Orang Jerman Dobruja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Orang Jerman Dobruja (Jerman: Dobrudschadeutsche) adalah orang Jerman yang tinggal di wilayah Dobruja di pesisir barat Laut Hitam selama lebih dari seratus tahun. Kelompok ini mulai terbentuk sekitar tahun 1840 dan mereka pada akhirnya meninggalkan kawasan Dobruja selama program relokasi ke Jerman pada tahun 1940.

Kolonisasi[sunting | sunting sumber]

Koloni Jerman di Dobruja

Pemukim Jerman pertama datang dari wilayah Kekaisaran Rusia dari tahun 1841 hingga 1856. Mereka adalah keluarga petani dari wilayah Bessarabia dan Kherson dan mereka pindah akibat kesulitan ekonomi di tempat asalnya. Tiga puluh tahun kemudian, pendatang dari wilayah Schwaben juga berdatangan ke Dobruja. Pada masa itu, Dobruja masih menjadi wilayah Kesultanan Utsmaniyah. Maka dari itu, orang Jerman Dobruja adalah satu-satunya orang Jerman yang pernah menjadi bawahan Utsmaniyah tanpa pindah ke Turki (seperti orang Jerman Bosporus). Mereka membantu mengembangkan pertanian di wilayah stepa Dobruja yang subur.

Relokasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun-tahun pertama Perang Dunia II, mayoritas dari 16.000 orang Jerman Dobruja beserta orang Jerman Bessarabia dan Bukovina dipindah ke Jerman. Hal ini dilakukan dengan semboyan Heim ins Reich (Pulang ke Kekaisaran). Mereka tinggal di kamp relokasi sementara di Austria, tetapi pada tahun 1941/1942 mereka menetap di wilayah pendudukan Jerman di Bohemia, Moravia dan Polandia. Menjelang akhir perang, mereka mengungsi ke barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Dobrudscha. In: Handwörterbuch für das Grenz- und Auslandsdeutschtum. Band 2, Breslau. S. 278 - 290.
  • Petri, Hans: Geschichte der Deutschen Siedlungen in der Dobrudscha. *Hundert Jahre deutschen Lebens am Schwarzen Meere. München 1956.
  • Sallanz, Josef: Dobrudscha. Deutsche Siedler zwischen Donau und Schwarzem Meer (Potsdamer Bibliothek östliches Europa), Potsdam 2020.
  • Teutschländer, Willibald: Geschichte der evangelischen Gemeinden in Rümänien. Leipzig 1891, S. 240 f.
  • Träger, Paul: Die Deutschen in der Dobrudscha. Schriften des deutschen Auslandsinstituts zu Stuttgart (Kulturhistorische Reihe Bd. 6), Stuttgart 1922. New edition in German 2012, ISBN 978-3-7357-9155-9