Lompat ke isi

Gereja Keluarga Kudus, Parkdale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Keluarga Kudus
Gereja Katolik Paroki Keluarga Kudus, Parkdale
bahasa Inggris: Holy Family Roman Catholic Church
Gereja Keluarga Kudus, Parkdale
Gereja Keluarga Kudus di Toronto
Gereja Keluarga Kudus
Gereja Keluarga Kudus
43°38′16″N 79°26′04″W / 43.63778°N 79.43444°W / 43.63778; -79.43444
LokasiParkdale, Toronto, Ontario
NegaraKanada
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webWebsite Oratorium Toronto
Sejarah
Didirikan1902
DedikasiKeluarga Kudus
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Toronto
Klerus
PastorRomo Martin Hilbert, C.O.

Gereja Keluarga Kudus, Parkdale yang bernama resmi Gereja Paroki Keluarga Kudus, Parkdale (bahasa Inggris: Holy Family Roman Catholic Church) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di lingkungan ujung barat Toronto di Parkdale, Ontario, Kanada. Secara administratif, gereja ini termasuk di dalam yurisdiksi Keuskupan Agung Toronto. Telah dilayani sejak tahun 1979 oleh imam Oratorium St Philip Neri yang juga menjalankan seminari dari lokasi tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun merupakan desa sejak tahun 1879 dengan dua gereja Anglikan, Parkdale di pinggiran kota Toronto yang kaya hanya memiliki sedikit penduduk Katolik sampai setelah penggabungan dengan Toronto. Nantinya, Gereja Keluarga Kudus akan melayani lembaga-lembaga Katolik lokal di Queen Street (sekarang Queensway) yang didirikan di Paroki St. Helena pada tahun 1870-an selama periode pertama pertumbuhan Parkdale sebagai desa mandiri; Panti Asuhan Hati Kudus (sekarang Pusat Kesehatan St. Joseph) dan Pusat Perawatan Paliatif Our Lady of Mercy awalnya dijalankan oleh Suster St. Joseph, yang pertama kali dibuka di rumah 'Sunnyside' Arsitek Toronto John Howard, serta biara Our Lady of Charity dan sekolah untuk gadis-gadis bandel (sekarang dibongkar) yang dibuka dari rumah 'West Lodge' milik pendiri Parkdale, Kapten O'Hara oleh Good Shepherd Sisters.[1]

Sejak tahun 1900, Gereja Keluarga Kudus berdiri sebagai gereja misi di St. Helen's, Brockton, dengan pastor di sana, Romo Walsh, bepergian ke Parkdale pada hari Minggu untuk merayakan misa. Gereja Katolik Keluarga Kudus didirikan dari St Helen's, Uskup Agung O'Connor meletakkan batu pertama untuk gereja baru pada tanggal 22 Juni 1902;[2] sekolah dibangun di belakang gereja pada waktu yang bersamaan. Ketika gereja ini dibangun, rencana telah dibuat untuk membentuk paroki-paroki baru dari Keluarga Kudus; St. Leo's (Mimico) ada sebagai gereja 'misi' Keluarga Kudus sampai berpisah pada tahun 1909 dan mengambil desa mandiri Swansea. Tak lama kemudian, pada tahun 1914, Paroki Santo Vincent de Paul didirikan untuk melayani lingkungan Howard Park (Roncesvalles) yang sedang berkembang di utara Parkdale.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lima Puluh Tahun Emas: Paroki Keluarga Kudus TORONTO, ONTARIO 1902 - 1952
  2. ^ Katolik "CORNER-STONE LAID" Register, 26 Juni 1902, Hal 4