Lompat ke isi

Orang Kanada karena kemudahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Orang Kanada karena kemudahan" (bahasa Inggris: Canadians of convenience) adalah sebuah peyorasi yang merujuk pada individu berkewarganegaraan Kanada yang tinggal secara permanen di luar Kanada tanpa "ikatan kuat" dengan Kanada.[1] Beberapa definisi menggunakan istilah ini untuk merujuk pada orang-orang yang berimigrasi ke Kanada, memenuhi persyaratan tinggal untuk menjadi warga negara naturalisasi, dan kemudian kembali tinggal di negara asalnya sembari mempertahankan status kewarganegaraan Kanada.[2] Istilah ini menyiratkan bahwa warga negara semacam ini memperoleh atau mempertahankan kewarganegaraan semata-mata untuk keuntungan pribadi atau untuk mendapat keuntungan lain dari Kanada. Contohnya, mereka dapat menghubungi pemerintah Kanada untuk meminta perlindungan dalam keadaan darurat, atau agar dapat bepergian ke berbagai negara menggunakan paspor Kanada.[3]

Istilah ini dipopulerkan pada 2006 oleh politikus Kanada Garth Turner sebagai tanggapan atas evakuasi warga negara Kanada dari Lebanon selama masa Perang Lebanon 2006.[4] Statistika dan analisis tidak tersedia terkait pembedaan antara pengungsi yang merupakan penduduk jangka panjang di Lebanon dan mereka yang tidak dan terkait berapa banyak penduduk jangka panjang yang segera kembali ke Lebanon setelah memperoleh status kewarganegaraan Kanada.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ McGregor, Glen (14 January 2009). "New immigration rules create two-tier Canadians: critics". National Post (dalam bahasa Inggris). Canwest News Service. Diakses tanggal 5 August 2020. 
  2. ^ Frum, David (23 February 2019). "What Does It Mean to Be a Canadian Citizen?". The Atlantic. Diakses tanggal 5 August 2020. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama macleans
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]