Orde Bulu Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Orde Wol Emas)
Orde Bulu Emas
Kalung Ordo Bulu Emas (ditampilkan di Schatzkammer di Wina)
Dianugerahkan oleh Kerajaan Spanyol
dan Kepala Wangsa Habsburg
MottoPretium Laborum Non Vile
Non Aliud
Dianugerahkan kepadaUntuk kesenangan raja
StatusMasih berlaku
PenguasaFelipe VI dari Spanyol
Karl von Habsburg
TingkatKstaria / Lady

Orde Bulu Emas (Inggris: Order of the Golden Fleece;Belanda: Orde van het Gulden Vlies; Prancis: Ordre de la Toison d'Or; Jerman: Orden vom Goldenen Vlies; Italia: Ordine del Toson d'Oro; Portugis: Ordem do Tosão de Ouro; Spanyol: Orden del Toisón de Oro) adalah orde ksatria yang pertama kali dicanangkan di Brugge oleh Philip III, Adipati Burgundi pada tahun 1430, untuk merayakan pernikahannya dengan Putri dari Portugal, Infanta Isabella dari Portugal, anak dari Raja John I dari Portugal. Orde ini menjadi salah satu yang sangat bergengsi di Eropa. Saat ini, terdapat dua cabang dari orde: Spanyol dan Austria; penguasa yang diberi kehormatan menganugerahi orde ini adalah Felipe VI, Raja Spanyol, dan Karl von Habsburg, cucu dari Kaisar Charles I dari Austria. Pendeta orde di cabang Austria adalah Kardinal Christoph Schönborn.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Weltliche und Geistliche Schatzkammer. Bildführer. Kunsthistorischen Museum, Vienna. 1987. ISBN 3-7017-0499-6
  • Fillitz, Hermann. Die Schatzkammer in Wien: Symbole abendländischen Kaisertums. Vienna, 1986. ISBN 3-7017-0443-0
  • Fillitz, Hermann. Der Schatz des Ordens vom Goldenen Vlies. Vienna, 1988. ISBN 3-7017-0541-0
  • Boulton, D'Arcy Jonathan Dacre, 1987. The Knights of The Crown: The Monarchical Orders of Knighthood in Later Medieval Europe, 1325–1520, Woodbridge, Suffolk (Boydell Press), (revised edition 2000.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.