Pakan fosfat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pakan fosfat anorganik atau Inorganic feed phosphates (IFP) adalah garam anorganik dari asam fosfat . Penggunaan fosfat pakan anorganik diperlukan untuk memenuhi kebutuhan fosfor untuk produksi hewan : untuk menjamin pertumbuhan, kesuburan dan perkembangan tulang yang optimal.[1][2]

Fosfat terdapat secara luas di alam sebagian besar dalam bentuk batuan fosfat atau fluorapatit. Deposito besar terdapat di Rusia , AS, Afrika Utara, Cina, yang sebagian besar diperoleh melalui penambangan terbuka. Lebih dari 85% digunakan dalam produksi pupuk dan hanya kurang dari 7% dalam produksi pakan fosfat. Ada dua jenis simpanan; berasal dari gunung berapi dan sedimen .

Fosfat mentah ini tidak dapat digunakan oleh hewan secara langsung namun harus diubah menjadi bentuk yang dapat dicerna oleh hewan. Selain itu, pengotor yang tidak diinginkan harus dihilangkan atau diturunkan hingga tingkat yang dapat diterima. Titik awal produksi fosfat pakan industri secara teknis adalah asam fosfat murni (orto) (H3PO4) yang diperoleh dari apatit dalam proses kimia basah .

Tergantung pada proses dan sumber mineral lain yang digunakan, berbagai jenis fosfat pakan anorganik dapat diproduksi. Mayoritas fosfat pakan anorganik yang digunakan di UE dan di seluruh dunia adalah kalsium fosfat dalam berbagai bentuk (mono-, di- dan monodi-kalsium fosfat) tetapi juga magnesium fosfat , natrium fosfat , dan bahkan amonium fosfat digunakan dalam nutrisi hewan . Kualitas produk akhir tergantung pada pengolahan dan proses produksi. Karena komposisi kimia yang berbeda dari sumber fosfat pakan yang berbeda, terdapat perbedaan besar dalam ketersediaan fosfor untuk spesies hewan yang berbeda . Namun fosfat dari sumber yang sama, diproduksi melalui proses yang sama, menggunakan bahan baku yang sama, menunjukkan ketersediaan fosfor yang konsisten, yang dapat diukur dengan pengujian biologis .

Ketersediaan fosfor yang konsisten bergantung pada kontrol kualitas yang ketat selama proses berlangsung, untuk menghindari degradasi ortofosfat menjadi bentuk fosfat lain yang tidak tersedia. Kotoran yang terdapat secara alami pada bahan mentah yang digunakan juga harus diperhatikan. Namun kebersihan pakan dan praktik produksi yang baik juga harus dipatuhi di semua tahap.

Contoh produksi asam fosfat

Wet process phosphoric acid is prepared by adding sulfuric acid (H2SO4) to apatite or tricalcium phosphate rock resulting in the following reaction:

     3 H2SO4 + Ca3(PO4)2 + 6 H2O ↔ 2 H3PO4 + 3 CaSO4•2H2O

Wet-process acid has to be purified by removing fluorine and other undesirable elements to produce feed-grade phosphoric acid.

Contoh produksi fosfat pakan kalsium

Phosphoric acid is neutralized by means of calcium oxide or – carbonate or a mixture thereof.

    Dicalcium phosphate: H3PO4 + CaO + H2O ↔ CaHPO4 + 2 H2O
    Monocalcium phosphate: 2H3PO4 + CaO + H2O ↔ Ca(H2PO4)2.H2O + H2O

Or : Based on dicalcium phosphate

       Monocalcium phosphate:  H3PO4 + CaHPO4 +2H2O ↔ Ca(H2PO4)2.H2O + H2O

Depending on the used qualities the resulting product are more or less pure di- or monocalcium phosphates.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grimbergen, A. H. M.; Cornelissen, J. P.; Stappers, H. P. (1985-10-01). "The relative availability of phosphorus in inorganic feed phosphates for young turkeys and pigs". Animal Feed Science and Technology (dalam bahasa Inggris). 13 (1): 117–130. doi:10.1016/0377-8401(85)90047-1. ISSN 0377-8401. 
  2. ^ Lamp, A. E.; Mereu, A.; Ruiz-Ascacibar, I.; Moritz, J. S. (2020-09-01). "Inorganic feed phosphate type determines mineral digestibility, broiler performance, and bone mineralization". Journal of Applied Poultry Research (dalam bahasa Inggris). 29 (3): 559–572. doi:10.1016/j.japr.2020.03.003alt=Dapat diakses gratis. ISSN 1056-6171.