Orbital station-keeping

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Inclined orbital planes

Dalam astrodynamics orbital station-keeping adalah manuver orbital yang dibuat oleh thruster burns yang dibutuhkan untuk menjaga pesawat ruang angkasa di orbit tertentu yang ditugaskan.

Bagi banyak satelit bumi, efek dari kekuatan non-Keplerian, yaitu penyimpangan dari gaya gravitasi bumi dari lingkup homogen, gaya gravitasi dari Matahari / Bulan, tekanan radiasi matahari dan udara-tarik harus diperhitungkan.

Penyimpangan medan gravitasi bumi itu dari lingkup homogen dan gaya gravitasi dari Sun / Bulan akan secara umum mengusik bidang orbit. Untuk orbit matahari-sinkron presesi bidang orbit yang disebabkan oleh oblateness Bumi merupakan fitur yang diinginkan yang merupakan bagian dari desain misi tetapi perubahan kecenderungan disebabkan oleh gaya gravitasi dari Minggu / Bulan tidak diinginkan. Untuk pesawat ruang angkasa geostasioner perubahan kecenderungan disebabkan oleh gaya gravitasi Matahari / Bulan harus menetral ke beban agak besar bahan bakar, sebagai kecenderungan harus disimpan cukup kecil untuk pesawat ruang angkasa yang akan dilacak oleh antena non-steerable.

Untuk pesawat ruang angkasa di orbit rendah efek hambatan atmosfer harus sering dikompensasi. Untuk beberapa misi ini diperlukan hanya untuk menghindari masuk kembali; untuk misi lain, biasanya misi yang orbit harus akurat disinkronkan dengan rotasi bumi akan, ini diperlukan untuk menghindari periode pemendekan orbital.

Tekanan radiasi matahari akan secara umum mengacaukan eksentrisitas (yaitu vektor eksentrisitas), melihat analisis gangguan Orbital (pesawat ruang angkasa). Untuk beberapa misi ini harus aktif kontra-bertindak dengan manuver. Untuk pesawat ruang angkasa geostasioner eksentrisitas harus dijaga cukup kecil untuk pesawat ruang angkasa yang akan dilacak dengan antena non-steerable. Juga untuk Earth pesawat ruang angkasa observasi yang orbit sangat berulang-ulang dengan track tanah tetap diinginkan, vektor eksentrisitas harus dijaga tetap mungkin. Sebagian besar dari kompensasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan desain orbit beku, tetapi untuk manuver kontrol baik dengan pendorong yang diperlukan.

Untuk pesawat ruang angkasa di orbit halo di sekitar titik stationkeeping Lagrangian bahkan lebih mendasar sebagai orbit seperti tidak stabil; tanpa kontrol aktif dengan thruster membakar deviasi terkecil di posisi / kecepatan akan menghasilkan pesawat ruang angkasa meninggalkan orbit sepenuhnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Station-keeping at the Encyclopedia of Astrobiology, Astronomy, and Spaceflight
  • XIPS Xenon Ion Propulsion Systems
  • [1] Jules Verne boosts ISS orbit (report from the European Space Agency)