Palem latania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Palem latania
Latania loddigesii
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Subtribus:
Genus:
Latania

Spesies tipe
Latania lontaroides
Spesies[1]
Sinonim[2]
  • Cleophora Gaertn.

Palem latania adalah sekumpulan palem yang berada dalam genus Latania, famili Arecaceae. Palem ini berasal dari Kepulauan Mascarenhas di Samudera Hindia bagian barat.[2][3]

Palem ini merupakan palem kipas besar bertangkai tunggal dengan tanaman jantan dan betina yanh terpisah (dioecious). Ketika daunnya rontok mereka meninggalkan bekas luka di batangnya. Bunga jantan berukuran kecil, berkelompok, dan muncul dari dalam daun pelindung kasar pada bunga majemuk seperti bunga untai. Bunga betinanya berukuran lebih besar, soliter dan tidak tersembunyi di dalam daun pelindungnya. Buahnya mengandung 1-3 pyrenes, yaitu biji yang terbungkus dalam endokarp berkayu.[4] Endokarp memiliki permukaan yang terpahat. Dari ketiga spesiesnya tersebut mudah dibedakan dari pirenanya.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Latania conservation status". www.iucnredlist.org. Diakses tanggal 2018-03-03. 
  2. ^ a b Kew World Checklist of Selected Plant Families
  3. ^ Govaerts, R. & Dransfield, J. (2005). World Checklist of Palms: 1-223. The Board of Trustees of the Royal Botanic Gardens, Kew.
  4. ^ Dransfield, John; Uhl, Natalie W.; Asmussen, Conny B.; Baker, William J.; Harley, Madeline M.; Lewis, Carl E. (2008). Genera Palmarum - Evolution and Classification of Palms. Royal Botanic Gardens, Kew. ISBN 978-1842461822. 
  5. ^ Bayton, Ross P. Borassus L. and the borassoid palms - systematics and evolution (PhD Thesis). University of Reading.