Orso Ipato

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Orso Ipato
Doge Orso Ipato.png
Lambang Orso Ipato
Doge Venesia tiga
Masa jabatan
726–737
PendahuluMarcello Tegalliano
PenggantiTeodato Ipato
Informasi pribadi
LahirOrso Ipato
Eraclea, Republik Venesia
Meninggal dunia737
Venesia

Orso Ipato (Latin: Ursus Hypatus; meninggal 737) merupakan Doge Venesia ketiga menurut tradisi (726–737) dan yang pertama dikenal secara historis. Selama sebelas tahun masa pemerintahannya, ia membawa perubahan besar di angkatan laut Venesia dibantu oleh penangkapan Ravenna dari penjajah Langobardi, dan memiliki hubungan harmonis dengan Kekaisaran Romawi Timur. Ia tewas terbunuh pada tahun 737 di tengah konflik sipil.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mungkin penduduk asli Eraclea, Orso terpilih sebagai Doge pada tahun 726 setelah kematian Marcello Tegalliano. Bangsa Venesia telah memilihnya melawan kehendak Kekaisaran Bizantium, sebuah konsekuensi dari usaha Bizantium yang tidak dikehendaki untuk mendirikan ikonoklasme di Barat. Hampir tidak ada yang diketahui tentang kehidupannya sebelum aksesinya, meskipun masuk akal untuk berasumsi bahwa ia lahir di akhir abad ke-7.

Dijelaskan oleh seorang sejarahwan sebagai 'pria yang suka perang',[1] pemerintahannya melihat banyak inovasi di bidang bela diri dan angkatan laut. Ia memusatkan perhatian terutama pada penguatan angkatan laut melawan Langobardi dan penyerang lainnya yang suka berperilaku aktif saat itu. Selain itu berusaha untuk menyoroti pentingnya latihan militer, dan sampai akhir ini mendirikan sekolah-sekolah di Eraclea dimana pemuda kota dilatih dalam menembakkan panah dan Busur silang.[2]

Yang diperhatikan adalah keterlibatan Orso dalam pemulihan Ravenna setelah ditangkap oleh raja Langobardi, Liutprando. Konon atas permintaan Eksark Eutychius, Orso mengirimkan armada delapa puluh kapal ke garis depan, berhasil membebaskan kendali kota Langobardi. Prestasi ini membantu meringankan hubungan dengan Kekaisaran Bizantium, dan sementara Venesia sama sekali tidak menerima supremasinya, keduanya tinggal berdampingan secara relatif.[1] Atas upaya-upayanya, Orso dianugerahi oleh Kaisar Leo gelar bergengsi Hýpatos. Nama keluarga Ipato dianggap berasal dari kehormatan kekaisaran ini.

Pemerintahannya berakhir pada tahun 737 di tengah konflik yang meningkat antara Eraclea dan Jesolo, yang digambarkan oleh beberapa orang sebagai perang saudara yang menyedihkan. Konon doge tersebut, daripada berusaha menenangkan situasi, ia berpihak pada orang-orang Eraclea dan mengambil bagian di dalam perang – yang menyebabkan sejumlah subyek yang tidak puas untuk mengambil tindakan sendiri dan membunuhnya dengan sadis.[1] Pada tahun-tahun setelah kematiannya, terdapat sebuah interregnum yang diisi oleh lima magistri militum, yang pertama adalah Domenico Leoni. Kantor doge kemudian dipulihkan dengan pemilihan putra Orso, Teodato, pada tahun 742.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Knight, p. 234
  2. ^ Wiel, p. 6

Sumber[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Marcello Tegalliano
Dux Venetiae
726–737
Diteruskan oleh:
Dominicus Leonus sbg Magister militum per Venetiae