Lompat ke isi

Oratorium Santo Georgius, Padova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oratorium Santo Georgius
Oratorium Santo Georgius di Padova
bahasa Italia: Oratorio di San Giorgio
Oratorium Santo Georgius di Padova
LokasiPadova
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusOratorium
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Padova

Oratorium Santo Georgius (bahasa Italia: Oratorio di San Giorgio) adalah sebuah oratorium Katolik bergaya Gotik yang terletak di Padova, Veneto, Italia. Tempat ini terkenal karena interiornya yang diberi lukisan dinding.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Oratorium ini awalnya dibangun sebagai bangunan berdiri bebas oleh Marquis Soragna Raimondino de’ Lupi pada tahun 1376 sebagai kapel pemakaman keluarga. Oratorium ini terletak di alun-alun yang sama dengan Basilica di Sant'Antonio di Padova yang megah. Dinding bagian dalamnya dilapisi dengan dua puluh dua gambar lukisan dinding naratif, yang dipesan oleh Raimondino de’ Lupis, dalam bentuk lukisan dinding yang menggambarkan pemandangan dari kehidupan Santo Georgius, St. Catherine dari Alexandria, Santa Lusia, dan Yesus Kristus. Dinding altar menampilkan Penyaliban, dan langit-langit berkubah dihiasi dengan bintang-bintang. Sebagian besar makam ini telah hilang seiring berjalannya waktu, namun konon terdapat sepuluh patung de' Lupi dan keluarganya seukuran aslinya, dua di antaranya masih berdiri hingga saat ini.[1] Altichiero da Zevio dan rekan-rekannya, termasuk Jacopo d'Avanzi dan Sebeto da Verona menyelesaikan siklus lukisan dinding pada tahun 1384;[2] selama Perang Napoleon, lukisan-lukisan tersebut dicat putih hingga ditemukan kembali pada tahun 1837. Akibatnya, banyak di antaranya yang rusak.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edwards, Mary D. Zeitschrift für Kunstgeschichte. 71 (1): 53–72. JSTOR 40379324.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ a b "Fresco di Orarorio di San Giorgio, Padua (1378-84)". Web Gallery of Art.