UI Pandu Riono yang Kritis dan Vokal Soal COVID-19". IDN Times. Diakses tanggal 2022-06-11.