Padang rumput buluh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Padang rumput buluh di musim panas
Padang rumput buluh di musim dingin

Padang gelagah atau padang rumput buluh adalah habitat alami yang ditemukan di dataran banjir, depresi tergenang air dan muara . Padang rumput buluh adalah bagian dari suksesi dari alang-alang muda yang menjajah perairan terbuka atau tanah basah melalui gradasi tanah yang semakin kering. Seiring bertambahnya usia padang rumput buluh, mereka membangun lapisan serasah yang cukup besar yang akhirnya naik di atas permukaan air dan yang pada akhirnya memberikan peluang dalam bentuk area baru untuk tanaman terestrial yang lebih besar seperti semak dan pohon untuk berkolonisasi.[1]

Padang rumput buluh buatan digunakan untuk menghilangkan polutan dari air kelabu, dan juga disebut lahan basah buatan .[2]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Padang rumput buluh bervariasi dalam spesies yang mereka dapat mendukung, tergantung pada tingkat air dalam sistem lahan basah, iklim, variasi musiman, dan status gizi dan salinitas air. Rawa rumput buluh memiliki 20 cm atau lebih dari air permukaan selama musim panas dan sering menggunakan spesies invertebrata dan burung yang tinggi. Padang rumput buluh memiliki tingkat air pada atau di bawah permukaan selama musim panas dan seringkali lebih kompleks secara botani. Alang-alang dan tanaman serupa umumnya tidak tumbuh di air yang sangat asam; jadi, dalam situasi ini, padang rumput buluh berubah menjadi rawa gambut dan vegetasi seperti rawa miskin nutrisi .

Meskipun rumput buluh merupakan ciri khas dari padang rumput buluh, tidak semua vegetasi yang didominasi oleh spesies ini merupakan ciri dari padang rumput buluh. Ini juga biasa terjadi di padang rumput lembap yang tidak terkelola dan sebagai tumbuhan bawah di beberapa jenis hutan lembap .

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Lahan basah buatan[sunting | sunting sumber]

Lahan basah buatan adalah rawa buatan (terkadang disebut ladang buluh ) menggunakan buluh atau tanaman tanah rawa lainnya untuk membentuk bagian dari sistem pengolahan limbah skala kecil. Air yang menetes melalui padang rumput buluh dibersihkan oleh mikroorganisme yang hidup di sistem akar dan di serasah. Organisme ini memanfaatkan limbah untuk nutrisi pertumbuhan, menghasilkan limbah yang bersih. Prosesnya sangat mirip dengan pengolahan limbah aerobik konvensional, karena organisme yang sama digunakan, kecuali bahwa sistem pengolahan konvensional memerlukan aerasi buatan.

Kolam guna olah[sunting | sunting sumber]

Kolam guna olah adalah versi kecil dari lahan basah buatan yang menggunakan rumput buluh atau tanaman tanah rawa lainnya untuk membentuk sistem pengolahan air yang lebih kecil lagi. Mirip dengan lahan basah buatan, air yang mengalir melalui rumput buluh dibersihkan oleh mikroorganisme yang hidup di sistem akar dan di serasah. Kolam guna olah digunakan untuk pengolahan air satu rumah atau lingkungan kecil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Reedbeds and their wildlife". Wildfowl & Wetlands Trust (dalam bahasa Inggris). 6 January 2022. 
  2. ^ Does Botanical Diversity in Sewage Treatment Reed Beds Enhance Invertebrate Diversity?