Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari PERHUMAS)
Lompat ke: navigasi, cari
Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
LogoPerhumas.png
Gambaran Umum
Singkatan PERHUMAS
Didirikan 15 Desember 1972
Sifat Independen
Struktur
Ketua Umum Agung Laksamana, M.Sc, IAPR
Situs web
www.perhumas.or.id

Perhimpunan Hubungan Masyarakat IndonesiaPERHUMAS adalah organisasi profesi bagi para praktisi Humas dan Komunikasi Indonesia, yang berdiri sejak 15 Desember 1972. Organisasi ini secara resmi telah tercatat di Kementerian Dalam Negeri sebagai organisasi nasional kehumasan di Indonesia. Selain itu ia juga tercatat pada International Public Relation Association (IPRA) yang berkedudukan di London, UK [1].

Organisasi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan profesional, memperluas dan memperdalam pengetahuan bagi para anggotanya. Selain itu juga bertujuan untuk kontak, pertukaran pengalaman antar sesama anggota serta berhubungan dengan organisasi serumpun, baik di dalam maupun di luar negeri.

Organisasi ini memilik kantor pusat di Jakarta dan beberapa kantor cabang di daerah, di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Semenjak tahun 1970, para praktisi kehumasan di Indonesia sudah mengenal adanya International Public Relations Association (IPRA), wadah profesi kehumasan, yang saat itu berkedudukan di Jenewa. Persyaratan untuk menjadi anggota IPRA, sudah dapat dipenuhi, tetapi mereka sepakat untuk terlebih dahulu mendirikan wadah profesi tingkat nasional sebelum menjadi anggota IPRA. Di saat yang bersamaan, di negara-negara lain di Asia Tenggara sudah lama memiliki organisasi kehumasan bertaraf nasional [2].

Para pendiri organisasi ini adalah sebagai berikut :

Organisasi ini berasaskan Pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan profesional dengan memperluas dan memperdalam pengetahuan, kemampuan, dan etika kehumasan, meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman antar anggota serta berhubungan dengan organisasi profesi serumpun di tanah air dan di luar negeri.

Dalam usaha mencapai tujuan tersebut, organisasi menerapkan melalui penyusunan dan penerapan Kode Etik Profesi Hubungan Masyarakat di Indonesia, penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang humas, penyelenggaraan diskusi-diskusi dan menerbitkan tulisan-tulisan mengenai public relations, melaksanakan Konvensi Nasional Humas (KNH), peningkatan pendidikan dan riset dalam bidang kehumasan di Indonesia[2].

Sementara dalam skala ASEAN, khususnya dalam pertemuan di Kuala Lumpur pada tanggal 25 - 26 Oktober 1977, bertempat di Hotel Hilton, organisasi ini bersama Institut Perhubungan Raya Malaysia (IPRM) - Malaysia, Public Relations Society of The Philippines (PRSP) - Filipina, Institute of Public Relations Singapore (IPRS) - Singapura, dan Samakan Nak Pracha Samphan Haeng Patesthai (Public Relations Society of Thailand) = Thailand, mendirikan Federation of ASEAN Public Relations Organizations (FAPRO)[3].

Kepengurusan[sunting | sunting sumber]

Kepengurusan organisasi ini dimulai sejak tahun 1972 dengan urutan sebagai berikut:


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ . The International Public Relation Associations (IPRA) https://www.ipra.org/history/national-associations/. Diakses tanggal 2017-05-08. 
  2. ^ a b . PERHUMAS http://www.perhumas.or.id/?page_id=16. Diakses tanggal 2017-05-08. 
  3. ^ . IPRM Malaysia http://iprm.org.my/fapro/. Diakses tanggal 2017-05-08. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]