Orang Skotlandia Ulster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ulster-Skotlandia
Scots-Irish, Ulstèr-Scotch
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Amerika Serikat5,393,554 (Identifikasi diri)[1] (Skotlandia-Irlandia)
KanadaTak ada jumlah yang tersedia
Republik Irlandia (utamanya County Donegal)Tak ada jumlah yang tersedia
Britania RayaTak ada jumlah yang tersedia
Bahasa
Bahasa Inggris Ulster, Dialek Skotlandia Ulster
Agama
Utamanya Presbiterian, beberapa Gereja Irlandia dan denominasi lainnya
Kelompok etnis terkait

Orang Skotlandia Ulster (Ulster-Skotlandia: Ulstèr-Scotch), juga disebut Orang Ulster-Skotlandia (Ulster-Skotlandia: Ulstèr-Scotch fowk[2]) atau, di luar Kepulauan Britania, Skotlandia-Irlandia (Ulster-Skotlandia: Scotch-Airisch[3]), adalah sebuah kelompok etnis[4] di Irlandia, yang kebanyakan ditemukan di kawasan Ulster dan sebagian kecil di wilayah Irlandia lainnya. Para leluhur mereka kebanyakan adalah para migran orang Skotlandia Dataran Rendah yang menganut Protestan,[5] jumlah terbesar datang dari Galloway, Lanarkshire, Renfrewshire dan Ayrshire, dengan yang lainnya datang dari Perbatasan Skotlandia atau ujung utara Dataran Rendah Skotlandia dan juga, dalam jumlah kecil, datang dari Dataran Tinggi Skotlandia.

Kelompok etnis tersebut bermigrasi ke Irlandia dalam jumlah besar sebagai akibat dari Penanaman Ulster yang dicanangkan pemerintah, sebuah proses perencanaan kolonisasi yang dilakukan di bawah naungan James VI dari Skotlandia dan I dari Inggris melalui pemberian lahan dari para anggota kebangsawanan Gaelik Irlandia yang melarikan diri ke Ulster dan menjadi bagian dari migrasi yang lebih besar atau arus pemukiman yang tak terencana.

Orang Skotlandia Ulster beremigrasi dari Irlandia dalam jumlah signifikan ke apa yang sekarang menjadi Amerika Serikat dan seluruh wilayah yang pada masa itu menjadi bagian dari Kekaisaran Britania—yang sekarang meliputi Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Hindia Barat, sampai India Britania, dan sebagian kecil Argentina dan Chili. Skotlandia-Irlandia (Scotch-Irish atau Scots-Irish) adalah sebuah istilah tradisional bagi Skotlandia Ulster yang beremigrasi ke Amerika Utara.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "U.S. Census Bureau, 2008". Factfinder.census.gov. Diakses tanggal 2012-06-04. 
  2. ^ "Tha Boord o Leid An Acoont o tha Darg for the year hinmaist 31 Decemmer 2001" (PDF). North/South Language Body. Diakses tanggal 22 May 2017. 
  3. ^ "Ulstèr-Scotch an Scotch-Airisch Leid an Fowkgates". NIPR. Diakses tanggal 29 June 2017. 
  4. ^ "Pauline Frommer's Ireland". google.ie. 
  5. ^ "Newshound: Daily Northern Ireland news catalog - Irish News article". nuzhound.com. 
  6. ^ Istilah tersebut biasanya disebut Scotch-Irish di Amerika, seperti dalam kamus Merriam-Webster, dimana istilah Scotch-Irish tercatat dari tahun 1744. Scots-Irish tercatat pada 1972. Lihat http://www.merriam-webster.com/dictionary/scotch-irish, dan http://www.merriam-webster.com/dictionary/scots-irish

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Diaspora Irlandia Templat:Diaspora Inggris