Palungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kelahiran saat Malam karya Geertgen tot Sint Jans, kr. 1490, setelah sebuah komposisi karya Hugo van der Goes dari kr. 1470. Sumber-sumber cahaya adalah bayi Yesus, api unggun para gembala diperlihatkan di bukit pada latar, dan malaikat yang memperlihatkan diri kepada mereka.

Palungan (bahasa Inggris: manger, trough) adalah sebuah wadah yang terbuat dari konstruksi logam, kayu, atau batu berukir, dan digunakan untuk menampung makanan bagi hewan (misalnya dalam kandang kuda). Palungan kebanyakan digunakan dalam pemeliharaan hewan ternak; biasanya digunakan juga untuk memberi makan hewan liar, misalnya di cagar alam. Istilah ini berasal dari kata Perancis manger (artinya "makan"), dari kata Latin manducare (artinya "mengunyah").[butuh rujukan]

Palungan juga merupakan sebuah simbol Kristen, dikaitkan dengan kandang Natal di mana Maria—karena terdesak oleh situasi untuk tinggal di suatu kandang bukannya suatu penginapan—menggunakan palungan sebagai tempat tidur sementara untuk bayi Yesus.[1] (bahasa Yunani: φατνη phatnē; Lukas 2:7).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William, Francis Dawson (1902). Christmas: Its Origin and Associations. E. Stock. Diakses tanggal 2014-12-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]