Lompat ke isi

Oratorium Toronto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oratorium Toronto
bahasa Inggris: Toronto Oratory
Gereja Keluarga Kudus, Parkdale adalah pusat Oratorium Toronto
Informasi biara
OrdoSerikat Oratorian Neri
Didirikan1976 (Oratorium Montreal)
KeuskupanKeuskupan Agung Toronto
Gereja yang mengurusHoly Family (Toronto), St Vincent de Paul (Toronto)
Tokoh
PendiriRomo Jonathan Robinson
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Francis Leo
Tokoh penting yang terkaitRomo Paul Pearson (Provost)

Oratorium Toronto (bahasa Inggris: Toronto Oratory) adalah sebuah komunitas imam Katolik yang hidup di bawah aturan hidup[1] ditetapkan oleh pendirinya, Santo Filipus Neri (1515-1595).[2] Bertempat di sebelah Gereja Keluarga Kudus di Toronto, Ontario, Kanada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1970-an, Pastor Jonathan Robinson, yang saat itu adalah seorang imam di Keuskupan Agung Montreal, mengumpulkan beberapa pemuda untuk hidup sebagai komunitas saleh yang dianggap berada di bawah naungan dan inspirasi St Philip Neri. Pada tanggal 1 November 1975 (Hari Raya Semua Orang Kudus), Tahta Suci memberikan persetujuannya kepada komunitas ini dan dengan demikian mendirikan Oratorium Montreal. Pada tahun 1979, Pengunjung Apostolik Oratorium merekomendasikan agar Oratorium dipindahkan ke Toronto. Atas undangan Kardinal Carter, Oratorium pindah ke Toronto dan ditugaskan di Gereja Keluarga Kudus.[3] Pada tahun 1995 mereka diminta untuk mengambil alih paroki tetangga St Vincent de Paul di Roncesvalles Avenue. Pada tahun 1997, Gereja Keluarga Kudus dibakar, dan Oratorium menggunakan Gereja St Vincent sebagai gereja utama mereka sampai Keluarga Kudus yang baru selesai dibangun pada tahun 2001. Pada tahun 2022, situs Web Oratorium Toronto melaporkan sepuluh imam, dua bruder awam, dan empat saudara dalam formasi imam. , menjadikannya Oratorium berbahasa Inggris terbesar.[4]

Pastor Oratorian[sunting | sunting sumber]

Para Romo Oratorian adalah kongregasi imam sekuler yang menjalani kehidupan komunitas bersama secara sukarela tanpa harus mengucapkan sumpah. Kegiatan keagamaan mencakup beberapa misa yang dipersembahkan setiap hari, meresmikan pernikahan dan pemakaman, dan layanan imam Katolik seperti mendengarkan pengakuan dosa.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ -is-a-rule-of-life/ "Apa yang dimaksud dengan Aturan Hidup?" Periksa nilai |url= (bantuan). Komunitas Northumbria. 
  2. ^ Frederick Ignatius Antrobus (ed.). Kehidupan Santo Philip Neri , Rasul Roma dan Pendiri Kongregasi Oratorium (PDF).  PDF yang lebih baik; Tautan PDF sudah lengkap, tetapi rusak
  3. ^ "Panggilan Oratorian: Hari Semua Orang Kudus dan Hari Semua Jiwa di Oratorium Toronto, 2015". Oratorian Vocations. Diakses tanggal 25-05-2020. 
  4. ^ "Oratorian Origins". The Toronto Oratory.