Pemeliharaan posisi orbital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Inclined orbital planes

Dalam astrodinamika, pemeliharaan posisi orbital adalah manuver orbital yang dibuat oleh penyalaan pendorong yang dibutuhkan untuk menjaga wahana antariksa di orbit tertentu yang ditugaskan.

Bagi banyak satelit pengorbit Bumi, efek dari kekuatan non-Kepler, yaitu penyimpangan dari gaya gravitasi Bumi dari lingkup homogen, gaya gravitasi dari Matahari/Bulan, tekanan radiasi matahari, dan gaya hambat udara harus diperhitungkan.

Penyimpangan medan gravitasi Bumi dari lingkup homogen dan gaya gravitasi dari Matahari/Bulan akan secara umum mengganggu bidang orbit. Untuk orbit sinkron matahari, presesi bidang orbit yang disebabkan oleh kepepatan Bumi merupakan fenomena yang diinginkan yang merupakan bagian dari desain misi tetapi perubahan inklinasi disebabkan oleh gaya gravitasi dari Matahari/Bulan tidak diinginkan. Untuk wahana antariksa yang berada di geostasioner, perubahan inklinasi yang disebabkan oleh gaya gravitasi Matahari/Bulan harus dinetralkan dengan penggunaan bahan bakar yang cukup banyak, karena inklinasi wahana antariksa harus dijaga dalam sudut yang kecil agar mudah dilacak oleh antena permanen.

Untuk wahana antariksa di orbit rendah, efek hambatan atmosfer harus sering dikompensasi. Untuk beberapa misi ini diperlukan hanya untuk menghindari masuk atmosfer kembali; untuk misi lain, biasanya misi yang orbitnya harus disinkronkan dengan rotasi Bumi secara akurat, ini diperlukan untuk menghindari pemendekan periode orbital.

Tekanan radiasi matahari akan secara umum mengacaukan eksentrisitas (yaitu vektor eksentrisitas), lihat analisis gangguan orbital (wahana antariksa). Untuk beberapa misi, faktor ini harus ditanggapi secara aktif dengan manuver. Sebagian besar dari kompensasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan desain orbit beku, tetapi untuk kendali yang baik, manuver orbital dengan pendorong diperlukan.

Untuk wahana antariksa di orbit halo di sekitar titik Lagrangian, pemeliharaan orbit bahkan lebih krusial karena orbit seperti itu tidak stabil. Tanpa kendali aktif dengan penyalaan pendorong, deviasi terkecil posisi/kecepatan akan menyebabkan wahana antariksa keluar dari orbit sepenuhnya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ESA Science & Technology - Orbit/Navigation". sci.esa.int. Diakses tanggal 2020-08-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]