Orang Rutenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Orang Rutenia
Rusini1836.jpg
Gambar orang Rutenia dari Pegunungan Carpathia, Galicia dan Podolia pada tahun 1836
Bahasa
Sebelumnya bahasa Rutenia;
saat ini menuturkan bahasa Belarusia, bahasa Ukraina atau Rusyn
Agama
Ortodoks Timur, Katolik Yunani, Katolik Roma, Protestan
Kelompok etnis terkait
Rusia, Ukraina, Belarusia, Rusyn dan orang-orang Slavia lainnya

Orang Rutenia adalah istilah lama yang mengacu kepada orang-orang Slavia yang dikenal dengan sebutan orang Rus' pada abad pertengahan. Mereka adalah salah satu suku bangsa utama di Keharyapatihan Lituania (selain orang Lituania, Samogitia dan Litvin). Selain itu, istilah "orang Rutenia" juga mengacu kepada orang-orang Belarusia, Ukraina dan Rusyn.

Pada akhir abad ke-18, bahasa Ukraina modern telah dikodifikasi.[1] Julukan-julukan untuk Ukraina pada saat itu (seperti Rusia Kecil (Малороссия, Malorossiya) dan Rutenia) ditolak oleh kelompok nasionalis Ukraina.[2] Mereka memilih nama "Ukraina" yang bermakna "wilayah perbatasan" semenjak abad ke-12. Pada saat yang sama, banyak orang Rusyn (bahasa Rusyn: Русины, Rusiny; bahasa Ukraina: Русини/Руські, Rusyny/Rus'ki; bahasa Belarusia: Русіны; bahasa Rusia: Русины, Rusiny) yang menolak istilah Ukraina atau tidak merasa sebagai bagian dari suku bangsa Ukraina, terutama mereka yang tinggal di Rutenia Carpathia dan Rusyn Pannonia. Pengaruh dari bahasa-bahasa tetangga (seperti bahasa Slowakia, Polandia, Hongaria, Rumania dan Jerman) menimbulkan perbedaan antara bahasa Rusyn dengan Ukraina. Pada pertengahan abad ke-19, orang-orang Rusyn di Kerajaan Galicia dan Lodomeria telah mengodifikasi bahasa mereka.[3] Banyak orang Rusyn yang kini menganggap diri mereka sebagai minoritas dan menetap di Ukraina barat daya, Slowakia timur, Polandia tenggara, Hongaria timur laut dan Rumania barat laut.[4] Kelompok Rusyn Pannonia (atau Rutenia Pannonia) yang terkait tinggal di wilayah perbatasan Serbia dan Kroasia.

Istilah "orang Rutenia" kini jarang digunakan oleh orang Rusyn atau Ukraina. Seringkali muncul kebingungan atau ambiguitas saat istilah ini digunakan akibat tiga faktor:

  • Nama "Rusyn" dan "Rutenia" seringkali sama-sama digunakan untuk orang Rusyn
  • Nama "Ukraina" dan "Rutenia" kadang-kadang sama-sama digunakan untuk mengacu kepada orang Ukraina
  • Beberapa pemerintahan menolak mengakui orang-orang yang menganggap diri mereka sebagai "orang Rutenia", "Rusyn" atau "Ukraina"

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andrii Danylenko" (2016), "Iazychie and Surzhyk: Mixing Languages and Identities in the Ukrainian Borderlands"; in Tomasz Kamusella, Motoki Nomachi & Catherine Gibson. The Palgrave Handbook of Slavic Languages, Identities and Borders. Basingstoke UK: Palgrave Macmillan. hlm. 81–86.
  2. ^ Ruthenians at Encyclopedia of Ukraine
  3. ^ Moser, Michael (2016). ""Rusyn"". In Tomasz Kamusella, Motoki Nomachi & Catherine Gibson. The Palgrave Handbook of Slavic Languages, Identities and Borders. Basingstoke UK: Palgrave Macmillan. p. 125.
  4. ^ "Ruthenian: also called Rusyn, Carpatho-Rusyn, Lemko, or Rusnak". Status since the end of World War II. Encyclopædia Britannica. Today the name Rusyn refers to the spoken language and variants of a literary language codified in the 20th century for Carpatho-Rusyns living in Ukraine (Transcarpathia), Poland, Slovakia, Hungary, and Serbia (the Vojvodina). 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]