Orogeni Kaledonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Area jingga menandakan posisi Orogeni Kaledonia. Dapat dilihat bahwa beberapa wilayah yang masuk ke wilayah orogeni Akadia (pojok kiri bawah). Garis-garis hitam merupakan pesisir masa kini.[1]
Bekas[pranala nonaktif permanen] orogeni Kaledonia di Aberystwyth, Wales

Orogeni Kaledonia merupakan peristiwa pembentukan gunung yang berlangsung dari kala Ordovisium awal hingga Devon akhir.[2][3] Lanskap yang dihasilkan oleh peristiwa ini dapat dilihat di Britania Raya, Pegunungan Skandinavia, Svalbard, Greenland Timur, Eropa Utara dan Timuer Amerika Serikat.

Peristiwa ini terjadi karena menutupnya Laut Iapetus yang terjadi saat Laurasia, Baltika dan Avalonia bertubrukan. Namanya diambil dari Caledonia, yang merupakan nama Latin untuk Skotlandia.

Beberapa bagian dari pegunungan yang dihasilkan membentang hingga ke wilayah yang sekarang adalah Amerika Utara. Wilayah ini terkena dampak orogeni Akadia.

Tahapan[sunting | sunting sumber]

Orogeni ini adalah salahsatu dari beberapa Orogeni yang akhirnya membentuk superbenua Pangaea. Fase utama dari peristiwa ini terjadi pada 425 hingga 395 juta tahun lalu.

Tumbukan benua terjadi pada pertengahan Silur, sementara orogeninya dimulai pada Devon[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reconstruction based on Matte (2001); Stampfli et al. (2002); Torsvik et al. (1996) and Ziegler (1990)
  2. ^ Cocks L.R.M. & Torsvik T.H. 2006. European geography in a global context from the Vendian to the end of the Palaeozoic. In Gee D.G. & Stephenson R.A. (eds) European lithosphere dynamics. Geological Society of London Memoirs 32, pp. 83–95.
  3. ^ Jones K. & Blake S. 2003. Mountain building in Scotland. ISBN 0-7492-5847-0
  4. ^ Torsvik, T.H. et al 1996. Continental break-up and collision in the Neoproterozoic and Palaeozoic – a tale of Baltica and Laurentia, Earth-Science Reviews 40, p. 229–258.