Orde Kebudayaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orde Kebudayaan
文化勲章
Order of Culture.png
Orde Kebudayaan
Dianugerahkan oleh Kaisar Jepang
TipeOrde
Negara Jepang
Dianugerahkan kepadaKontribusi terhadap kesenian, literatur, atau kebudayaan Jepang
StatusMasih dianugerahkan
PenguasaYang Mulia Kaisar
TingkatKelas tunggal
Prioritas
Tingkat lebih tinggiOrde Khazanah Suci
Tingkat lebih rendahOrde Mahkota Berharga
JPN Bunka-kunsho BAR.svg
Pita orde

Orde Kebudayaan (文化勲章, Bunka-kunshō) adalah sebuah tanda kehormatan Jepang yang didirikan pada tanggal 11 Februari 1937. Orde ini hanya terdiri dari satu kelas dan dapat dianugerahkan kepada pria maupun wanita atas kontribusinya terhadap kesenian, literatur, ilmu pengetahuan, teknologi, atau apapun yang secara umum berkaitan dengan kebudayaan. Setiap penerima orde ini akan mendapatkan tunjangan hidup dari pemerintah. Orde ini dianugerahkan secara langsung oleh Kaisar Jepang pada Hari Kebudayaan (3 November) setiap tahunnya.

Insignia[sunting | sunting sumber]

Lencana dari orde ini terbuat dari emas dengan email putih, bersudut lima, dan berbentuk seperti bunga jeruk Tachibana yang sedang mekar. Di tengah lencana tersebut terdapat lingkaran berwarna merah berpinggir biru yang di dalamnya terdapat tiga giok berbentuk sabit (Magatama). Lencana ini dikaitkan dengan pengait emas berbentuk rangkaian daun dan buah jeruk mandarin yang beremail. Pengait tersebut menggantungkan lencana pada sebuah pita kalung berwarna ungu yang dikenakan di leher.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Peterson, James W.; Weaver, Barry C.; Quigley, Michael A. (2001). Orders and Medals of Japan and Associated States. San Ramon, California: Orders and Medals Society of America. ISBN 1-890974-09-9. OCLC 45437720. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]