Lompat ke isi

Oratorium Santo Filipus Neri, Bologna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oratorium Santo Filipus Neri
Oratorium dan Pusat Keagamaan Santo Filipus Neri
bahasa Italia: Oratorio di San Filippo Neri
Oratorium Santo Filipus Neri, Bologna
LokasiBologna
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusOratorium
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bologna

Oratorium Santo Filipus Neri (bahasa Italia: Oratorio di San Filippo Neri) adalah sebuah oratorium Katolik yang terletak di Bologna, Italia. Oratorium ini merupakan struktur keagamaan Barok akhir yang dipugar di pusat Bologna. Terletak di Via Manzoni. Oratorium ini dibangun dari sakristi gereja yang berdekatan di Madonna di Galliera. Gereja ini sekarang disebut Chiesa dei Filippini Madonna di Galliera e Filippo Neri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Oratorium ini aslinya ditugaskan oleh Ordo Oratorian Filipus Neri. Itu didekorasi pada awal abad ke-18 (1723-1733) oleh serangkaian seniman termasuk Alfonso Torreggiani (arsitek); Angelo Piò (pematung), dan Francesco Monti (pelukis). Seniman lain yang terlibat termasuk pelukis quadraturae Fernando Galli Bibiena (1657-1743) dan pembuat plesteran Carlo Nessi. Pidatonya sekarang berisi altar Ecce Homo oleh Ludovico Carracci. Sebuah organ modern dipasang menggantikan organ sebelumnya.

Oratorium sebagai organisasi keagamaan dibubarkan pada tahun 1866, dan untuk sementara waktu, oratorium tersebut digunakan sebagai barak. Pada tahun 1900, tempat ini ditahbiskan kembali untuk pelayanan. Struktur aslinya hampir hancur oleh pemboman Sekutu selama Perang Dunia II, dan direkonstruksi menggunakan foto-foto lama pada tahun 1997–1999.[1][2]

Oratorium barok serupa lainnya di Bologna adalah Oratorio di San Carlo.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ com/da-vedere/itinerari-suggeriti/params/Luoghi_151/ref/Oratorio%20San%20Filippo%20Neri Situs pariwisata resmi untuk Bologna, entri di Oratorium San Filippo Neri.
  2. ^ [http:/ /www.fondazionedelmonte.it/Oratorio-di-S-Filippo-Neri/Storia.aspx dari pemilik Fondazione del Monte] dan pemulih Oratorium.