Opini nasihat Mahkamah Internasional perihal deklarasi kemerdekaan Kosovo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perjanjian Hukum Internasional Deklarasi Kemerdekaan Unilateral Dalam Menghormati Kosovo
PengadilanMahkamah Internasional
Nama lengkap kasusPerjanjian Hukum Internasional Deklarasi Kemerdekaan Unilateral Dalam Menghormati Kosovo (Permintaan untuk Opini nasihat)
Tanggal putusan22 Juli 2010
RujukanAccordance with international law of the unilateral declaration of independence in respect of Kosovo (Request for Advisory Opinion)
HakimHisashi Owada (Presiden), Peter Tomka (Wakil Presiden), Abdul G. Koroma, Awn Shawkat Al-Khasawneh, Thomas Buergenthal, Bruno Simma, Ronny Abraham, Kenneth Keith, Bernardo Sepúlveda Amor, Mohamed Bennouna, Leonid Skotnikov, Antônio Augusto Cançado Trindade, Abdulqawi Ahmed Yusuf, Christopher Greenwood
Opini kasus
Deklarasi Kosovo tak mencederai hukum internasional (10–4)

Kesesuaian Deklarasi Kemerdekaan Sepihak Kosovo dengan Hukum Internasional adalah sebuah opini nasihat yang dikeluarkan oleh Mahkamah Internasional. Permohonan untuk mengeluarkan opini ini dilayangkan oleh oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait dengan deklarasi kemerdekaan Kosovo 2008. Wilayah Kosovo menjadi bahan persengketaan antara Serbia dan Republik Kosovo yang didirikan oleh deklarasi tersebut. Ini adalah perkara pertama di Mahkamah Internasional yang berkaitan dengan deklarasi kemerdekaan sepihak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Argumen lisan