Pameran Sketsa & Peluncuran Buku S. Sudjojono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pameran Sketsa & Peluncuran Buku S. Sudjojono adalah Pameran tentang Seni Sketsa yang diberi judul "Hidup Mengalun Dendang". Sudah hampir 25 tahun karya-karya dari S. Sudjojono (1913-1986). hadir kembali dan kali ini dengan karya sketsa-sketsa yang akan dilaksanakan di daerah Bentara Budaya Jakarta. Sebelumnya pada 1981 Sudjojono sudah pernah menyelenggarakan pameran tunggal di Pusat Kebudayaan Jepang, Di Jalan Cemara, Jakarta.

Sudah hampir 25 tahun Beliau berkarya dan dipamerkan kembali Bentara Budaya Jakarta. Pak Djon hadir kembali dalam berkaryanya kali ini dengan karya sketsa-sketsanya. Salah satu karya pameran sketsa S. Sudjojono yang berjudul "Hidup Mengalun Dendang"[1] ini istimewa karena bersamaan dengan peluncuran autobiografi S. Sudjojono, Cerita tentang saya dan orang-orang Sekitar Saya, serta biografi Rose Pandawangi, Kisah Mawar Pandawangi. Dari kedua buku ini, yang disatukan menjadi satu, menyuguhkan banyak inside story dunia kreatif Sudjojono maupun Rose (Istri Pak Djon) sebagai seniman lukis dan nyanyi serta bagaimana mereka saling mendukung di kehidupan kreatif masing-masing.

"Dengan warna orang bisa menipu. dengan tema orang bisa ngibulin si penglihat. Dengan sketsa tidak bisa orang bohong, dia tidak bisa lain daripada bares..,"[2] kata pak Djon seperti dikutip dalam katalog pameran. 'Bares' yang disebut Pak Djon adalah dari bahasa Jawa yang artinya jujur, terus terang. Sketsa adalah puisi visual yang mencatat momentum-momentum kehidupan.Dan sketsa adalah gamabr denyut autobiografis seorang seniman ayng menghormati kejadian di luar raga dan peristiwa di dalam raga, jadi sebuah gambar sketsa petikan rasa, buakn lembaran rupa.

Referesi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Opera Hidup Mengalun Dendang , 23 X 26, INK ON PAPER". Silvia Galikano (dalam bahasa Inggris). 2017-06-19. Diakses tanggal 2018-08-13. 
  2. ^ artist., Sudjojono, S., 1913-1986,. S. Sudjojono : lives of pictures. ISBN 9789810789749. OCLC 899257716.